Beli Laptop vs Tablet vs HP

Beli Laptop vs Tablet vs HPKalau sudah punya laptop apakah harus beli Tablet juga atau apakah lebih baik jika HP Smartphonenya diganti saja? Pertanyaan ini sering kali muncul ketika sedang punya banyak uang lebih atau sedang menyusun rencana untuk membeli atau meng-upgrade gadget milik kita.

Tidak jarang orang membeli sebuah gadget mahal namun kemudian menjual kembali dengan harga murah karena tidak bisa memanfaatkan dan mengoptimalkan fitur-fitur canggih yang ada pada gadget itu.

Sebelum memutuskan untuk membeli gadget digital seperti laptop, tablet dan HP smartphone, ada baiknya untuk mempertimbangkan bahwa barang tersebut akan tetap anda gunakan dengan semaksimal mungkin tanpa ada niatan untuk menjualnya kembali dalam waktu yang lama atau bahkan sampai tidak bisa berfungsi lagi.

Kenyataan bahwa harga jual kembali ketiga jenis perangkat digital di atas akan sangat jauh di bawah harga beli merupakan faktor penting yang mesti dipikirkan saat akan membeli sebuah gadget.

Kenapa harus membeli laptop?

Alasan utama membeli laptop adalah karena anda butuh sebuah perangkat yang bisa berfungsi layaknya sebuah komputer PC tapi bisa dibawa kemana-mana secara mudah. Laptop adalah pilihan yang tepat untuk itu, karena selain bisa dibawa kemana-mana dengan mudah, bisa juga dipindah-pindah secara cepat dan ringkas.

Secara sistem operasi, OS yang jalan di komputer desktop adalah sama dengan yang dipakai di laptop, artinya kita bisa menginstal Operating sistem yang dipakai di desktop untuk dipasang di Laptop kita.

Jika operating sistem yang sama bisa dipasang di laptop maka aplikasi atau software programnya pun pasti bisa diinstal dan bisa digunakan di laptop sama seperti di komputer PC jenis desktop.

Aplikasi seperti web browser, pemutar music dan film, aplikasi office, foto atau image editing dan sebagainya juga bisa diinstal dan dijanlankan di Lapto. Pada laptop juga tersedia keyboard dan mouse sama seperti saat kita menggunakan komputer jenis desktop.

Jadi jika anda benar-benar membutuhkan sebuah komputer atau saat ini anda masih memiliki komputer PC model desktop maka anda tidak perlu ragu lagi untuk segera beralih ke Laptop. Bahkan bagi para penggemar game komputer, saat ini sudah banyak laptop yang bisa memenuhi kebutuhan para gamers meski tidak sebaik PC desktop.

Kenapa harus membeli Tablet?

Jika laptop anda terasa berat untuk dibawa-bawa, agak lama saat dinyalakan, butuh stop kontak listrik untuk mengisi battery alias tidak support power bank, atau agak susah menjalankan aplikasi tertentu karena harus menggunakan touchpad atau mouse, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membeli sebuah tablet, beberapa kegiatan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan tablet, seperti browsing, cek email, dengar musik, nonton film, menampilkan photo atau image dan memainkan game ringan.

Kenapa harus membeli HP Smartphone?

Handphone jaman sekarang tidak lagi sekedar untuk telpon dan sms tapi sudah dilengkapi dengan aplikasi layaknya sebuah komputer. Meski tidak selengkap dan se-powerfull komputer namun menjalankan aplikasi seperti browser, video player, game, dokumen reader, aplikasi email, chating online, sudah cukup memberikan sensasi seperti ketika menggunakan komputer PC.

Kemampuan dan kehandalan smartphone kurang lebih sama seperti tablet namun ukuran layar atau screennya lebih kecil, dan tentunya ukuran dimensi keseluruhan perangkat juga lebih kecil dan ringan dari tablet.

Supaya jelas bagaimana perbandingan antara Laptop, tablet dan smartphone maka berikut ini adalah pembahasan terhadap ketiga perangkat tersebut dilihat dari sisi pemakaian dan penggunaan yang paling sering dilakukan:

  1. Mengetik

Pada laptop input atau masukan yang dilakukan atau dari sisi penggunanya dilakukan dengan menggunakan keyboard dan mouse, beberapa jenis laptop sudah bisa menggunakan touch screen. Pada tablet dan smartphone selalu menggunakan touch screen.

Jika kita membeli laptop maka alternative pilihan saat mengetik, bisa dengan keyboard bisa juga dengan touchscreen. Sedangkan jika menggunakan tablet dan smartphone maka saat mengetik kita harus menggunakan sentuhan lembut jari-jari kita pada layar.

Bagi yang baru menggunakan tablet atau smartphone, mengetik dengan cara menyentuh layar rasanya cukup aneh apalagi dengan bidang sentuh yang sangat kecil, kadang membuat kita salah mengetik huruf. Jika menggunakan tablet dengan layar yang besar, 10 inch misalnya, bidang sentuh huruf-huruf lebih besar dan cukup lumayan untuk mengetik tulisan yang panjang.

Jika kegiatan mengetik cukup sering dan tulisan yang diketik cukup panjang dan banyak, maka sebaiknya anda menggunakan laptop saja dibanding menggunakan tablet.

  1. Ukuran dan tingkat mobilitas

Dimensi perangkat seperti tebal /tipis, panjang/lebar mempengaruhi berat dan kenyamanan saat dibawa kemana-mana. Meskipun laptop ada yang berukuran kecil namun cukup berat dan untuk dibawah ke mana-mana. Tablet adalah perangkan yang paling ideal untuk urusan mobilitas.

