Sebaiknya Anda Pertimbangankan Untuk Bekerja Di Perusahaan Kecil

Diterima dan bekerja diperusahaan besar adalah impian semua pencari kerja, tapi jika impian itu tidak atau belum terpenuhi maka tidaklah perlu berkecil hati.

Jika anda belum berkesempatan untuk diterima bekerja di sebuah perusahan besar maka anda tidak perlu sampai merasa gagal dan menolak untuk bekerja di perusahan kecil.

Bekerja pada perusahaan kecil ternyata ada keuntungan dan hal-hal positif lainnya yang belum tentu bisa anda dapatkan di sebuah perusahaan besar.

1.    Laporan Survey menyatakan banyak orang yang bahagia bekerja di perusahaan kecil

Delapan puluh empat persen karyawan usaha kecil senang dengan pekerjaan mereka saat ini, hal ini berdasarakan laporan dari Aflac Small Business Happiness Report di tahun 2017.

Dan hampir setengah dari total karyawan setuju bahwa sebagian besar atau semua kebahagiaan mereka berasal dari kenyataan bahwa mereka bekerja pada sebuah perusahaan kecil.

2.    Apa rahasia kebahagian bekerja di perusahan kecil

Di perusahaan kecil, lebih mudah untuk melihat seperti apa perbedaan anda dengan karyawan lain dan langsung bisa merasakan seperti apa kontribusi anda bagi perusahaan.

Karyawan pada perusahaan kecil merasa bahagia karena usaha dan hasil kerja mereka langsung terlihat dan terasa bagi perusahaan tersebut.

Para karyawan di perusahaan kecil juga merasa bahwa masukan mereka dianggap penting dan lebih diperhatikan oleh para petinggi perusahaan — sesuatu yang mungkin tidak ditemui di perusahaan besar.

3.    Lebih dihargai jika bekerja di perusahaan kecil

Menurut laporan Aflac, sense atau merasa mampu untuk membuat suatu perbedaan pada karyawan sebuah perusahaan kecil menjadi faktor untuk memotivasi mereka dalam giat bekerja.

Dari para peserta survei yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan besar, 67% mengatakan bahwa mereka merasa lebih dihargai. Bagi mereka, merasa dihargai  adalah sebuah keuntungan yang didapat pada perusahaan kecil dibandingkan dengan di perusahaan besar.

Hasil Survei Aflac ini dikuatkan oleh pernyataan Dustin Montgomery.
Dustin yang bekerja sebagai spesialis pemasaran digital pada sebuah perusahaan kecil, mengatakan bahwa “Semua orang ingin melakukan pekerjaan yang terlihat efeknya bagi perusahaan, dan di perusahaan kecil, setiap hari anda sering  melihat bagaimana efek atau dampak pekerjaan anda bagi perusahaan ,”

Dustin Montgomery melanjutkan;

“Kontrol dan tanggung jawab yang anda dapatkan untuk posisi anda pada perusahaan kecil jauh lebih besar daripada yang anda lihat di tempat lain. Dalam beberapa kasus, anda mungkin melakukan pekerjaan yang serupa dengan seorang eksekutif di perusahaan yang lebih besar. ”

4.    Kemandirian

Di sebuah perusahaan kecil, anda memiliki lebih banyak kesempatan mendapatkan otonomi lebih,” kata Keema D. Small, penasihat akuisisi bakat utama / eksekutif  pada konsultan TalentAnswers.

Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar banyak dari rekan kerja anda, sehingga nantinya anda akan tumbuh menjadi karyawan yang memiliki kebebasan untuk mengekspreksikan diri pendapat anda, lebih kreatif dan tampil dengan sebuah resolusi baru.

Di perusahaan besar, jika anda dipimpin oleh manajer yang tidak pas maka ide anda akan tetap tersimpan dalam sebuah gudang dan anda tidak punya kesempatan untuk memperlihatkan bakat anda.

5.    Kolaborasi

“Bekerja sebagai bagian dari tim yang lebih kecil membantu menyatukan anggota tim,” kata Steve Pritchard, konsultan HR untuk perusahaan gerai foto Dreambooth.

