Mau Beli Flashdisk Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0, Bagus atau Jelek?

Ukuran bagus atau tidak sebuah flashdisk terletak pada kecepatan transfer data dan juga kapasitas penyimpanan.
Semakin kencang transfer datanya maka semakin bagus sebuah flashdisk dan semakin besar daya simpannya maka semakin bagus flasdish tersebut.mau-beli-flashdisk-kingston-64gb-datatraveler-100-g3-usb-3-0-bagus-atau-jelek

Tapi dalam kenyataannya tidak semua flasdisk bekerja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembuat dan juga yang terpenting adalah dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Salah satu flashdisk yang banyak disorot dan dikritik adalah Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0, flashdisk ini memiliki daya tampung data sebesar 64 GB dengan kecepatan kelas USB 3.0. USB 3.0 kecepatan transfernya adalah 100 Mbps sampai 800 Mbps.

Namun masalah yang sering dikeluhkan oleh pengguna flashdisk Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0 adalah sebagai berikut:

1. Cepat panas

Beberapa pengguna mengatakan bahwa Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0 yang mereka gunakan cepat panas. Kira-kira beberapa detik setelah dicolok, flasdisk tersebut langsung panas.

Menurut pihak Kingston USB drive ini tidak seharusnya panas mengingat kemampuannya bekerja pada suhu 0 sampai 60 derajat Celcius. Flashdisk akan menjadi panas jika digunakan untuk waktu yang lama.

2. Masa pakai yang tidak lama; Mendadak tidak terdeteksi sama sekali alias rusak

Mungkin karena cepat panas maka lama kelamaan mati total, tidak terdeteksi sama sekali.

Beberapa testimony dari pengguna mengatakan bahwa Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0 hanya bertahan selama 6 bulan bahkan ada yang cuma bertahan selama 3 bulan.

Perangkat tersebut rusak total secara tiba-tiba tanpa memberikan gejala-gejala awal sehingga pemilik tidak sempat melakukan backup data yang tersimpan di dalamnya.

3. Penutup port USB yang mudah terbuka

Pengguna Kingston 64GB DataTraveler 100 G3 USB 3.0 juga mengeluhkan sliding atau pelindung geser dari port konektor USB yang mudah terbuka.

Penutup port USB yang mudah terbuka membuat konektor pada port bisa cepat kotor dan mudah dimasuki kotoran yang menghalangi dan membuat flashdisk tidak tercolok dan terkoneksi secara sempurna.

4. Spesifikasi kecepatannya yang UBS 3.0 tidak sesuai dengan kenyataan ; Kecepatan rilnya cuma sekelas USB 2

Wah kalau kecepatannya cuma setingkat USB 2 maka sebaiknya pikir-pikir lagi untuk membeli produk ini.
Kecepatan USB 2 itu cuma 40 Mbps.

Bandingkan dengan kapasitas data yang mau disimpan atau dipindahkan, misalnya kita ingin memindahkan data sebesar 10 GB maka kalau kecepatanya hanya setara UBS 2 maka waktu transfernya adalah:
40 Mbps sama dengan 5 MBps, jadi butuh 10000 / 5 = 2000 detik atau 33 menit untuk memindahkan data sebesar ke 10 GB dari atau ke flasdisk.

Coba bandingkan jika kecepatan nya adalah benar-benar kecetapan USB3.0 dengan speed atau kecepatan sebesar 200 Mbps maka untuk memindahkan data sebesar 10 GB butuh waktu selama: 200 Mbps = setara dengan 25 MBps.
Untuk 10GB atau 10000 MB ( 10 ribu MB) maka waktunya adalah 10000/25 = 400 detik atau 6,6 menit saja.

Bagi para pengguna yang menggunakan flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang besar maka saran saya adalah segera backup semua data yang tersimpan dengan meng-copy ke media penyimpanan yang lain.

Sumber : newegg.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share