Tips Membeli Laptop Yang Tepat Untuk dipakai Pelajar dan Mahasiswa

SONY DSCMemang tidak mudah menentukan seperti apa laptop yang cocok untuk dibeli atau direkomendasikan kepada para orang tua yang ingin membelikan buat anak mereka yang masih di bangku sekolah atau kuliah.

Jika anda sedang mencari informasi atau masukan, saran terkait seperti apa laptop yang tepat untuk digunakan oleh para pelajar mahasiswa maka teruslah membaca artikel ini.

Ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan dalam membeli laptop bagi putra-putri anda, antara lain seperti berikut ini:

  1. Battery yang tahan lama

Jaman sekarang adalah jaman premium, semuanya serba bayar termasuk yang namanya listrik. Biasanya di kampus mungkin disiapkan beberapa stop kontak untuk mengecas handphone dan tablet.

Tentunya tidak semua mahasiswa mendapatkan masing-masing satu stop kontak untuk mengecas battery laptopnya. Pastinya para mahasiswa haruslah berbagi dengan teman-temannya dengan mengantri untuk mendapatkan giliran mengisi ulang baterey laptop yang sudah kosong.

Salah satu langkah antisipasi agar anak anda agar tidak lama mengantri adalah dengan mencari laptop yang memiliki baterei dengan kemampuan tahan lama atau mencari laptop yang memiliki processor yang hemat pemakaian listrik. Processor-processor generasi ke 4 dari Intel biasanya sudah hemat energy.

  1. Dimensi dan berat Laptop

Aktivitas mahasiswa dan pelajar berbeda dengan pegawai kantoran yang rata-rata lebih banyak menghabiskan waktu dibelakang meja, mahasiswa pelajar jauh lebih aktif selama beraktivitas di kampus dan sekolah. Tingginya mobilitas mahasiswa menjadikan kebutuhan akan laptop yang ringan adalah sebuah tuntutan yang mesti dipenuhi.

Laptop yang ringan biasanya memiliki konsekuensi lain terkait kinerja dari perangkat itu. Pastinya ada beberapa spek hardware yang mesti dikurangi untuk mendukung tuntutan akan laptop ringan.

Jadi dimensi laptop yang tepat bagi para pelajar mahasiswa adalah yang mesti memiliki ukuran layar kurang dari 15 inci dan berat perangkat harus tidak lebih dari 2 kg.

  1. Screen Size atau ukuran layar.

Menurut saya, laptop yang tepat bagi mahasiswa adalah yang memiliki layar berukuran 13 inci atau 14 inci. Laptop dengan ukuran layar dibawah 11 inci akan menyulitkan penggunanya dalam melihat tampilan layar secara jelas.

Sedangkan laptop dengan ukuran layar lebih di atas 15 inci akan mempengaruhi dimensi dan berat laptop secara keseluruhan. Laptop 15 inci pastinya akan menjadi lebih berat dan tidak nyaman untuk dibawa ke sana kemari, sesuai dengan aktifitas para mahasiswa pelajar di sekolah dan kampus.

Kelebihan laptop dengan layar yang besar adalah agar para mahasiswa dan pelajar yang biasanya menghabiskan waktu di depan laptop dengan beberapa kegiatan, antara lain seperti browsing, menjalankan aplikasi office untuk mengerjakan tugas sekolah, mengobrol via chat, mendengar music dan menonton film lebih nyaman dalam melakukan kegiatan tersebut.

Layar yang lebih besar memungkinkan penggunanya untuk bisa lebih leluasa melihat beberapa window dari aplikasi yang sedang dijalankan ini secara bersamaan. Ukuran layar laptop yang paling pas adalah ukuran di atas 14 inci. Semakin besar semakin baik, namun makin besar layarnya maka semakin berat laptop tersebut.

  1. Keyboard dan mouse yang nyaman

Lingkungan di mana para mahasiswa pengguna laptop menghabiskan waktu mereka adalah di lingkungan yang tentu berbeda dengan pegawai kantoran, terutama jika dilihat dari sisi pencahayaan, lebih banyak waktu di mana mereka, para pelajar mahasiswa, habiskan di ruang kelas yang redup atau di luar ruang kelas yang tidak dilengkapi meja yang nyaman atau di kantin dengan pencahayaan yang kurang.

Dengan kondisi seperti ini maka ada baiknya para orang tua memilih laptop yang memiliki keyboard yang nyaman untuk mengetik, bila perlu dilengkapi dengan lampu backlit yang memungkinkan penggunanya jelas melihat tulisan huruf yang tertera pada keyboard saat berada dalam ruang yang gelap atau kurang cahaya. Untuk mouse mungkin bisa dipertimbangkan dengan menambah mouse external yang tidak menggunakan kabel alias wireless.

  1. Software pengaman

Mahasiswa dan pelajar memiliki ruang pertemanan yang tidak terbatas, teman-teman dengan berbagai latar belakang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam menggunakan komputer mereka, terutama saat terkoneksi ke internet.

Berbeda dengan para pengguna kantoran yang rata-rata seragam atau hampir sama ruang aktivitas mereka dan terbatas pada apa yang sudah diatur pada aturan kantor.

Misalnya situs-situs banyak yang dibatasi, kuota internet yang terbatas. Karena kesibukan dengan pekerjaan maka tidak banyak juga waktu dipakai untuk mengekplorasi situs-situs di internet, beda dengan mahasiswa yang memiliki waktu yang sangat banyak dan bebas mengeksplor situs-situs kapan dan di mana saja.

Kondisi ini membuat komputer para mahasiswa pelajar sangat rentan terhadap serangan malware seperti virus. Untuk mengantisipasi kondisi ini maka pikirkan juga untuk menyiapkan software pengaman system operasi seperti anti virus agar system operasi yang ada di laptop tidak mudah terserang gangguan virus yang sifatnya merusak.

  1. Koneksi jaringan

Yang terpenting adalah adanya koneksi jaringan pada laptop tersebut, baik itu koneksi melalui kabel atau koneksi tanpa kabel, tidak masalah, harus ada koneksi. Rata-rata pada semua jenis laptop sudah tersedia dengan koneksi kabel dan koneksi Wifi. Untuk tingkatan mahasiswa dan pelajar, tersedianya koneksi wifi dan kabel pada laptop mereka sudah cukup baik. Tidak perlu memberikan atau berharap yang lebih.

  1. Pertimbangkan juga bahwa tidak semua hal-hal di bawah ini dibutuhkan oleh mahasiswa.

Memberikan aksesoris pendukung laptop secara maksimal kepada mahasiswa sebenarnya merupakan hal yang kurang bijaksana. Apa saja hal-hal yang sebenarnya tidak atau belum dibutuhkan ole seorang mahasiswa terkait dengan laptop yang dipakainya.

a. Quad core processor

Mahasiswa sebenarnya tidak butuh laptop dengan processor canggih karena pemakaian aplikasi yang ada di laptop masih bisa dijalankan dengan baik oleh dual core processor saja.

b. VGA yang handal dan memiliki spesifikasi yang tinggi.

Untuk laptop, apalagi yang dipakai mahasiswa pelajar, tidaklah butuh spek yang tinggi, yang standar saja sudah cukup. Jika laptop digunakan untuk keperluan lain seperti main game berat maka sebaiknya ganti saja saja dengan komputer PC.

Laptop merupakan komputer yang diperuntukan untuk meningkatkan dan menunjang mobilitas pergerakan penggunanya dan tidak dipakai untuk aktivitas gaming yang sangat menguras sumber daya komponen yang dimilikinya.

Bayangkan betapa borosnya laptop yang dipakai hanya untuk menjalankan program browser, aplikasi office, aplikasi untuk mendengarkan music dan aplikasi chating, harus dilengkapi dengan VGA super canggih yang lebih cocok dipakai oleh para professional di bidang design grafis.

c. SSD atau HDD

SSD atau solid state disk merupakan generasi terbaru dari Hardisk yang dipakai oleh komputer. Kelebihan SSD dibanding hardisk HDD yang biasa dipakai adalah kecepatan mengakses dan memproses data lebih cepat jika menggunakan SSD. Bagi pelajar mahasiswa, kebutuhan akan kecepatan akses data masih bisa atau cukup dengan menggunakan hardisk jenis SSD saja.

d. Touchscreen

Laptop-laptop generasi terbaru biasanya dilengkapi dengan kemampuan layar sentuh yang memungkinkan penggunanya menggunakan jari mereka untuk menggantikan peran mouse dan keyboard. Sebaiknya laptop dengan spesifikasi touchscreen dicoret saja dari daftar pilihan laptop untuk pelajar mahasiswa.

Alasannya jelas, touchscreen kemungkinan besar tidak banyak anda gunakan. Mengkin lebih baik cari laptop yang harganya tidak jauh berbeda dengan laptop touch screen namun memiliki spesifikasi lebih pada hal-hal lain seperti kecepatan processor yang tinggi, kapasitas memory yang besar dan kapasitas hardisk yang besar.

Sebagai kesimpulan adalah laptop yang tepat bagi para pelajar dan mahasiswa adalah baterey yang tahan lama, processor dual core saja cukup, cukup ringan atau tidak terlalu berat untuk dibawa ke sana kemari, VGA yang standar dan tidak perlu yang super canggih, ukuran layar yang tepat adalah 13 dan 14 inci, keyboard dan mouse yang nyaman, tersedianya koneksi jaringan data baik itu menggunakan kabel dan juga tanpa kabel, anti virus yang handal, cukup menggunakan hardisk jenis HDD.

Semoga berguna.

Share
Latest Comments
  1. google April 15, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share