Ukuran layar tablet cukup besar namun ringan untuk dibawah meski dimensi masih terasa lebih besar dibanding smartphone. Jika aplikasi yang digunakan cukup terpenuhi dengan tablet maka lebih baik menggunakan tablet dibanding laptop.

  1. Program dan Apps

Aplikasi atau program yang dipakai pada laptop tergantung pada jenis operating sistem yang digunakan. Jenis OS Laptop sangat identik dengan produsen pembuatnya, laptop MacBook dari Apple biasanya sudah dilengkapi dengan OS bawaan, Mac OS. Kebanyakan Laptop PC diproduksi oleh bermacam-macam vendor selain Apple dan rata-rata menggunakan OS Windows dan bisa juga dipasangi Linux OS.

Biasanya aplikasi dan program yang digunakan pada ketiga jenis OS laptop ini tidak saling mendukung, artinya program yang jalan di OS windows tidak bisa jalan di OS linux atau Mac OS dan juga sebaliknya.

Untuk tablet dan smartphone, operating sistem yang jalan di kedua perangkat tersebut didominasi oleh Android, windows mobile dan Mac OS. Dengan perbedaan ini maka apps dan program yang bisa terpasang pada kedua jenis perangkat ini pun pastinya tidak saling mendukung.

Dari ketiga jenis perangkat ini memang laptop merupakan perangkat yang paling mungkin untuk dipasang atau diinstall dengan berbagai macam program yang power full karena didukung oleh kecepatan processor dan kapasitas RAM serta dimensi layar yang besar.

Keterbatasan layar dan keyboard /mouse menjadikan tablet dan smartphone tidak begitu nyaman untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu secara berlama-lama seperti yang biasa dijalankan pada laptop.

  1. Multimedia

Jika anda seorang pencinta music dan film maka ada beberapa pertimbangan yang mesti anda pikirkan. Laptop meskipun saat dinyalakan cukup lama namun memiliki media penyimpanan atau storage yang sangat besar bisa mencapai ukuran Tera Byte. Sedangkan Smartphone dan tablet sangat terbatas, cuma mencapai ukuran 128 atau 200 Giga Byte.

Jika anda punya koleksi movie yang banyak dengan ukuran file HD maka laptop adalah pilihan yang tepat. Namun jika anda lebih mementingkan sisi fleksibilitas saat menonton film kesukaan anda maka pilihlah tablet, dengan tablet anda akan lebih mudah menonton film atau video music sambil berbaring, sambil tidur-tiduran tanpa harus repot-repot memegang dan mengatur posisi perangkat seperti jika menggunakan laptop.

  1. Koneksi

Untuk urusan koneksi laptop adalah yang terbaik dibanding tablet dan smartphone. Laptop bisa terhubung ke jaringan dengan menggunakan koneksi kabel data dan juga tanpa kabel, bisa juga menggunakan modem untuk koneksi ke jaringan seluler.

Laptop juga bisa terkoneksi secara mudah ke perangkat tambahan seperti eksternal disk, kamera, printer dengan koneksi kabel dan juga tanpa kabel.

Tablet dan smartphone sangat terbatas koneksinya, untuk konek ke jaringan komputer hanya bisa menggunakan wifi dan jaringan seluler.

Untuk koneksi ke perangkat tambahan seperti printer dan kamera hanya bisa dilakukan dengan menggunakan koneksi tanpa kabel atau wifi. Jika tidak ada wifi pada printer dan kamera maka tablet atau smartphone tidak dapat terkoneksi.

Jika anda membutuhkan perangkat komputer yang memiliki kemampuan koneksi lengkap baik dengan media kabel maupun tanpa kabel maka pilihlah Laptop.

Kesimpulan

  • Laptop adalah perangkat yang paling serbaguna – Anda dapat menggunakannya untuk bekerja dan bermain, di rumah atau di mana saja.
  • Saat ini laptop sudah berjalan dengan prosesor Intel Core dengan kecepatan yang tinggi dan kapasitas RAM rata-rata 4GB, dengan spek seperti ini maka laptop lebih bagus dalam beroperasi secara multi-tasking secara cepat, hal ini tentunya tidak ditemui pada tablet.
  • Kapasitas ruang penyimpanan pada laptop jauh lebih besar dari tablet dan smartphone.
  • Tampilan website pada browser yang jalan di tablet dan smartphone adalah versi mobile dan bukan versi full seperti yang ditampilkan pada browser yang jalan di laptop. Selain itu tidak semua situs atau website lancar jika diakses dengan tablet.
  • Keterbatasan hardware pada tablet dan smartphone membuat kedua perangkat itu sulit untuk terhubung dengan perangkat lain. Termasuk ketika mengetik dan menginput informasi, prosesnya menjadi lebih sulit karena layar yang lebih kecil dan tidak ada keyboard.

Namun demikian, tablet masih memiliki kelebihan dibanding laptop antara lain:

  • Tablet lebih praktis dan lebih mudah digunakan untuk hiburan dan browsing internet.
  • Daya tahan baterai lebih lama, bisa menggunakan cadangan power bank.
  • Tablet lebih ringan, membuat penggunanya lebih mudah untuk menonton bahkan sambil berdiri di kereta atau bersantai di sofa Anda.
  • Tablet tidak perlu dimatikan jika tidak digunakan, cukup distanby saja.
  • Jika terburu-buru melakukan aktivitas seperti mengecek email maka tablet bisa diandalkan untuk urusan tersebut. Tablet lebih cepat dinyalakan dan proses startup-nya lebih singkat dari laptop sehingga bisa dengan cepat untuk digunakan.

Latest Comments
  1. supri May 24, 2015
  2. norisanto May 24, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *