Tips Memilih Kamera Video Handycam Standar

Yang dimaksud kamera video standar adalah kemera video dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja dan biasanya untuk digunakan dalam membuat video amatir, kalau camera professional itu dipakai untuk membuat  video bermutu tinggi seperti film layar lebar atau siaran TV.

Salah satu contoh kemera video standar yang cukup bagus kualitasnya adalah Sony HDR-CX405. Dari mana tahunya kalau kamera seperti Sony HDR-CX405 dikategorikan sebagai kamera video standar? Cek spesifikasinya, biasanya tertera; type camera : Stadard. Bandingkan dengan kamera video yang professional, pada speknya akan tertera; Type Camera: Professional.

Kenapa kita harus menggunakan kamera video standar? Karena harganya murah, kamera DSLR bisa dipakai buat video tapi harganya mahal. Kamera mirrorless? Sama juga, harganya sangat mahal.

Nah pilihan yang paling murah adalah kamera standar, karena hasil videonya pun tidak terlalu mengecewakan, apalagi ditambah dengan belajar teknik dari para youtuber yang sudah mencoba maka saya yakin hasilnya pasti memuaskan dengan harga yang murah.

Berikut adalah tips-tips dari saya jika anda ingin membeli kamera video standar:

  1. Apakah anda benar-benar membutuhkan kamera video?

Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah memastikan terlebih dahulu apakah hape smartphone anda atau kamera foto yang bisa video cukup bagus atau tidak untuk membuat sebuah video sehingga anda mungkin tidak memerlukan kamera video terpisah.

Kamera foto yang standar biasanya dapat digunakan untuk membuat sebuah video namun tidak memiliki jarak zoom atau beberapa fitur lain seperti pada kamera video standar, namun berfungsi dengan baik sebagai cadangan.

Karena ponsel tidak memiliki fitur stabilisasi gambar ( image stabilizer)  yang bagus, maka harus menggunakan tripod yang baik untuk mengurangi getaran.

Kamera video standar biasanya sudah memiliki lensa yang dirancang untuk tahan terhadap getaran atau goncangan.

Selain itu video kamera dapat merekam dalam durasi yang lama tanpa harus terganggu oleh keperluan lainnya.

  1. Cara menentukan kira-kira kamera video apa yang bagus

Cara yang paling mudah adalah dengan mencarinya pada youtube.com, masukkan kata kunci pencarian dengan mengetik kamera video standa murah yang bagus.

Cek kamera video jenis apa yang paling banyak direview oleh youtubers local. Setelah dapat kamera yang paling banyak direview maka ketikan kembali merk dan type kamera yang lagi ngetrend tersebut pada pencarian.

Perhatikan dengan seksama review dari youtuber luar negeri tentang produk kamera video tersebut.

Lakukan juga dengan mencari informasi lain tentang perbandingan kamera video pilihan anda tersebut pada google.

  1. Anggaran

Setelah memastikan jenis dan merknya maka selanjutnya adalah mencari harga yang pas dan semurah mungkin.

Lakukan pencarian pada beberapa situs belanja online, cek harga termurah, bonus yang ditawarkan oleh penjual, serta review dari para pembeli yang ada.

Pertimbangkan paket bundel yang mencakup berbagai aksesoris. Terkadang vendor tidak mengijinkan untuk harga diskon kamera  sehingga para penjual memberikan potongan harga dengan menawarkan yang dibundel dengan aksesoris.

Cek juga harga aksesoris lainnya yang ditawarkan untuk mendapatkan info tentang biaya tambahan apa saja, seperti kartu SD (biasanya tidak tersedia) atau tripod atau pengisi baterai (bukan kabel pengisian USB yang lebih lambat).

Hati-hati, biasanya paket bundel mungkin berisi barang yang kualitasnya rendah seperti kartu SD kecepatan rendah, baterai yang cepat habis dan sebagainya. Jangan cepat terpesona dengan paket aksesoris yang ditawarkan.

  1. Kartu memori atau penyimpanan internal memori.

Beberapa kamera memiliki memori internal, misalnya berkapasitas 8gb atau lebih, namun harganya pasti akan lebih mahal. Sebagai gantinya, pilih saja  yang menggunakan kartu memori, untuk kamera tersebut harus memiliki slot Micro SD, bias anya kartu memori yang bagus adalah yang kelas Class 10 “SDHC” UHS-1 “, kartu memori jenis ini yang tercepat saat ini  (bukan Class 4 atau 6) dengan tingkat transfer data yang tinggi untuk meminimalkan penundaan dalam menyimpan video atau saat memidahkan ke komputer.

Pastikan kamera yang hendak dibeli dapat mendukung sampai berapa GB dari sebuah kartu memori.

Untuk itu mesti dicek pada spsifikasi kamera berapa kartu memori maksimum yang bisa digunakan, 32 atau 64 gb.

Biasanya pemakaian kartu memori sebesar 32GB sudah lebih dari cukup untuk satu hari acara.

