Bingung Pilih Tripod

Sejak memiliki handycam, saya sepertinya dipaksa untuk harus memiliki sebuah Tripod. Bukan orang yang memaksa tapi situasi yang mengharuskan saya untuk menambahkan tripod sebagai alat bantu ketika sedang merekam dengan handycam sony yang baru saya beli tersebut. Selain biar gambarnya lebih stabil juga agar kita tidak cepat jenuh dan capek saat membuat sebuah video.

Saya seorang yang baru dalam urusan videografi dan mulai mencoba membuat video amatir yang nanti kalau bagus hasilnya akan diupload ke youtube, rencananya!!!

Dengan modal yang cukup terbatas, kameranya adalah handycam sony 2,1 juta, plus battery cadangan 100 ribu dan sekarang lagi bingung cari tripod untuk handycam, budjet dana tripod 200 ribu kurang.

Sebagai pemula saya sama sekali tidak punya gambaran tentang tripod, setahu saya tripod itu rata-rata sama.   Hahhahaha ternyata tidak saudara-saudara.

Tripod itu sangat beragam, mulai dari kualitas dan juga harga, Ada yang puluhan ribu sampai belasan juta. Hmmm tripod aja bisa sampai belasan juta!!! Untuk apa???????

Cari referensi dan petunjuk sana sini, dari kaskus archive sampai video youtube ternyata kalau mau beli tripod itu ada patokannya, ada petunjuk, ada tipsnya, juga panduannya.

Segala masukan dan saran yang saya dapat dari internet ternyata sangat penting dalam memilih tripod yang tepat buat camcorder atau handycam, seperti ini kesimpulannya:

1. Kalau buat kamera handycam maka pilihlah tripod yang murah meriah sajalah, Tripod seperti Excell Promos saja sudah cukuplah, tidak perlu memikirkan atau mempertimbangkan tripod berharga jutaan.

2. Karena saya baru di dunia fotografi dan videografi dan hanya bermodalkan Sony HDR CV-405 maka sebaiknya menggunakan tripod yang sesuai dengan handycam tersebut. Kata orang Takara Eco 193a atau somite 3250 saja sudah cukup.

Sony HDR CV-405 itu beratnya cuma sekitar 300 gram saja. Jadi pilih dan cari tripod yang sepadan, jangan cari tripod yang buat kamera berbobot 10 kg. hahahhah ( menertawakan diri sendiri, hmmm)

3. Kalau dipikir-pikir saya kan tidak tiap hari buat video karena memang bukan seorang professional, oke?

Jadi tripodnya pun yang amatiran saja lah sesuai kantong, ya 200 ribuan rasanya sudah lebih dari cukup buat tripod.

4. Spesifikasi tripod yang penting, selain kuat dan kokoh, menurut saya adalah tingginya. Semakin tinggi tripod mungkin semakin bagus, katanya.

Rata-rata tripod dibawah 200 ribu itu tingginya 140 cm sampai 157 cm. Jadi rasanya kalau 157 cm itu sudah cukup, tidak perlu tinggi-tinggilah. Biasalah, semakin tinggi semakin mahal tuh tripod.
Sayang, duitnya bisa buat aksesoris lain.

5. Warna tripod, warna tripod biasanya tersedia dua warna dasar, hitam dan silver.

Menurut saya lebih baik warna silver karena terang dan dapat dilihat jelas. Bayangkan jika anda menaruh tripod warna gelap pada tempat yang sedikit remang maka kemungkinan tertabrak atau tersenggol sangat besar. Kalau warna terang pastinya akan terlihat jelas oleh orang yang melintas.

Rasanya seperti itu saja dulu, tripod kamera handycam itu rata-rata sama saja untuk harga kurang dari 200 ribu dan banyak pilihan merknya, Takara, Somita, Excell dan sebagainya.

Jadi untuk pemula seperti saya rasanya tidak perlu pusing lagi untuk membeli tripod yang cocok, harga 200 ribu itu sudah cukup, tidak perlu mahal dan tinggi kualitasnya, karena jarang dipakai dan kebutuhannya pun untuk level entry atau kelas pemula.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share