Kata Peneliti: Kemungkinan Nanti Akan Ada Durian Tanpa Aroma Bau yang Menyengat

Kalau durian tanpa biji mungkin sudah menjadi hal yang biasa tapi bagaimana kalau durian tanpa bau? Bagi yang penasaran ini ide dibalik pernyataan ini.
Beberapa waktu lalu sekelompok ilmuwan Singapura melakukan penelitian terhadap misteri bau menyengat yang dihasilkan oleh buah Durian.

Para ilmuwan Singapura itu khabarnya berhasil menemukan gen yang membuat Durian berbau sangat menyengat.

Seperti yang dikutip dari BBC.com, para ilmuwan yang meneliti tersebut tersebut, mengatakan bahwa hasil penelitian mereka akan menjadi dasar untuk melakukan rekayasa genetik pada Durian sehingga nanti dapat menghasilkan jenis Durian yang tidak berbau atau kurang berbau yang menyengat seperti pada durian yang ada saat ini.

Wahh, aneh juga ya kalau ada Durian tanpa bau, apakah sensasi kenikmatannya sama dengan yang berbau menyengat?

Seorang pencinta durian, Richie Liang dari Singapura, mengatakan bahwa: “Sebuah durian tanpa bau khasnya tidak lebih dari cangkang kosong tanpa makna,”.

Richie juga membandingkan durian yang tanpa bau uniknya seperti manusia yang telah kehilangan nyawanya.

Penelitian yang memakan waktu 3 tahun tersebut didanai secara pribadi oleh sekelompok pecinta durian yang tidak disebutkan namanya kini mengklaim telah memiliki peta genetik lengkap dari buah durian yang pertama di dunia.

Temuan mereka dipublikasikan di jurnal Nature Genetics.

Ahli genetika Patrick Tan, yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa analisa mereka menunjukkan bahwa Durian memiliki kemampuan super untuk memproduksi sulfur yang mudah menguap. Di mana hal tersebut sesuai dengan pendapat banyak orang yang mengatakan bahwa aroma durian memiliki unsur ‘sulphury’.

Para periset mengatakan bahwa bau khas durian tersebut memiliki tujuan yang sangat penting terkait dengan adaptasi di alam liar yaitu membantu menarik perhatian hewan untuk memakannya dan lalu menyebarkan bijinya melalui kotoran yang dibuang oleh hewan pemakan durian tersebut.

Rencana para ilmuwan untuk mengurangi bahkan menghilangkan aroma durian tersebut mendapat respon pertentangan dari para pecinta Durian.

Para penggemar sejati berpendapat:

“Apakah durian itu jika tidak berbau dan hambar? Yuck,” kata akun facebook Manfred Man, menambahkan bahwa ia “tidak akan pernah bermain-main dengan alam”.

Jason Lim, ia melihat bahwa potensi penemuan durian tersebut dan membagikan harapannya untuk pengembangan spesies durian hibrida. “Saya berharap seseorang membuat alpukat dengan aroma durian. Penggemar durian akan tahu apa yang saya bicarakan.”

Selain bau aroma durian, penelitian tersebut juga menemukan bahwa buah Durian telah hadir di muka bumi sejak 65 juta tahun sebelum tanaman kakao ada.

Zachary Tay dengan senang mengatakan kesimpulannya terkait asal muasal durian ini: “Jadi makan durian pada dasarnya adalah memakan cokelat.”

Sumber: BBC.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share