Aksesories Laptop Yang Paling Mesti Dimiliki

Jika anda baru punya laptop atau sudah lama memiliki laptop dan  terasa seperti ada peralatan atau barang yang masih kurang yang diperlukan untuk mendukung pemakaian laptop tersebut sehingga lebih maksimal maka pastikan anda mengecek berbagai aksesoris laptop berikut ini yang mesti dipertimbangkan untuk dibeli dan dimiliki.

  1. Meja Laptop portable

Portable artinya peralatan yang bisa dibawa kemana-mana untuk digunakan, nah meja laptop portable adalah meja khusus untuk pengguna laptop atau notebook komputer yang bisa dibawa ke mana-mana secara mudah dan tidak merepotkan.

Fungsi meja laptop adalah membuat posisi laptop labih tinggi jika dibandingkan dengan kita menaruh langsung di lantai. Dengan menggunakan meja laptop portable maka posisi badan saat menggunakan laptop tidaklah terlalu membungkuk sehingga terasa lebih nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. USB Port Hub

Biasanya port USB yang tersedia pada sebuah laptop jumlahnya tidak lebih dari 3 atau 4 port. Kondisi port USB yang banyak ini sering tidak mendukung kegiatan penggunanya karena kebutuhan akan port USB laptop terlalu sedikit yang yang diperlukan.

Dengan memiliki dan menambahkan USB port eksternal maka kita tidak perlu kuatir jika memiliki banyak device yang mesti dicolok ke laptop.

  1. Headphone atau Earphone

Punya laptop tapi tidak punya headphone atau earphone rasanya kurang lengkap karena saat anda memutar film atau musik maka suara atau sound yang terdengar dari speaker laptop tidak begitu baik dan malah membuat kesal pendengarnya.

Headphone dan earhphone juga membuat privasi anda tetap terlindungi. Headphone dan atau earphone adalah aksesories laptop yang mesti dimiliki oleh setiap pemilik laptop.

  1. Cooling Pad

Cooling pad atau tatakan laptop yang berisikan kipas angin kecil untuk meniup udara ke bagian bawah latop agar tidak kepanasan dan juga untuk menyedot udara panas dari dalam laptop agar dibuang keluar dari badan laptop.

Cooling pad wajib dimiliki terutama jika anda sering menggunakan laptop di ruangan atau tempat-tempat yang tidak begitu dingin suhu ruangannya.

  1. Tas Laptop

Biasanya ketika beli laptop kita diberikan tas, namun kadang tidak dikasih. Meskipun kita diberikan tas saat membeli laptop, tas tersebut kualitasnya tidak begitu bagus, untuk itu kita mesti membeli tas laptop yang berkualitas agar laptop tidak mudah rusak saat dibawa ke mana-mana.

  1. Kunci Gembok pengaman Laptop

Saya pernah diceritakan oleh klien saya bahwa di kantornya pernah ada kejadian bahwa laptop-laptop tamu yang ditaruh di ruang meeting hilang saat ditinggal shalat sama yang punya.

Ternyata kejadian hilang itu disebabkan ulah office boy bermental kriminal yang mencuri laptop para tamu tersebut. Kejadian seperti ini seharusnya bisa dihindari jika laptop-laptop tersebut diamankan dengan gembok atau kunci pengaman laptop.

Bagi anda yang sering meeting atau berada di kantor klien yang hanya sesekali anda kunjungi maka gembok pengaman laptop sangat anda butuhkan.

  1. Wireless Mouse dan Mouse Pad

Mouse internal laptop tidak begitu terlalu mendukung pemakai laptop terutama untuk mengerjakan pekerjaan yang butuh pemakaian mouse yang butuh penunjukkan pointer yang sangat terperinci. Untuk mengatasi itu maka anda membutuhkan mouse eskternal yang biasa dipakai oleh compute desktop.

Pilihlah jenis mouse yang tambah kabel dan jangan lupa untuk membeli mouse pad atau tatakannya juga.

  1. Hardisk Eksternal

Kapasitas hardisk laptop yang terbatas dan kesadaran akan pentingnya system backup mengharuskan para pemilik laptop untuk memiliki hardisk tambahan yang terpasang secara eksternal.

  1. USB flashdisk

Kalau hardisk external dipakai untuk menyimpan data yang besar ukurannya maka USB flashdrive bisa dipakai untuk menyimpan atau memindahkan data yang berukuran kecil secara cepat.

Selain itu dengan menggunakan Flashdisk, jumlah data kita terinfeksi virus bisa dikurangi dibanding jika kita menggunakan hardisk external yang kapasitasnya besar.

  1. Pelindung keyboard

Pelindung keyboard laptop dari bahan karet silicon yang tipis sangat bermanfaat untuk melindungi keyboard laptop kita dari kemasukan partikel-partikel kecil yang bisa merusak keboard seperti debu.

Namun perlu hati-hati juga, bahwa pemakaian pelindung keyboard seperti ini bisa juga membuat laptop menjadi mudah panas karena tidak ada aliran udara yang masuk dari bagian atas laptop melalui celah-celah keyboard.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share