Pengalaman Membeli Pakaian Secara Online

Ternyata tidak semua barang itu kalau dibeli secara online hasilnya memuaskan, sudah puluhan kali, bahkan bisa dibilang sudah lebih dari 50 kali saya belanja barang secara online, mulai dari perkakas seperti gergaji, bor, kunci, makanan seperti keju, pakaian anak, kamera handycam, mainan, jam tangan, helm sampai handphone atau hape sudah pernah saya beli dan semuanya memuaskan.

Namun saat saya membeli jaket secara online, kekecewaan itu begitu membekas sampai saya tidak berani lagi membelinya meskipun ada tawaran yang sangat menarik.

Saya tidak tahu ketidakpuasan itu karena saya yang terlalu berlebihan berharapnya atau memang penjualnya yang memberikan barang tidak sesuai dengan yang ditawarkan.

Ceritanya begini;

Suatu ketika saya membutuhkan jaket dan iseng-iseng mencari jaket secara online, namun di semua toko online langgangan saya, rasanya tidak ada yang begitu meyakinkan baik dari segi harga maupun model.

Saya lalu memcoba mencari di sebuah toko online yang kelihatannya cukup bagus dan tampilan websitenya sangat professional.

Saya lalu mencari jaket dengan menelusuri satu persatu item yang ditawarkan, ternyata banyak yang menarik perhatian saya dari segi harga maupun model.

Setelah mempertimbangkan beberapa model akhirnya pilihan saya jatuh pada salah satu produk, saya pun lalu membayarnya dengan kartu kredit.

Dalam 2 hari, paket kiriman tiba di rumah, setelah di coba, ukuran-nya tidak sesuai, sedikit sesak, untuk modelnya pun agak sedikit berbeda dari gambar yang dipajang diwebsite-nya, sedikit kecewa.

Untungnya ada program pengembalian jika seandainya tidak sesuai dengan harapan pembeli, saya berencana untuk melakukan pengembalian, belum sempat melakukannya, saudara saya ternyata tertarik untuk membayar jaket tersebut. Modal kembali, tidak ada yang rugi.

Beberapa minggu kemudian saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa website toko online di mana saya membeli jaket sedang mengadakan program diskon 40 persen dan salah satu produknya adalah jaket yang cukup bagus.

Awalnya saya sedikit ragu jika hasilnya sama mengecewakan seperti pembelian pertama, namun akhirnya saya putuskan untuk membelinya karena harga cukup murah setelah didiskon.

Ketika akhirnya jaket tersebut datang, kekhawatiran saya akhirnya terbukti, jaket tersebut dari model dan warnanya sangat jauh berbeda dengan tampilan di-websitenya. Sangat mengecewakan, jauh dari ekpektasi.

Saya seperti ditipu, bukan hanya sekali tapi dua kali, saya sampai pada kesimpulan bahwa rasanya toko online ini tidak jujur dalam mempromosikan barang dagangannya, apa yang ditampilkan tidak sesuai dengan barang aslinya.

Dari pada dikembalikan, saya coba tawarkan ke orang-orang dekat, siapa tahu mereka tertarik untuk membeli, ternyata tidak ada yang berminat, jaketnya terlihat tidak sesuai dengan model yang mereka harapkan, warnanya pun sangat tidak menarik.

Akhirnya saya simpan saja jaket tersebut, kelak suatu waktu jika ada saudara dari kampung yang datang berkunjung maka akan saya berikan saja secara gratis, ya hitung-hitung oleh-oleh dan beramal.

Pesan saya adalah

  1. Sebaiknya tidak membeli pakaian seperti jaket, jika tidak ada testimony terkait produk tersebut.
  2. Pastikan ukuran dan warna yang ditawarkan sudah sesuai dengan harapan anda dengan mencek testimony atau produk review-nya.
  3. Jangan terkecoh dengan diskon yang tinggi
  4. Sebaiknya beli jacket dengan merk yang sudah terpercaya kualitasnya
  5. Coba cari pendapat orang terkait toko online yang anda akan belanja.

Semoga berguna

Share

Share