Mengapa Saya Senang Menggunakan Smartphone Windows

Mengapa Saya Menggunakan Smartphone MicrosoftSalah satu cara untuk move on dari musibah kehilangan handphone adalah segera secepatnya membeli dan memakai smartphone.

Setelah kehilangan handphone maka kali ini saya putuskan untuk membeli dan memggunakan smartphone produksi Microsoft yang berjalan dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1.

Pilihan saya jatuh pada Microsoft Lumia 640 XL, handphone ini jelas berbeda dengan Samsung Galaxy Note II yang hilang, yang menggunakan Sistem Operasi Android.

Sistem operasi Android dan Windows Phone jelas berbeda, perbedaannya cukup banyak, mulai dari cara mengoperasikan, aplikasi yang jalan pada ke dua OS sampai hardware handphone pun berbeda.

Tidak seperti pada komputer PC yang bisa dipasang OS lain selain MS Windows,  Smartphone android tidak bisa diinstall dengan OS Windows Phone dan juga sebaliknya smartphone Windows tidak bisa berjalan dengan OS Android.

Sudah sekitar dua bulan saya menggunakan smartphone Lumia 640 XL, saya memang tidak langsung membuat tulisan review-nya.  Ketika pertama kali membeli,saya sendiri tidak yakin dengan handphone ini.

Jujur saja ketika membeli saya merasa sedikit berjudi dengan handphone ini, apalagi dengan harga 3 juta rupiah.

Namun setelah satu bulan berjalan saya merasa bahwa handphone ini performanya sangat bagus dengan harga 3 juta rupiah.

Berikut alasan lengkapnya kenapa saya puas menggunakan Lumia 640 XL:

 1.    Lebar layarnya membuat mata cukup nyaman

Saat browsing dan baca ebook, layar selebar 5.7” ini cukup lega untuk membaca tulisan yang ada dilayar.

Kata orang, kalau mau lega yang sekalian saja beli tablet yang layarnya jauh lebih lebar, tablet dimensinya besar, tidak mudah disimpan di kantong pakian saat bepergian. Lumia 640 XL tidak membuat kantong baju anda sesak saat disimpan di situ.

2.    Hardware-nya ringan

Seorang teman yang notabene Android mania penasaran dengan windows phone, beliau kemudian mencoba Lumia 640 XL.

Komentar pertama yang langsung terlontar adalah perangkat handphone ini sangat ringan, dibanding handphone android yang dipakainya.

Yang saya rasakan juga sama ketika menaruh hp tersebut di kantung baju tidak terasa ada beban berlebih di sebelah sisi baju yang tersimpan hp. Sangat terasa bedanya ketika menaruh Galaxy Note II di kantung baju, terasa lebih berat.

3.    Dengan Rp 3 juta dapat Kamera 13 Mega Pixel, cukup membahagiakan

Terus terang untuk urusan kamera smartphone, hasil karya Samsung Galaxy Note sangat bagus,  tetapi kita mesti mengeluarkan uang seharga 7 juta untuk itu.

Lumia menawarkan kamera 13 MP seharga 3 juta, jelas pilih lumia. Untuk hasilnya bagi saya tidak mengecewakan, cukup baik, serasa masih menggunakan Samsung Galaxy Note. Hahahaha…

4.    Sistem Operasi Windows dan cara menjalankannya.

Secara dasar pengoperasian smartphone windows tidak berbeda dengan Smartphone Android, sama-sama menggunakan sentuhan pada layar. Yang berbeda adalah tampilan menu yang berbeda dengan HP android.

Pada Android terdapat banyak bagian atau sub menu yang cukup membingungkan. Sedangkan pada windows phone semua menu terdapat hanya pada satu bagian dan kita tinggal membuat semacam shortcut untuk ditaruh atau diletakkan pada layar utama.

Kondisinya sangat mirip dengan system operasi komputer MS windows yang jalan di komputer PC atau desktop.

Pada layar utama desktop windows terdapat banyak shortcut program yang tinggal diklik jika ingin menjalankannya.

Pada windows phone juga sama, pada layar utama terdapat shortcut yang bisa diatur untuk dipasang atau dilepas sesuai kemauan kita.