“Mereka memiliki tujuan yang sama untuk dicapai, dan lebih mudah menciptakan hubungan kerja yang baik dengan sejumlah kecil orang daripada mencoba melakukan hal yang sama dalam jumlah orang yang jauh lebih besar.

Ada lebih banyak kesempatan untuk mengenal sesama anggota tim bukan hanya sebatas rekan kerja yang tidak hanya membantu memberikan semangat, tapi juga membantu untuk menjalin persahabatan sejati. ”

6.    Anda merasa lebih didengar

“Saat ini kami memiliki sekitar 50 orang,” kata Zachary Painter, seorang penasihat karir dan manajer perekrutan di ResumeGenius.com.

“Baru-baru ini, kami merekrut seorang tenaga pemasaran yang baru untuk departemen pemasaran kami. Dia mengatakan kepada saya setelah tiga minggu bahwa dia sangat menyukainya di sini karena dia merasa bahwa benar-benar dihargai pendapatnya oleh atasan. Hal seperti ini akan semakin berkurang seiring dengan pertumbuhan perusahaan Anda. ”

7.   Dapat banyak pengalaman

“Bekerja di perusahaan yang lebih kecil biasanya membuat anda mendapatkan beberapa macam pekerjaan di luar dari tugas utama anda, situasi seperti ini akan membantu anda menjadi lebih baik,” kata Kelly Donovan, kepala perusahaan layanan karir Kelly Donovan & Associates.

“Sekalipun posisi anda terfokus pada penjualan, anda mungkin juga mendapatkan pengalaman di bagian operasional, di bagian keuangan dan bidang lainnya.

Bahkan jika Anda membayangkan diri Anda berada di perusahaan Fortune 500, membiasakan diri dengan mengerjakan beberapa tugas pada bagian yang berbeda selama beberapa tahun di perusahaan yang lebih kecil, bisa memberi Anda wawasan dan pengalaman yang lebih baik ketika bekerja di perusahaan besar.

8.    Potensi untuk meniti karir lebih baik

Jika anda yang tidak punya ijazah tinggi, mungkin cuma S1 anda akan kalah bersaing jika berhadapan dengan rekan anda yang memiliki ijazah yang lebih tinggi dari anda.

Pada perusahaan besar persaingan ijasah lebih sering terjadi di mana mereka yang memiliki tingkat pendidikan tinggi mungkin lebih dipertimbangkan untuk naik jabatan.

Pada perusahaan kecil gelar mungkin tidak terlalu berpengaruhi pada karir, tapi yang lebih dilihat adalah kemampuan kerja anda.

9.    Penemuan dan terobosan

“Perusahaan kecil cenderung lebih cepat dalam urusan pengambilan keputusan karena proses yang mesti dilalui lebih lebih sedikit,” kata Cheryl Lynch Simpson konsultan karir, pencari kerja dan pelatihan LinkedIn. “Jika ada usulan atas sebuah inovasi maka perusahaan besar selalu terpaku pada prinsip mereka seperti : Kurang terkait dengan ‘cara kita biasa melakukannya.

Sedangkan perusahaan kecil selalu terbuka terhadap inovasi dan cara baru dalam berbisnis, sementara perusahaan yang lebih besar kadang-kadang terhalang oleh ketidakmampuan untuk bergerak maju dengan cepat atau mengubah arahan bisnis sesuai kebutuhan.”

10.    Akses ke atasan lebih mudah

“Bisnis kecil memiliki hierarki yang datar, jadi Anda memiliki lebih banyak waktu menghadapi pemimpin bisnis senior daripada yang mungkin Anda lakukan di organisasi yang lebih besar,” kata Michelle Petrazzuolo, pendiri dan CEO perusahaan jasa karir Level Up Prep.

“Anda bisa bertemu seseorang yang bisa menjadi mentor jangka panjang, atau bahkan anda diajak ke pertemuan tingkat tinggi untuk mendapatkan kesempatan belajar. Anda akan memperluas jaringan Anda dengan cepat di lingkungan yang erat. “

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share