Pengalaman Membeli Laptop Di Jaman Yang Serba Online Saat Ini

Dalam posting kali saya akan bercerita tentang pengalaman saya berburu dan berbelanja laptop. Kira-kira dua bulan yang lalu atasan di kantor memberitahukan bahwa akan ada program Notebook Ownership Program atau NOP.

NOP ini adalah program kepemilikan Notebook atau laptop yang disediakan oleh kantor kepada karyawan dengan masa kerja di atas 1 tahun, dalam program pihak kantor memberikan subsidi atau bantuan kepada karyawan.

Di kantor saya, subsidi atau bantuan yang diberikan adalah sebesar 60 persen dari total harga pembelian unit notebook, 40 persen sisa-nya ditanggung oleh karyawan dengan mencicil selama 18 bulan. Dengan catatan harga notebook tidak lebih dari 10 Jt rupiah, jika lebih maka kelebihannya ditanggung sendiri oleh karyawan tersebut.

Saya lalu mengajukan surat permohonan dengan menyertakan spek laptop yang akan dibeli beserta perkiraan harga belinya. Tapi karena belum tahu spek laptop yang mau dibeli maka saya lalu melakukan perburuan di internet.

Sulitnya menentukan pilihan laptop yang mau dibeli.

Penawaran dari berbagai merk dan type membuat pilihan akan laptop yang ingin dibeli begitu sulit. Terlalu banyak type dari tiap-tiap merk vendor Notebook membuat pencarian seperti mencari jarum dalam jerami.

Belum lagi ditambah adanya kehadiran vendor baru seperti Samsung dan Xiaomi yang menawarkan laptop super tipis dan keren. Tapi saran saya, untuk mempermudah kita dalam menentukan laptop yang akan dibeli maka sebaiknya kita tentukan seperti apa kriteria-kriteria laptop yang ingin dibeli.

Berikut kriteria laptop yang saya tentukan agar tidak membingungkan memilih merk dan type laptop.

  1. Processor: Intel atau AMD

Kalau pilihan kita adalah intel, maka tentukan jenis processornya apa yang kita maui; Apakah i7, i5 atau i3 atau yang type M. Saya pilih i3 atau i5 karena saya ingin processor intel yang cukup powerfull tapi harganya tidak lebih dari 10 juta.

  1. Ukuran layar dan berat laptop

Menurut saya laptop yang ideal itu adalah yang ukuran layarnya tidak terlalu kecil, minimal 13 atau 14 inci. Layar ukuran 15 inci atau lebih sangat bagus, tapi biasanya laptop seperti itu memiliki berat yang cukup membebani pemiliknya ketika dibawah ke sana kemari. Saya putuskan untuk membeli laptop dengan ukuran 13,3 inci atau yang 14,1 inci, di luar dari ukuran itu saya tidak berminat, apapun speknya. Berat laptop pun saya batasi yang hanya kurang dari 2 kg saja. Hmmm bingung juga cari laptop seperti itu, ukuran 14 inci tapi berat kurang dari 2 Kg dan harga kurang dari 10 Jt.

  1. Brand atau merk

Agar kita tidak dipusingkan dengan banyaknya pilihan laptop dari berbagai merk maka saya putuskan bahwa laptop yang akan dibeli hanya bermerk ASUS atau Lenovo saja. Merk lain hanya sebagai alternative saja jika tidak pilihan lagi.

Memburu laptop yang akan dibeli.

Saya kemudian mencari dengan browsing di internet, website yang paling pertama saya tuju adalah Viraindo.com dan bhineka.com. Untuk melihat spesifikasi detail dari jenis laptop yang akan dibeli, saya berkunjung ke web site resmi dari Asus dan Lenovo serta Intel.com. Pilihan terbaik. Setelah 1 bulan mencari, menimbang dan membandingkan akhirnya pilihan saya jatuh ke merk Asus, typenya adalah K401U.

Apa kelebihan Asus K401U?

  1. Processornya adalah intel i5 7200U

Processor ini memiliki kecepatan 2,5 GHz dan dapat berkerja sampai kecepatan 3,1 GHz. Procie ini adalah generasi terbaru atau generasi ke7 dan memproses data secara 64 bit. Sudah Support virtualisasi, ini fitur yang paling saya incar.

  1. Menggunakan RAM DDR4

RAM DDR4 adalah RAM terbaru yang berkecepatan paling tinggi saat ini.

  1. VGA display terpasang ada 2, Intel HD Graphic dan NVIDIA Geforce 940MX.

Spek VGA seperti ini katanya sangat bagus dan paling kekinian untuk laptop. Tunggu apa lagi?

  1. Layar 14 inci

Layar 14 inci itu tidak besar dan tidak kecil-kecil amat, cukup untuk MS Office dan juga main game( hahahaha ).

  1. HDD 1 Tera byte

Hardisk terpasang adalah jenis HDD dan juga bisa dipasang SSD karena terdapat port SSD. Untuk yang terpasang saat kita beli adalah jenis HDD dengan ukuran sebesar 1 Tera byte atau 1000 Giga byte.

  1. Tidak ada DVD RW

Bagi sebagian orang mungkin tidak adanya DVD RW pada computer cukup berpengaruh dan mengurangi minat, tapi bagi saya justru saya sangat tidak menginginkan kehadiran DVD RW di laptop karena sudah jarang atau bahkan tidak terpakai sama sekali. Untuk kebutuhan instalasi lebih baik dan lebih cepat memakai USB Flashdisk. Jadi tidak adanya DVD adalah berkat buat saya dalam memilih laptop ini.

  1. Berat laptop

Berat total Asus K401U cukup mencengangkan yaitu  hanya 1,65 Kg saja. Sangat ringan untuk laptop dengan layar 14 Inci.

  1. Harga

Harganya tanpa OS adalah 7,7 Juta. Karena masih jauh dari 10 juta rupiah maka saya putuskan untuk menambah RAM sebesar 8 GB sehingga total RAM terpasang adalah 12 GB. Total harga yang tertera di kwuitansi adalah sebesar 8,5 Juta rupiah.

Belanja online atau datang ke toko.

Setelah sudah yakin dengan merk dan type laptop yang mau dibeli maka saya lalu mengkonfirmasikan ke toko viraindo di mangga dua mall apakah mereka mempunyai stok atau tidak.

Ternyata tidak ada stock. Saya lalu putuskan untuk memburu laptop ini di bukalapak.com dan ternyata ada pelapak yang memiliki stok Asus K401U.

Setelah berbincang dengan pihak pelapak saya tanyakan di mana toko offlinenya, ia pun tidak langsung memberikan alamatnya, alamatnya akan diberikan mendekati waktu saya akan ke toko tersebut. Setelah uang  pembelian dari kantor cair, saya pun mengontak pihak toko dan diberikan alamatnya. Saya lalu datang ke sana.

Untungnya berbelanja dengan mendatangi langsung toko komputer.

Ketika berada di toko,kita bisa mengecek langsung kondisi barang. Ketika proses upgrade RAM berlangsung saya bisa langsung menyaksikan teknisi toko mengupgradenya. Tidak ada kecurigaan, semuanya jelas transparan, kondisi ini akan sedikit berbeda jika kita tidak berada di toko karena membeli secara online.

Demikian pengalaman saya, bagi anda yang ingin membeli laptop dengan harga kurang dari 10 juta tapi dengan spesifikasi yang powerfull, maka saya sarankan merk ASUS seri Asus K401U.

Share
Latest Comments
  1. Feris May 30, 2017
    • Anto May 30, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share