Tips Anti Galau Saat Beli Laptop

Saat akan menentukan laptop apa yang paling tepat untuk dibeli, maka saat itu adalah saat yang paling menggalaukan dan membingungkan. Tapi dengan tips dari saya berikut ini maka yakin anda pasti akan melewati proses memilih dan menentukan laptop dengan tenang, cepat, tepat dan tidak galau lagi.

Tips ini saya dapat dari pengalaman pribadi, pengalaman yang saya rasakan langsung, bukan dari pengalaman orang.

Begini tipsnya;

  1. Tentukan apakah laptop yang mau dibeli itu ringan, gampang dibawa-bawa atau yang berat dan repot kalau dibawa ke mana-mana.

Ini salah satu dilema yang paling sering dialami, segera putuskan apakah laptop ringan atau laptop yang berat? Pertimbangannya, menurut pengalaman saya kalau laptop yang berat, di atas 2 Kg kemungkinan akan membuat kita malas dan sangat menguras tenaga ketika membawanya kemana-mana.

Laptop itu lebih baik ringan karena enak dibawa-bawa dan tidak menguras tenaga, apalagi kalau naik kendaraan umum. Membawa laptop yang berat naik angkutan umum sangat membebani perjalanan kita.

Jadi menurut saya, pertimbangan pertama membeli laptop itu harus yang ringan. Kriteria laptop ringan itu adalah kurang dari 2 Kg.

  1. Dipakai untuk apa laptop itu?

Ada 3 pilihan yang harus kita tentukan soal performa atau kemampuan laptop yang hendak kita beli. Pilihan itu adalah:

  1. Apakah laptop tersebut untuk mengerjakan fungsi komputasi yang biasa-biasa saja seperti menjalankan aplikasi office, menonton film atau mendengar musik serta untuk browsing-browsing internet?
  2. Apakah laptop itu dipakai untuk bermain game yang berat, untuk mengedit video, desain grafis atau kegiatan lainnya yang sangat menguras sumber daya Laptop?
  3. Apakah anda mencari laptop dengan kemampuan yang tinggi seperti point 2b, performa maksimal, dapat mengerjakan fungsi komputasi yang super berat, memiliki desain yang elegan, ringan dan super keren?

Pilihan ini harus segera diputuskan karena akan menentukan bianya yang anda butuhkan untuk membeli laptop.

Sebagai gambaran, jika anda butuh laptop yang performanya bagus maka kesampingkan desain laptop yang super tipis, elegan dan sebagainya.

Ada banyak pilihan laptop yang performanya bagus, processornya sudah generasi terbaru, VGAnya cukup bagus, dan RAMnya berkapasitas cukup, tapi dengan desain tampilan yang biasa…

Saya rasa lebih baik pilih yang seperti ini karena inilah fungsi utama dari sebuah laptop. Desain yang elegan cuma pemanis saja dan tidak terlalu banyak berkaitan dengan performa sebuah laptop.

  1. Dana yang anda miliki

Dari segi harga, laptop itu terbagi atas dua kelas yaitu yang kurang dari 10 juta rupiah dan di atas 10 juta rupiah. Tentukan segera batas maksimum uang yang mesti dikeluarkan untuk laptop, jika anda tidak menentukan batasan dana yang mau dikeluarkan maka anda akan semakin dibuat galau dan frustasi saat memilih laptop yang akan dibeli.

Kalau anda mau cari laptop yang kurang dari 10 juta maka jenis laptop yang bisa anda dapatkan adalah jenis laptop yang masuk dalam kriteria pilihan poin 2a dan anda masih bisa mendapatkan beberapa merk laptop yang masuk kriteria point 2b di atas.

Tapi jika anda punya dana di atas 10 juta atau bahwa lebih dari 20 juta maka pilihan point 2c adalah sudah pasti anda dapatkan.

Tentukan mana laptop yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan, jika hanya keinginan saja maka semahal apapun laptop tersebut tentunya akan mubzir saat digunakan.

Ini yang sering membuat orang menyesal membeli laptop yang mahal tapi tidak terpakai secara maksimal.

  1. Non Os atau dengan OS

Lebih baik pilih laptop tanpa OS karena harganya lebih murah, bisa selisih 1 sampai 1,5 juta dengan laptop yang ber-OS.

  1. Jangan berpatokan pada ukuran layar dalam menentukan laptop yang hendak dibeli

Ukuran layar selalu identik dengan berat atau ringannya sebuah laptop, tapi itu dulu. Saat ini laptop dengan layar 14 incih pun memiliki berat yang ringan, kurang dari 2 Kg, bahkan ada yang bobotnya mencapai 1,6 Kg.

  1. Cek lamanya garansi laptop

Semakin lama masa garansi laptop maka segera jatuhkan pilihan ke laptop tersebut.

  1. Secepatnya tentukan pilihan, jangan terlalu sering dan berlama-lama menonton review laptop di youtube

Semakin sering anda menonton review laptop di youtube maka akan semakin galau anda, hal ini karena review laptop di youtube akan membuat kita semakin bingung menentukan pilihan.

Banyak review yang ditawarkan dan tidak sesuai dengan dana maupun spesifikasi yang kita inginkan.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share