Cara Praktis Atasi Masalah Download Gratisan


Setelah download yang pertama berhasil sampai 100 persen maka giliran file berikutnya siap untuk di-download, namun saat akan men-download untuk kedua kalinya muncul peringatan bahwa tidak bisa mendownload lagi dengan IP address yang sama dan silahkan menunggu atau register untuk premium user, sama artinya dengan BAYAR dulu BOS.

Itulah resiko dari yang namanya gratisan, semua serba terbatas dan harus pintar-pintar cari cara untuk mengakalinya.

Menjadi atau membeli premium user bukanlah pilihan yang terbaik lagi saat ini. Terakhir kali saya mendaftar akun premium di www.filesonic.com untuk masa berlaku 3 bulan namun sial datang menghampir, baru satu bulan pakai, website itu menutup layanan download karena melanggar hukum yang dikeluarkan pemerintah AS terkait Hak Cipta.

Saat ini premium user bukan lagi soal mahal atau murah tapi soal jaminan akan keberlangsungan layanan download, banyaknya website yang menawarkan file hosting membuat harga user premium menjadi murah dengan konsekuensi tidak adanya jaminan bahwa download bisa terus tersedia karena sewaktu-waktu bisa ditutup.

Sekarang tanpa Premium Account pun tidak jadi soal, pembatasan terhadap ip address public bisa diakali dengan berbagai macam cara.

1. Disconnect dan Connect kembali koneksi internet
Cara ini cukup efektif dan paling mudah untuk dilakukan. Namun jika komputer kita terhubung ke internet melalui proxy server atau melalui router maka cara ini tidak akan berhasil. Cara ini hanya bisa dilakukan pada komputer yang terkoneksi ke internet secara langsung, misalnya yang terhubung dengan modem.

Prinsipnya adalah saat kita melakukan koneksi ulang maka IP address yang diberikan ke komputer kita akan berbeda dengan ip address pada koneksi sebelumnya. Jika sekali tidak berhasil maka lakukan lagi sampai  beberapa kali.

2. Proxy Server
Proxy server merupakan perantara bagi klien dan server tujuan. Proxy server akan menyediakan apa saja permintaan dari kliennya termasuk koneksi ke server yang ingin ditujunya. Ada dua jenis proxy server yang biasa dipakai untuk mengakali keterbatasan download karena IP public, yaitu:

a. Open Proxy
Proxy server ini sama dengan proxy server yang biasa dipakai pada jaringan lokal, namun open proxy bisa diakses oleh pengguna internet. Setiap kali ip address untuk koneksi internet, dalam hal ini ip public sudah diblokir oleh website file hosting maka kita tinggal mencari atau mengarahkan koneksi melalui open proxy sehingga yang terdaftar adalah IP address dari open proxy. Jika sekedar download tidak masalah tapi kalau masuk ke web site yang butuh user dan password, sebaiknya jangan.

b. Web bases Proxy
Prinsipnya sama saja dengan proxy, namun kita tidak perlu mengatur settingan proxy, cukup membuka halaman web site dari web proxy. Masukkan URL tujuan kita, tinggal klik dan download.

3. Virtual Private Nnetwork 
Sekarang banyak tersedia jasa layanan VPN dengan berbagai macam penawaran seperti untuk kebutuhan me-bypass sensor dari pemerintah, menghindari pengawasan dari tempat atau perusahaan kita bekerja dan juga untuk lolos dari pemantauan pihak ISP. Aslinya VPN adalah koneksi yang sifatnya private tapi melalui jaringan public internet.

Hubungan antara VPN dan mengakali ip public adalah dengan terkoneksi ke server dari penyedia jasa VPN maka ip address yang akan kita gunakan ke internet adalah ip address yang disediakan oleh penyedia jasa VPN bukan IP address yang diberikan oleh ISP langganan internet kita.

Jasa layanan VPN memang sedang marak saat ini dan rata-rata memberikan berbagai tawaran yang menarik dengan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk yang gratisan belum pernah saya coba ( emang ada? ) tapi tidak ada salahnya juga untuk dicoba apalagi kalau hanya sekedar download mendownload.

Proxy server tidak begitu aman dibanding dengan VPN namun jika kebutuhannya hanya sekedar download saja maka web based proxy sudah lumayan oke, tidak perlu harus sampai langganan VPN service.

Post a Comment