Seperti Apa Internal Hardisk SSD Yang Begitu Menarik Minat

Secara fisik, sekilas tampilannya sama seperti sebuah RAM atau memory DDR, tapi begitu dicermati komponen komputer yang mirip RAM itu ternyata adalah sebuah hardisk SSD internal.

Sebagai pengguna komputer yang senang melakukan bongkar pasang hardware, penampilan dan spesifikasi SSD internal ini cukup menarik minat, tidak saja karena bentuk dan modelnya yang kecil dan tipis tapi juga kemampuan dan efisiensi kinerjanya yang begitu menarik untuk dicoba.

SSD internal yang dimaksud, yang menjadi impian setiap pemilik komputer adalah SAMSUNG 950 PRO M.2 2280 512GB PCI-Express 3.0 x4 Internal Solid State Drive (SSD) MZ-V5P512BW.

Dengan kapasitas 512 GByte maka hardisk ini terbilang cukup kecil untuk menampung kebutuhan data yang semakin hari semakin besar.

Meskipun pihak produsen mendeklarasikan beragam fitur yang menarik namun sebagai pengguna komputer ada beberapa hal yang menurut pandangan pridadi saya sangat menarik dari SSD Samsung ini untuk dibahas dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membeli SSD ini.

1.    Efisien dan daya tahan yang tinggi

Sebagaimana diklaim oleh pihak Samsung bahwa produk ini memiliki Mean time between failures atau MTBF sebanyak 1,5 juta jam atau setara dengan 171 tahun, Wooow. MTBF adalah lama waktu yang  diperkirakan SSD ini akan mengalami kegagalan saat bekerja atau beroperasi.

Dibuat dengan form factor M.2 menjadi SSD ini adalah hardisk paling hemat energy, dengan perbandingan atau selisih 10 watt dengan HDD 7200 RPM atau 15 Watt dengan SSD PCIe lainnya.

2.    Butuh Mobo terbaru yang support PCIe 3.0

Jika komputer anda masih menggunakan motherboard lama yang tidak support PCIe 3.0 x 4, M.2 Gen 3 maka sebaiknya anda lupakan saja untuk menggunakan SSD Samsung ini. Tapi kalau anda penasaran ingin mencoba maka segera upgrade dulu motherboard anda.

Upgrade mobo itu biasanya diikuti dengan upgrade komponen lainnya seperti ganti RAM atau ganti processor, wah bisa-bisa ganti total alias beli baru. Karena memang SSD ini lebih diperuntukan untuk komputer PC high-end untuk para professional.

3.    Inilah SSD generasi terbaru

Bukan basa-basi kalau SSD Samsung ini diklaim sebagai SSD generasi terkini. Dilengkapi interface NVMe yang dapat meningkatkan bandwidth, 950 PRO sangat ideal untuk pengguna dengan beban kerja yang lebih besar, seperti desain grafis, proses analisis data yang kompleks dan simulasi engineering.

Kecepatannya dalam membaca adalah 2500 MB/s atau 4,5 kali melebihi SATA SSD dan  saat sedang menulis kecepatannya adalah 1500 MB/s atau setara 2,5 kali kecepatan SATA SSD.

4.    Tetap hemat energy meski bekerja pada beban puncak

Saat melakukan pekerjaan berat seperti analisa data yang kompleks dan simulasi teknik maka pastinya akan butuh energy yang besar, jika anda menggunakan laptop maka battery laptop akan cepat terkuras habis.

SSD buatan Samsung ini mengkonsumsi daya listrik hanya 5.7W pada beban kerja maksimal, ini membuat SSD  950 PRO dapat menghemat baterai dan tetap menjaga kinerjanya saat bekerja dengan beban maksimum. Saat standby, 950 PRO hanya mengkonsumsi  daya sebesar 2,0 miliwatt  atau 0,002W.

Anda tertarik? Harga SSD ini di website newegg.com dihargai sekitar 315 US dollar atau setara 4 jt rupiah.

Sumber : newegg.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *