Langkah Awal Belajar Praktek Jaringan Komputer

Bagi yang sedang belajar jaringan komputer, mempraktekkan teori-tori yang sudah kita pelajari adalah hal yang penting, namun biasanya kita sudah langsung menyerah karena yang ada dalam pikiran kita adalah banyaknya peralatan yang mesti kita siapkan. 

Untuk merasakan sendiri seperti apa membangun sebuah jaringan komputer dari awal maka bisa kita lakukan dengan menyambungkan dua buah komputer menggunakan sebuah kabel cross.
Peralatan yang digunakan untuk menyambung dua komputer menggunakan kabel data atau kabel UTP sebenarnya cukup banyak.

Secara lengkap peralatan yang mesti kita siapkan untuk menyambung dua komputer menggunakan kabel data adalah sebagai berikut.
a.    Kabel UTP, kita bisa menyiapkan kabel UTP dengan panjang kabel minimal 1 meter.
b.    Jack konektor RJ 45 sebanyak 3 buah
c.    Tang Crimping
d.    Dua buah komputer, bisa laptop atau PC dan sudah terinstal dengan sistem operasi

Untuk komputer seperti laptop atau PC bisa tersedia dengan mudah, bisa meminjam dari teman atau saudara namun peralatan lainnya seperti kabel dan konektor cukup mahal harganya jika dipakai untuk sekedar belajar. Ada beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan membeli kabel data berupa kabel UTP yang sudah jadi lengkap dengan konektor dan susunan kabel yang benar.

Ada dua jenis kabel data UTP atau kabel Ethernet, pembagian jenis tersebut  berdasarkan susunan kabel yang ada di dalamnya yaitu jenis straight dan cross. Untuk menyambung dua komputer secara langsung maka kabel yang digunakan adalah kabel cross, kabel straight dipakai jika kita menyambung komputer dengan hub atau switch.

Untuk praktisnya kita bisa membeli kabel cross dan kabel straight yang sudah jadi secara online dengan panjang 2 meter, harga perkabel yang sudah jadi biasanya cukup murah tergantung panjang kabel. Dengan membeli 2 jenis kabel yang berbeda yaitu kabel cross dan straight maka kita juga bisa belajar untuk secara langsung atau secara praktek membedakan kedua jenis kabel tersebut. 

 Langkah selanjutnya adalah menyambungkan konektor RJ 45 dari kabel cross tersebut ke port Ethernet  yang ada di 2 komputer tersebut. Cek lampu indikator LED pada port Ethernet tersebut  apakah sudah menyala kedap kedip atau tidak. Jika tidak menyala tekan konektor RJ 45 agar tertancap lebih dalam.  Setelah lampu indikator Ethernet menyala maka hal ini menandakan bahwa koneksi kabel  atau sambungan fisik sudah terbentuk. 

Langkah  berikutnya adalah mengatur sistem pengalamatan pada kedua komputer tersebut. Sistem pengalamatan sangat dibutuhkan dalam komunikasi data antar komputer, sistem pengalamatan tersebut adalah IP address.

IP address yang digunakan adalah sebagai berikut:
a.    192.168.1.1 subnetmask 255.255.255.0, untuk komputer satunya lagi bisa digunakan IP address
b.    192.168.1.2 subnetmask 255.255.255.0

Penjelasan terkait IP address dan subnetmask bisa dilihat di link ini.

1. Mengenal apa itu  IP Address 

2. Untuk apa subnetmask 

Langkah terakhir yang mesti dilakukan adalah memastikan bahwa 2 komputer tersebut sudah terkoneksi dengan baik. Biasanya cara mengeceknya adalah dengan menggunakan program tertentu. Program yang paling sering dipakai adalah program command prompt dengan perintah yang digunakan adalah perintah ping.

Pada OS Windows, program command prompt bisa dijalankan dari : Tombol Start >> All Programs >> Accessories >> Pilih CMD.

Pada komputer dengan IP address 192.168.1.1:
a.    Ketik pada layar program CMD >ping 192.168.1.1 .. pastikan ada pesan reply dari IP address tersebut.
b.    Ketik pada layar program CMD>ping 192.168.1.2 .. pastikan ada pesan reply dari IP tujuan tersebut.
Lakukan yang sama pada komputer dengan IP address 192.168.1.2
Baca:
Command prompt program sederhana yang PowerfullFungsi perintah ipconfig

Selesai, selamat mecoba.
Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/kolbisneat/8382834789/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share