Kategori Jenis Laptop Yang Mesti Dipahami Sebelum Membeli

Jangan heran kalau komputer notebook atau laptop trend-nya sudah seperti trend dunia fasion, notebook jaman sekarang sudah hadir dengan berbagai macam jenis, layaknya pakaian yang terdiri atas pakian untuk ke bekerja di kantor, untuk di rumah untuk ke sekolah,  begitu juga dengan notebook yang tidak ketinggalan dan kini hadir dengan beragam jenis.

Ketika akan membeli laptop sebaiknya kita mengetahui apa saja keperluan dan kebutuhan kita terhadap laptop tersebut, berikut ini merupakan pengelompokan jenis-jenis laptop yang bisa menjadi acuan kita dalam menentukan laptop atau notebook seperti apa yang harus dibeli.

1.    Ultrabook
Ultra book adalah laptop kelas highend atau super canggih dengan disain yang lebih tipis dan ringan dari laptop biasa namun performanya sangat luar biasa.  Untuk siapa laptop ultrabook cocok dipakai?
Ultrabook dipersembahkan bagi pengguna komputer laptop yang senang bepergian atau dengan tingkat mobolitas yang sangat tinggi, hal ini didukung oleh spesifikasi ultrabook yang ramping, tipis dan ringan serta ketahanan battery yang mencapi 4 sampai 5 jam.

Ultrabook juga menawarkan kecepatan proses komputasi yang di atas rata-rata laptop biasa, kelebihan ini cukup beralasan karena ultrabook menggunakan hardisk jenis SSD yang selain cepat untuk membaca dan menulis data namun juga tahan terhadap goncangan dan faktor lainnya.

Kelemahan ultrabook adalah harganya yang mahal dan juga media penyimpanan SSD yang relative kecil dibanding notebook yang memakai media penyimpanan jenis HDD.

2.    Touchscreen Notebook
Latop Touchscreen merupakan jenis laptop yang layar monitornya proses eksekusi program atau pengoperasiannya dilakukan dengan melakukan sentuhan pada layar monitor. Biasanya proses eksekusi dan operasional komputer yang dijalankan oleh penggunanya dilakukan dengan menggunakan  mouse atau keyboard.

Laptop Touchscreen  cara pengoperasiannya sama dengan smartphone di mana fisik hardware mouse dan keyboard digantikan dengan sentuhan pada layar. Namun berbeda dengan smartphone laptop Touchscreen masih menyediakan fisik dari mouse dan keyboard laptop tersebut.

Notebook Touchscreen memiliki keuntungan antara lain:
a.    Proses pengoperasian menjadi lebih mudah dan cepat, langsung dilakukan dengan menyentuh layar.
b.    Notebook jenis Touchscreen biasanya dilengkapi dengan processor yang kencang dan serta teknologi terbaru lainnya meskipun beberapa Vendor menyediakannya dengan spek yang standar. 
c.    Laptop yang menggunakan sistem operasi windows 8 sangat mudah dioperasikan jika menggukan touchscreen dibanding jika menggunakan mouse dan keyboard fisik.

Kekurangan dari notebook Touchscreen adalah tidak semua operating system yang cocok atau tepat dipakai dengan sistem sentuh layar atau touchscreen. Sistem operasi windows 8 merupakan salah satu OS yang dirancang untuk dipakai oleh laptop dengan Touchscreen.  Selain itu kelemahan laptop touchscreen lebih mahal dibanding laptop biasa.

3.    High Performance
Laptop dengan kategori High Performance  memiliki spesifikasi hardware yang paling bagus, maksudnya adalah beberapa komponen utama laptop memiliki spesifikasi yang tinggi namun tidak dilengkapi dengan fitur seperti ultrabook atau touchscreen. 

Berikut adalah contoh komponen dari  laptop jenis High Performance  yang tinggi juga speknya.
a.    Processor biasanya  menggunakan i7 terbaru.
b.    Memory menggunakan memory generasi terbaru dengan kapasitas yang besar
c.    Hardisk menggunakan teknologi terbaru dengan kapasitas 1 TB
d.    Optical dirve menggunakan blu-ray bukan DVD
e.    Video graphic menggunakan teknologi terbaru dari merk ternama dengan kapasitas yang besar.

Pemilihan laptop jenis ini haruslah didukung dengan kebutuhan yang tinggi juga terhadap kebutuhan komputasi, perancang grafis, programmer, aplikasi game berat atau high performance gaming  dan video editing merupakan pekerjaan yang sangat butuh laptop jenis ini. Jika pemakaiannya biasa-biasa saja untuk aktivitas administrasi kantor maka sebaiknya tidak memilih laptop ini. Harga laptop jenis ini sangat mahal dan jika tidak optimal pemakaiannya maka sungguh sayang pengeluran anda untuk pengadaan jenis laptop ini.

4.    Standard Performance
Notebook atau laptop jenis standar biasanya dipakai untuk kebutuhan komputasi yang standar, seperti aplikasi Office, aplikasi email, support koneksi ke jaringan, browsing, music dan video.

Berikut adalah contoh komponen dari  laptop jenis Standar Performance  yang standar juga speknya.
a.    Processor biasanya  menggunakan standar tidak tinggi sekali, misalnya intel Celeron, intel atom sampai intel  i3.
b.    Memory menggunakan kapasitas yang standar tidak lebih dari 4 GB.
c.    Hardisk menggunakan teknologi standar dengan kapasitas tidak lebih dari 1 TB
d.    Optical dirve menggunakan DVD ROM atau DVD RW
e.    Video graphic menggunakan teknologi standar kapasitas memory share atau dedicated tapi standard kapasitasnya rata-rata 1 GB.
f.    Pastikan bahwa koneksi nya sudah tersedia koneksi wifi

Notebook jenis ini cocok untuk user dalam melakukan  kegiatan kantor dengan program yang standar seperti email , music & Video player dan juga office. Cocok juga bagi mahasiswa yang menggunakannya untuk kebutuhan browsing dan aplikasi standar lainnya dan gaming standard.  Bagi mahasiswa yang membutuhkan kemampuan grafis yang tinggi, laptop jenis ini tidak cocok.

Sebagai kesimpulan, sedikit saran kepada anda yang ingin segera memiliki laptop adalah pastikan dahulu kebutuhan dan apa saja yang anda lakukan dengan laptop yang mau anda beli, sertakan aplikasi apa yang sering anda pakai nanti dengan laptop tersebut, ingat laptop berbeda dengan PC desktop yang bisa dengan mudah diganti-ganti komponennya, laptop komponennya mahal dan sulit untuk diganti-ganti begitu saja, jadi pastikan anda tidak salah atau keliru dalam menentukan keputusan.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/dailypic/3058691111/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share