Kartu memori jenis SDXC memungkinkan secara kapasitas penyimpanan bagus karena lebih dari 32GB namun pastika kamera yang kita hendaki dapat menggunakan atau support kartu jenis tersebut.

Peran kartu memori sangat penting terkait dengan proses penyimpanan data rekaman video, makin cepat kemampuan menulisnya maka semakin bagus.

Kelebihan dari kamera yang memiliki media penyimpanan internal adalah kecepatan baca dan tulis data lebih cepat daripada kartu memori MicroSD dan mampu menyediakan file video beresolusi lebih tinggi.

Kamera-kamera video yang terbaru sudah tidak lagi membutuhkan adapter Micro SD lagi, memori card micro SD bisa langsung dicolokan ke slot yang tersedia pada kamera, contohnya pada kamera Sony HDR CX-405.

  1. Kemampuan zoom dari Lensa

Ada dua jenis zoom yaitu zoom optikal dan zoom digital, biasanya yang selalu memdapatkan perhatian adalah zoom optikal.

Zoom optikal adalah benar-benar kemampuan dari lensa dalam melakukan zoom.

Sedangkan zoom digital adalah zoom yang dilakukan secara software dari kamera tersebut.

Yang mesti diperhatikan dalam membeli kamera adalah zoom optical-nya.

Semakin tinggi kemampuan zoom lensa sebuah kamera maka semakin baik, rata-rata kamera video terbaru sudah memiliki zoom sebesar 30 kali. Sony HDR CX405 memiliki zoom optik 30x (kemampuan zoom pada lensa itu sendiri, bukan melalui trik perangkat lunak digital).  Zoom digital tidak sebagus dan bisa kabur.

  1. Lensa sudut lebar atau wide angle lens

Lebar sudut lensa biasanya ditulis dalam satuan mm, dimana kamera video yang memiliki ukuran wide angle lens yang 35mm adalah yang paling standard dan tidak cukup lebar, yang bagus adalah yang memiliki ukuran kurang dari 28mm. Kamera camcorder Sony HDR-CX405 memiliki wide angle sebesar 26 mm.

  1. Jack apa yang tersedia

Idealnya pada sebuah kamera video terdapat jack atau colokan antara lain headphone, HDMI, usb, kartu memori, dan juga  jack output mic untuk external michrophone.

Dengan adanya jack mic kita dapat memaksimalkan penggunaan mikrofon eksternal untuk mendapatkan suara yang lebih baik.

Namun sayang, adanya Jack Mic membuat harga kamera jadi lebih mahal. Kamera seperti Sony HDR CX405 tidak memiliki jack mic external, bisa jadi ini yang membuat harga jadi cukup murah.

  1. Resolusi video HD

Sebagian besar kamera video sekarang merekam denga kualitas HD dan resolusi yang tinggi (high definition), namun kita hanya memerlukan resolusi 720p untuk YouTube.

Tapi YouTube tetap menerima video resolusi HD, namun membutuhkan waktu lebih lama untuk upload.

Namun, kebanyakan TV sekarang menggunakan resolusi 1080p, dan kebanyakan kamera memiliki keduanya. Jika Anda hanya membuat video untuk YouTube, Anda mungkin hanya memerlukan 720p yang membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan dan mengupload jadi lebih cepat.

  1. Berapa frame per detik, fps.

Kamera yang memilki kemampuan untuk mengambil gambar dengan kualitas 30 frame per detik bagus, kalau 15 fps kurang bagus.

Anda tidak memerlukan 60 fps karena kebanyakan situs video hanya menggunakan sekitar 30 fps. Biasanya TV dan film digital berkisar sekitar 24 fps, jadi apapun yang lebih tinggi tidak digunakan oleh mereka. Klaim pihak marketing bahwa menggunakan 60 fps hanya untuk menaikan harga yang lebih tinggi, karena biasanya tidak akan pernah menggunakan lebih dari 30fps.

Penggunaan fps yang lebih tinggi jika Anda menampilkan ingin menampilkan atau melihat secara detail urutan dari sebuah gerakan super cepat seperti perlombaan balap professional.

Biasanya yang direkomendasikan untuk pengaturan resolusi perekaman adalah sekitar 25-30 fps sebuah video biasa.

  1. Layar tampilan preview

Ukuran layar tampilan digital bervariasi dan layar ini berfungsi untuk memastikan obyek video kita sudah sesuai dengan yang kita inginkan sebelum atau saat merekam.

Ukurannya berkisar antara 2-3 “atau lebih besar. Ukuran 3” biasanya lebih baik. Tetapi semakin besar ukuran layarnya maka akan membuat batarei semakin cepat habis.

Camcorder yang harganya mahal layarnya adalah layar sentuh, yang lainnya memerlukan penggunaan toggle atau joi stik untuk bergerak atau berpindah menu.

  1. Format file hasil rekaman video.

Format video hasil rekaman adalah MP4 dan AVCHD.  Pilih format MP4 untuk mempermudah anda mengupload ke youtube atau membukanya di computer dan hape anda.

Format  AVCHD ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut karena membutuhkan semacam proses konversi menjadi format yang dapat dikenali oleh software video player pada computer dan hape.

  1. Power supply atau sumber tenaga listrik

Hal yang terkait dengan power supply yang mesti diperhatikan adalah bagaimana kamera video tersebut dicas atau diisi batterei-nya.  Apakah yang tersedia hanya kabel USB saja atau ada cara lain untuk mengisinya, misalnya dengan adaptor seperti carger hape.

Lebih bagus jika ada kabel eksternal untuk mengisi daya batterei.

  1. Kapasitas baterai

Kapasitas baterai sangat penting dalam membeli sebuah kamera video karena cara kerja kamera video sedikit berbeda dengan kamera photo.

Beberapa merk kamera video ketika daya battery hilang atau habis maka seluruh proses rekaman akan hilang karena tidak tersimpan.

Daya batterei normal adalah: untuk kamera video lama dan lebih besar setidaknya 4-6 jam tanpa mengisi ulang, namun kamera yang lebih kecil memiliki kapasitas kurang lebih 1-3 jam. Sertakan biaya baterai cadangan dan charger eksternal jika anda ingin membeli sebuah kamera handycam.

  1. Seperti apa proses pemindahan file ke computer atau hape anda

Apakah proses peng-copyan file langsung melalui kabel seperti usb ke hard drive computer sehingga kita tidak perlu mengeluarkan kartu memori?

Apakah proses pemindahan data  mengharuskan kita menggunakan perangkat lunak atau software milik produsen  ataukah hanya  menggunakan Windows dan kabel data saja untuk melihat file dalam folder di kamera dan menyalinnya atau menghapusnya? Sebaiknya selalu merekam dengan menggunakan kartu SD dan memindahkannya ke PC untuk mentransfer file.

  1. Manual dan spesifikasi

Karena kita belum membeli kamera yang kita mau maka kita bisa mendownload terlebih dahulu buku panduan dan spesifikasi lengkap kamera yang akan dibeli dari website produsen.

Langkah ini untuk memberikan kita informasi yang lebih detail tentang kamera dibanding ketika kita hanya melihat secara singkat spesifikasi yang ada di halaman situs toko online yang menjual kamera tersebut.

  1. Pentingnya Wide angle Zoom

Wide angle sangat penting dan akan diperlukan ketika digunakan untuk mengambil gambar dari sekumpulan orang yang berdiri sejajar melebar, kamera dengan wide angle 35mm tidak akan dapat mengambil gambar yang lebih lebar dari kamera dengan lensa kurang dari 28mm. Anda mungkin tidak berpikir Anda membutuhkan Wide angle, sampai Anda mencoba video untuk merekam 20 orang di sebuah ruangan dan tidak dapat melihat semuanya. Anda harus mundur ke belakang sampai semuanya terlihat dengan lensa yang lebar anda tidak perlu melakukannya.

  1.  Ukuran sensor

Sensor berfungsi untuk menangkap cahaya dan sangat kualitas sebuah kamera video ditentukan seberapa sensitive sensor kamera tersebut menangkap cahaya pada obyek video.

Kamera pada jaman dulu memiliki kemampuan sensor hanya 0.5’’ sedangkan kamera sekarang sudah mencapai 1,5’’ bahkan ada yang sudah mencapai 3’’ untuk kelas kamera handycam murah. Dengan “full HD CMOS Sensor” yang berarti lebih banyak cahaya dan lebih cepat untuk resolusi yang lebih baik. Membuat perbedaan dalam kondisi kurang cahaya, zoom yang panjang atau pada resolusi tinggi.

Sony dengan sensor Exmor R CMOS membuat kamera dengan sensor ini akan mampu merekam gambar pada kondisi pencahayaan yang kurang dengan hasil yang lebih baik.

  1. Pencahayaan

Untuk kamera handycam standar, pencahayaan hanya mengandalkan cahaya ruangan saja. Tidak ada pencahayaan internal pada kamera-kamera video untuk type standar.

Jika anda benar-benar berminat membeli kamera video yang standar maka faktor pencahayaan internal menjadi masalah yang mesti diperhatikan. Solusinya adalah anda bisa menyediakan pencahayaan tambahan atau ekternal lighting.

  1. Image Stabilization

Fitur automatic ini akan membuat gambar anda lebih stabil saat terjadi goncangan akibat goyangan tangan dan sebagainya.

Sony menyebutnya dengan  “Steady shot”.  Ini adalah standar fitur yang mesti dimiliki oleh setiap kamera video, dengan fitur ini video yang kita buat saat berkendara atau berjalan akan stabil dan tidak bergoncang.

  1. Bisa Wifi atau bluetooth untuk mentransfer file

Biasanya kamera yang dilengkapi dengan wifi atau bluethoot harganya pasti lebih mahal. Jika anda adalah pemula dan tidak terlalu sering menggunakan untuk mengambil gambar maka fitur ini sebaiknya tidak perlu dipertimbangkan.

Semoga berguna

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share