Anak SD lebih Suka Pulpen Jenis Ini

Anak saya kelas 5 SD, aturan di sekolahnya tidak mengijinkan murid atau siswa untuk menggunakan pulpen dengan tinta berwarna selain warna hitam.

Beberapa waktu lalu saya menemani anak saya ke supermarket perlengkapan sekolah, sebut saja intermedia, ya kami membeli beberapa isi ulang correction tape.

Ketika melihat-lihat barang perlengkapan sekolah lainnya, anak saya begitu tertarik dan antusiasnya untuk memiliki pulpen yang berisi 4 mata pena dengan warna tinta yang berbeda-beda, ada hitam, biru, merah dan hijau.

Dia mengatakan bahwa warna biru masih diperbolehkan saat aktivitas belajar mengajar, itupun hanya untuk mengerjakan latihan-latihan soal saja, tapi warna hijau dan merah sama sekali tidak diperbolehkan.

Terus kenapa anak kelas 5 SD begitu ingin sekali memiliki pulpen dengan isi tinta warna warni, ini alasannya:

  1. Ingin terlihat lebih bergaya

Iya, memakai dan memiliki pulpen satu warna terasa amat membosankan dan terkesan kurang menarik perhatian di antara teman-temannya.

Dengan memakai pulpen 4 warna akan terkesan beda dengan yang lainnya dan lebih besar peluangnya untuk menjadi pusat perhatian. ( Hahahaha lebay juga nih bocah…)

  1. Untuk memberikan kesan yang baik kepada guru-gurunya

Kata anak saya, kadang-kadang jika gurunya kehabisan pulpen tinta merah untuk menulis atau memeriksa pekerjaan siswa dan juga saat menuliskan nilai, maka mereka akan meminjam dari para siswa.

Jika para siswa memberikan pinjaman kepada guru maka hal tersebut akan memberikan kesan yang baik di mata guru tersebut terhadap sang siswa….

Hmmm itu sih cari muka namanya, nak….

  1. Untuk mengkombinasikan dan menandai catatan yang penting

Nah kalau yang ini benar…. Tinta warna merah dijadikan sebagai penanda pada point-point penting pada buku cetak.

Hal ini akan memudahkan saat belajar atau mengulang pelajaran dengan membaca buku cetak atau buku catatan.

  1. Pulpen 4 warna itu enak digunakan tidak perlu gonta-ganti pulpen

Maksudnya lebih praktis… Jadi tidak perlu membawa banyak pulpen, cukup satu saja, dan tinggal tekan untuk menentukan warna apa yang mau dipakai.

  1. Tulisan menjadi lebih bagus

Ketika mencoba pulpen 4 warna pilihan anak saya, ternyata sangat enak digunakan, mata penanya tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar( mungkin ukuran mata penanya yang 0.5), tulisan sangat lancar, malah tulisan menjadi lebih bagus.

Menurut saya, bagus tidaknya tulisan tangan itu ditentukan juga oleh jenis pulpen yang digunakan.

Pantas saja anak-anak suka, cuma yang jadi masalah adalah harganya yang cukup mahal, meskipun ada yang lebih murah tapi anak saya tetap memilih pulpen isi tinta 4 warna seharga Rp. 27 ribu.

Ya sudah, dibelikan saja..

Menurut saya, anak-anak pun butuh variasi dalam hidup mereka, termasuk untuk urusan tulis menulis, mereka butuh sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Ya semoga kreativitas mereka berkembang, mereka menjadi lebih percaya diri dan tambah semangat belajar… Apalah artinya uang dibanding kemajuan tumbuh kembang anak.

Semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share