Tidak semua program secara default terpasang pada layar utama sebagai shortcut, kita bisa mengatur program atau bagian dari program untuk bisa ditempatkan di layar utama.

Tujuannya adalah untuk mempermudah penggunanya menjalankan program tersebut.

5.    Aplikasi yang sudah disupport atau bisa jalan di Windows Phone

Terus terang kalau untuk aplikasi windows phone cukup mengecewakan, banyak aplikasi  Android yang tidak bisa jalan windows phone.

Tidak banyak pembuat aplikasi yang mau membuatkan aplikasi-aplikasi bagus untuk dipakai di Windows, mereka lebih suka membuatnya untuk Android karena penggunanya yang banyak.

Tapi kita masih bisa tersenyum karena semua aplikasi  Microsoft Office untuk smartphone bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Secara system Windows Phone memang dibuat agar Aplikasi-aplikasi yang ada tidak banyak yang jalan di belakang atau menggunakan background proses, jika ada pun kita dengan mudah untuk menutupnya.

6.    Ketahanan Battery

Secara spesifikasi smartphone Lumia 640 XL dilengkapi dengan battery sebesar 3000 mAh. Ketika membeli saya tidak terlalu permasalahkan ketahanan battery, karena menurut saya data pada spesifikasi lebih banyak bohongnya dari pada benarnya.

Namun setelah beberapa minggu menggunakan Hp ini saya merasa bahwa batterynya cukup tahan lama, tidak cepat habis. Sekedar info saja, saya menggunakan paket internet yang  hanya support jaringan 3G, dan itu tentunnya sangat menguras tenaga battery.

Namun kondisi itu tidak berlaku bagi lumia 640, batterynya jauh lebih tahan dibanding ketika menggunakan Samsung Galaxy Note II.

Dengan Lumia saya biasanya mengisi tenaga battery dua hari sekali untuk pemakaian normal, seperti cek email, standby FB, WA, BBM, baca ebook.

Untuk menonton film resolusi sedang selama 45 menit sampai 1 jam, daya battery berkurang sekitar 5%.

Untuk battery, performa Lumia 640 XL  bagus sekali.

7.    Daya tangkap sinyal

Kemampuan menangkap sinyal LUmia 640 sangat luar biasa, saya sering melewati daerah yang sinyal providernya  kurang begitu bagus. Ketika menggunakan Samsung Galaxy tangkapan sinyalnya antara satu bar atau tidak ada sinyal sama sekali.

Dengan Lumia saya hampir tidak pernah mengalami no Signal. Proses recovery dari kondisi tidak ada sinyal ke kondisi ada sinyal pun berlangsung sangat cepat dan tidak pernah membuat Hp sampai harus di-restart.

8.    Support sampai 128 GB Memory SD

Kesimpulan.

Secara keseluruhan, hal-hal yang membuat saya cukup puas menggunakan Lumia 640 XL adalah:

– Harganya yang sedang, tidak mahal
– Hardware perangkat sangat ringan
– Kameranya luar biasa, 13 MP
– Background proses dari aplikasi yang tidak banyak
– Mudah dipakai karena secara prinsip dasar pengoperasian tidak jauh berbeda dengan Smartphone Android
– Daya tahan battery yang bagus
– Aplikasi Office cukup bagus dan didapat secara gratis
– Daya tangkap sinyal yang luar biasa bagus
– Bisa dipasang atau support Micro SD sampai 128 GB

Namun kelemahannya ada beberapa:

–    Butuh pengetahuan lebih tentang komputer dan aplikasi tambahan untuk melakukan konfigurasi atau setting yang sifatnya advanced
–    Aplikasinya tidak selengkap di Android
–    Secara default tidak ada pilihan untuk mendownload aplikasi yang datanya besar melalui jaringan seluler dan hanya tersedia pilihan download melalui Wifi, konon harus menunggu upgrade ke windows 10 baru ada fitur tersebut

Share
Latest Comments
  1. Ega gadhi bashar December 3, 2016
    • Anto December 5, 2016
  2. Fauzi August 26, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share