Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan Router

Apakah Anda Benar-Benar Membutuhkan RouterTidak semua perangkat komputer yang tersambung ke jaringan bisa langsung terkoneksi ke internet. Untuk membuat komputer-komputer yang sudah tergabung pada jaringan LAN bisa terhubung ke internet maka dibutuhkan router.

Kenapa harus router,kenapa bukan modem. Karena tugas utama router memang untuk menyambungkan dua jaringan yang berbeda, dalam hal ini jaringan internet dan jaringan lokal kita.

Bagi pengguna dan pelanggan internet yang selama ini sudah terhubung ke internet dengan hanya menggunakan modem , pernyataan ini cukup membingungkan. Di mana posisi router sebenarnya sehingga kita dapat mengakses internet?

Selama ini pada jaringan komputer saya sudah bisa terkoneksi ke internet hanya dengan modem, terus mengapa saya harus mempertimbangkan soal router. Apakah kita benar-benar harus menambahkan router pada jaringan komputer kita?

Berikut penjelasan saya terkait dengan kebutuhan router pada jaringan komputer kita.

  1. Koneksi internet dari satu komputer dengan memakai modem

Jika satu buah komputer terhubung ke internet dengan melalui sambungan modem maka pada koneksi ini sama sekali tidak dibutuhkan router. Router yang dipakai untuk menghubungkan komputer itu dengan internet berada di sisi jaringan dari ISP dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pihak ISP.

Fungsi perangkat hardware modem pada koneksi ini tidak sebagai router, perangkat modem tetap berfungsi sebagai modem saja, yaitu untuk mengubah data analog menjadi data digital dan sebaliknya.

  1. Satu modem untuk dipakai internetan beberapa komputer

Jika jenis modem yang dipakai hanya bisa digunakan oleh satu komputer saja, misalnya modem 3G USB dan modem 4G USB dan modem jenis ini ingin difungsikan atau diberdayakan agar koneksi internet dari modem itu bisa dipakai oleh banyak komputer maka untuk itu harus menggunakan router.

Router yang bisa digunakan adalah jenis Wifi router. Kelebihan menggunakan cara ini adalah jumlah klien komputer yang dapat terhubung sangat banyak. Kelemahannya adalah kita harus membeli perangkat wifi router dan modem secara terpisah dan harus sedikit pengetahuan dan pemahaman akan jaringan komputer untuk menginstalnya.

  1. All In One, Modem, wifi Access point dan Router dalam satu perangkat

Ada perangkat yang sudah dilengkapi tiga fungsi sekaligus dalam satu hardware, dan untuk perangkat ini kita tidak perlu repot-repot lagi memikirkan tambahan perangkat lainnya, terutama menambahkan router.

Perangkat jenis ini biasanya sudah dilengkapi tiga jenis fitur yaitu modem, router dan wifi access point dan berjalan secara bersamaan. Perangkan tersebut contohnya adalah modem B olt Mifi 4G.

Kelemahan menggunakan perangkat jenis ini adalah maksimum jumlah komputer klien yang dapat terhubung sangat terbatas dan hanya bisa terkoneksi dengan menggunakan koneksi Wifi saja.

Kualitas koneksi pun sangat tergantung pada kualitas sinyal yang diterima modem dan sinyal wifi yang diterima oleh komputer klien.

  1. Kombinasi antara koneksi internet via kabel dengan router.

Jika anda berlangganan internet dengan koneksi kabel, maka anda butuh router agar koneksi internet bisa dinikmati oleh lebih dari satu komputer klien. Jenis router yang mesti disiapkan adalah wifi router atau Router biasa yang dipakai pada jaringan kabel.

Yang mesti dicermati adalah jenis konektor yang disiapkan oleh ISP, jika koneksi dari ISP menggunakan kabel Ethernet maka router anda harus memiliki interface atau port Ethernet juga.

Kelebihan menggunakan router pada koneksi ini adalah jumlah klien yang dapat tergabung sangat banyak, kualitas koneksinya cukup stabil karena menggunakan kabel. Perluasan jaringan bisa dilakukan dengan menambahkan switch atau wifi access point agar banyak wifi klien bisa ikut terkoneksi juga.

Untuk membangun model jaringan seperti ini cukup butuh banyak perangkat, seperti Router, Wifi access point, switch dan dan sambungan kabel. Untuk mendesainnya pun butuh pengalaman dalam membangun jaringan karena mengkonfigur router jenis ini tidaklah mudah.

  1. Menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer lokal.

Jika di tempat kerja anda ada terdapat dua bagian atau unit kerja dengan segment IP address yang berbeda, misalnya Unit A segment IP address 10.10.1.0 subnetmask 255.255.255.0 dan Unit B segment IP-nya 192.168.1.0 subnetmask 255.255.255.0. Agar kkomputer klien di Unit A bisa bertukar informasi dengan komputer di Unit B maka dibutuhkan router untuk menghubungkan komputer-komputer pada kedua unit ini.

Pemakaian router pada model jaringan seperti ini sangat membutuhkan pengetahuan tentang jaringan komputer, selain itu jenis router yang digunakan pun memiliki fitur dan fungsi yang lengkap terkait dengan fungsi interkoneksi jaringan dan pastinya berbeda jauh dengan fitur yang dimiliki oleh wifi router.

Router yang biasa dipakai untuk kebutuhan pun harganya sangat mahal dan butuh pengetahuan networking yang cukup baik untuk mengkonfigur router.

Semoga berguna

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/be-ond/3567620443/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share