Pentingnya Belajar Jaringan Komputer

Bagi sebagian pengguna komputer hubungan antara sebuah komputer dengan komputer lain tidak lagi penting selama aplikasi berjalan dengan lancar maka koneksi antar komputer bukan lagi menjadi sebuah soal.
Saat ini pada sebuah komputer dengan segala macam aplikasi handal yang menyertainya, koneksi antara satu komputer dengan komputer lainnya merupakan dasar utama bagi komputer dalam mendukung kinerja aplikasi.

Bagi anda yang tidak sadar akan pentingnya koneksi antar komputer maka sebaiknya anda menyimak beberapa alasan dan penjelasan berikut ini tentang betapa pentingnya jaringan komputer. 

1.    Tidak ada lagi komputer yang tidak terkoneksi ke jaringan komputer.
Mengikuti sifat pengguna komputer yang adalah seorang manusia maka sebuah komputer akan sulit untuk beroperasi secara sendirian tanpa bergabung dengan komputer lainnya.

Inilah alasan mengapa para pengguna komputer harus memahami tentang jaringan komputer, fakta bahwa  saat ini semua komputer harus terhubung ke jaringan agar bisa terkoneksi dengan komputer lain dan berbagi informasi atau pun berbagi sumber daya melalui jaringan merupakan hal yang wajib diketahui para peminat jaringan komputer. 

2.    Koneksi  dan proses komunikasi antara satu komputer dengan sebuah komputer lain tidaklah hanya sekedar menyambung sebuah kabel di antara dua komputer.
Koneksi antar komputer terdiri atas beragam jenis dengan aturan yang berbeda-beda.
Perbedaan pada jenis-jenis koneksi data antar komputer  akan membingungkan dan menjadi keliru jika tidak dipahami secara benar. 

3.    Mengatasi sendiri masalah yang terjadi.
Anda tidak perlu menunggu kehadiran tenaga ahli untuk mengatasi masalah yang sebenarnya bisa anda atasi sendiri.
Banyak pengguna komputer mengalami kesulitan karena persoalan yang sebernarnya bisa mereka atasi sendiri.

Setidaknya anda bisa mengecek IP address dan mengetes koneksi ke komputer lain yang ada di jaringan yang sama dengan komputer anda untuk memastikan bahwa masalah yang anda hadapi disebabkan oleh masalah pada komputer atau pada jaringan secara umum.

4.    Membantu Technical support jaringan untuk mempercepat menyelesaikan masalah yang anda hadapi.
Beberapa pengguna komputer merasa bahwa problem komputer adalah sepenuhnya tanggung jawab para Technical support namun tanpa disadari para pengguna komputer, merekalah yang secara tidak sengaja menyebabkan masalah tersebut.

Misalnya muncul tanda seru atau peringatan akan adanya konflik IP address, tanpa dukungan langsung dari technical support pun kita bisa secepatnya mengatasi problem seperti itu. 

5.    Mengetahui dan memahami jaringan komputer akan membuat para pengguna komputer lebih berhemat.
Dengan mengetahui dasar-dasar networking maka akan lebih lebih cepat mengatasi masalah baik itu karena usaha kita sendiri ataupun dibantu oleh tech support, dengan begitu maka kita akan lebih menghemat waktu.
Dengan mengetahui prinsip dari computer networking maka kita pun bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya sistem IT yang ada.

6.   Tidak mudah Tertipu atau terjebak Oleh Penawaran yg Menyesatkan
Memahami jaringan komputer menjadikan para pengguna lebih dicerahkan terutama soal kualitas sambungan yang terpasang pada komputer mereka.
Isu yang paling sering dialami adalah soal koneksi internet, sering pelanggan internet yang seperti nya ditipu oleh Internet provider.

Kenyataannya tidaklah demikian biasanya karena kekurang pahamnya pelanggan atas paket yang dibeli maka sering menyebabkan salah paham tersebut.
Memahami arti dari Mbps dan MBps menjadi penting ketika berurusan dengan koneksi jaringan komputer, kedua satuan itu sekilas nampaknya sama tetapi berbeda artinya.

7.    Jika anda berniat menjadi seorang programmer maka sebaiknya anda juga memahami tentang konsep networking.
Aplikasi atau software biasanya akan mengikuti trend dari penggunaan komputer seperti koneksi ke jaringan komputer.
Pembuat atau pengembang aplikasi jika ingin mengembangkan aplikasi yang bisa terhubung secara jaringan harusnya juga memahami konsep jaringan komputer jika tidak maka mau tidak mau harus melibatkan pihak yang memahami jaringan untuk membantu mengembangkan aplikasi tersebut.

Adalah nilai plus bagi anda yang seorang programmer yang juga paham akan networking.
Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/maceybuchanan/8586841489/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *