Simbol- Simbol Utama Pada Jaringan Komputer Yang Wajib Diketahui

Salah satu cara untuk mengetahui dan menguasai karakter dari sebuah jaringan komputer adalah dengan mempelajari gambar atau diagram topologi dari jaringan komputer.
Dalam membaca diagram topologi terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan, salah satunya adalah symbol-simbol yang terdapat pada diagram topologi tersebut.

Mengapa symbol-simbol pada diagram jaringan begitu penting:

1.    Simbol-simbol pada network diagram itu mewakili komponen-komponen jaringan yang ada.

2.    Setiap perangkat diwakilkan oleh symbol yang berbeda sehingga memberikan pengertian atau makna yang berbeda terhadap satu sama lainnya dan tidak membingungkan. 

3.    Dengan menggunakan symbol terkait perangkat yang dipakai maka akan menjadi lebih mudah dan jelas untuk dipahami dibandingkan jika menggunakan kata-kata yang rumit dan panjang.

4.    Simbol yang digunakan dalam diagram jaringan komputer merupakan hasil dari kesepakatan internasional sehingga semua produsen komponen dan perangkat jaringan akan menggunakan symbol yang sama untuk setiap perangkat dengan jenis atau fungsi yang sama.
Misalnya perangkat switch, simbolnya akan sama untuk merk yang diproduksi oleh berbagai vendor. Jadi kita tidak perlu pusing memikirkan produk ini buatan mana dan symbol yang dipakainya seperti apa, semua produk yang fungsinya sama akan diwakilkan oleh sebuah symbol saja.

5.    Pemaham yang keliru atau salah tentang arti dari sebuah symbol yang ada pada diagram akan berdampak fatal pada kegiatan yang berkaitan atau membutuhkan analisa terhadap diagram tersebut.
 Misalnya jika terjadi masalah pada jaringan maka si admin jaringan yang keliru mengartikan switch sebagai sebuah router akan menyebabkan proses perabaikan pun akan menjadi kesalahan yang bisa berdampak lebih buruk lagi.

6.    Memahami dan menguasai sebuah network diagram yang berisikan symbol-simbol adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang admin yang bertanggung jawab atas semua hal terkait jaringan komputer. 

Berikut adalah symbol yang dipakai untuk menggambarkan perangkat-perangkat pada jaringan komputer dalam sebuah network diagram.

1.    Simbol Router
 
Router dilambangkan dengan symbol tabung di mana pada bagian lingkaran atas terdapat 4 anak panah. Perhatikan pada symbol router di atas, terlihat ada 2 anak panah yang mengarah ke tengah dan 2 anak panah yang mengarah ke luar lingkaran.
Maksud dari dua anak panah yang mengarah ke dalam melambangkan aliran data yang berasal dari beberapa segment jaringan dan oleh router aliran data tersebut diteruskan ke segment jaringan yang lain yang berada di luar dari segment yang masuk ke router.
Inilah fungsi utama router yang diwakilkan oleh arah anak panah, ke dalam dan ke luar yang melambangkan fungsi router yang berperan sebagai penyambung segment network satu dengan segment network yang lain.

2.    Simbol Switch
Simbol switch dilambangkan dengan kotak persegi di mana pada bagian persegi sisi atas terdapat 4 anak panah yang sejajar dengan dua anak panah mengarah pada sisi yang berbeda.
Arah anak panah yang berbeda melambangkan bahwa aliran data yang melalui tiap-tiap port pada switch tidak akan tercampur satu sama lainnya dan tidak ada tabrakan antara aliran data yang masuk dari port yang berbeda.
Switch hanya bekerja pada sebuah LAN saja sehingga symbol switch bentuk dasarnya dibedakan dengan bentuk router yang bulat.

3.    Simbol Hub
 Hub diwakilkan oleh sebuah kotak persegi sama seperti symbol switch namun dengan jumlah anak panah hanya satu buah saja.

Jumlah anak panah yang hanya satu ini melambangkan bahwa hub hanya mengalirkan data melalui satu saluran saja sehingga semua aliran data yang masuk melalui port pada hub akan saling bercampur satu dengan yang lainnya.
Sama seperti switch, hub hanya bekerja pada sebuah LAN dan oleh sebab itu hub juga dilukiskan sama seperti switch berupa sebuah kotak.

4.    Garis Penghubung
Dalam network diagram biasanya terdapat garis-garis penghubung antara symbol yang satu dengan yang lain. Garis-garis tersebut melambangkan koneksi fisik atau sambungan kabel antara satu perangkat dengan perangkat lainnya.

5.    Simbol koneksi Wireless

Koneksi Wireless dilukiskan dengan symbol sinyal gelombang electromagnet atau garis putus-putus.

6.    Simbol Firewall

Simbol firewall dilukiskan dengan dinding batu bata yang berapi, ada juga yang melukiskan firewall hanya berupa dinding bata saja.

Firewall merupakan system pengaman pada jaringan yang secara praktek bisa berupa software dan juga gabungan antara software dan hardware.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share