Lebih Baik Resign tapi Belum Dapat Kerja ATAU Menunggu Sampai Diberhentikan alias Dipecat

Ketika seorang karyawan sudah tidak nyaman lagi di tempat kerjanya maka ada dua pilihan sulit yang mesti dia putuskan; Apakah harus mengajukan pengunduran diri walaupun belum mendapatkan pekerjaan di tempat lain ataukah menunggu dalam ketidakpastian sampai akhirnya diberhentikan atau dipecat oleh perusahaan.

Seorang pakar atau konsultan dari akan memberikan anda nasehat yang cukup bijaksana tentang bagaimana mengatasi situasi sulit ini dan bagaimana caranya mengambail keputusan yang terbaik bagi karir anda.

Tulisan berikut ini merupakan hasil konsultasi seorang karyawan yang sedang dilanda rasa frustrasi dengan seorang pakar konsutan HRD yang cukup berpengalaman,  yang saya rangkum dari Forbes.com.

Selamat membaca dan merenung.

Salam Liz,

Saat ini saya merasa putus asa atas pekerjaan saya.

Semuanya terasa baik-baik saja sampai bulan Desember ketika sebagian besar karyawan di departemen saya dipecat dan menyisakan dua karyawan saja(saya dan rekan kerja saya Jeannie). Kami berdua kemudian berada di bawah pimpinan seorang manajer baru.

Manajer baru kami, si “Beth”, tidak peduli tentang pekerjaan kami sama sekali dan hampir tidak pernah berkomunikasi dengan kami.

Beth menyukai Jeannie karena Jeannie pernah bekerja di departemen atau bagian yang sama dengan Beth beberapa tahun yang lalu sebelum perapihan manajemen yang akhirnya membuat Jeannie berada satu bagian dengan saya.

Beth tidak bisa saya andalkan. Ini karena dia tidak tahu apa yang saya lakukan dan tidak peduli. Pekerjaan saya adalah jelas penting karena kalau tidak penting saya pasti akan terkena PHK bersama 7 rekan saya yang lain pada bulan Desember lalu.

VP perusahaan mendukung saya dan peran saya, tapi dia tidak bisa membantu saya mengatasi situasi ini.

Beth membuat hidup saya sengsara.

Dia mengkritik saya untuk hal-hal yang menurutnya harus saya lakukan tapi tidak ada hubungannya dengan deskripsi pekerjaan saya. Saya hanya bertemu dengannya dua kali sejak Desember. Pertama kali, dia meminta saya untuk membuat rincian rencana dan membuat jadwal untuk proyek-proyek yang bahkan sama sekali belum disetujui.

Pertemuan kedua terjadi pada bulan Maret, waktu itu Beth menjabarkan apa saja daftar kesalahan yang saya buat. Menurut saya dia salah informasi dan tidak ingin diatur. Saya takut Beth sedang mencari-cari cara untuk memecat saya.

Haruskah saya berhenti walaupun belum memdapatkan pekerjaan yang baru di peruhasaan lain? Ataukah saya harus menunggu sampai Beth memecat saya?

Saya sangat khawatir dan risau. Memang saya harus mencari pekerjaan di tempat lain tapi saya sangat tidak nyaman dan tertekan, kondisi ini saya alami di tengah ketidakpastian apakah Beth akan memecat saya atau saya harus behenti, saya bahkan tidak dapat berpikir tenang dan fokus untuk mencari pekerjaan yang baru.

Apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih,

Herve

Ini tanggapan dari sang konsultan HRD.

Dear Herve,

Sebagian besar dari kita telah dilatih sejak kecil untuk berpikir bahwa bos selalu berada pada posisi yang lebih tinggi dari kita.

Kita sepertinya terlah terlatih untuk khawatir tentang apa sih yang manajer pikirkan tentang diri kita. Kita telah diajarkan bahwa seorang manajer tidak benar tapi mereka tetap lebih kuat daripada kita.

Beth itu bukan apa-apanya anda. Menyedihkan dia itu, hanya supervisor rendahan, banyak yang seperti si Beth ini.

Anda tidak perlu sedikitpun takut terhadap dia. Hal terburuk yang bisa dia lakukan kepada Anda adalah memecat Anda. Ketika dipecat maka hal itu tidak seburuk yang Anda mungkin anda pikirkan.

Kelihatannya anda memang harus mencari pekerjaan baru, tetapi jika Anda dipecat tanpa sebab, maka Anda akan memdapatkan kompesasi atas itu.

Anda harus memiliki senjata untuk berhadapan dengan si Beth, yang mesti anda lakukan adalah mencatat semua percakapan langsung atau via telpon anda dengan si Beth ini. Jaga agar semua email korespondensi tidak diketahui oleh pihak kantor. Dengan begitu maka anda akan dapat membuktikan kepada orang-orang di kantor anda bahwa anda tidak melakukan kesalahan sama sekali.

Setiap karyawan yang bekerja harus merasa nyaman ketika menghadapi situasi seperti Anda. Tentu kita menjadi bingung dan risau ketika atasan kita mengkritik kita, tetapi sekali lagi mari kita pertimbangkan hal-hal penting yang mesti kita manfaatkan.

Beth memiliki sedikit kekuasaan birokrasi yang diberikan padanya oleh orang-orang yang kurang paham atas situasi sebenarnya hingga membuat dia bertanggung jawab atas Anda dan Jeannie.

Tapi dia tidak memiliki kekuasaan atas perasaan Anda atau harga diri anda kecuali jika Anda memberikan kekuasaan itu padanya.

Jangan sampai anda melakukan itu!

Beth hanyalah pemeran figuran kecil dalam serial hidup Anda. Buang jauh-jauh pikiran lama yang mengatakan bahwa dipecat itu memalukan, karena sebenarnya tidak.

Saya sendiri sudah dipecat beberapa kali. Setiap kali saya dipecat, otot-otot saya tumbuh menjadi kuat. Saya menyadari bahwa saya telah membiarkan standar saya tergelincir karena saya membiarkan diri saya jatuh ke dalam ketakutan.

Saya bekerja untuk orang yang  seharusnya saya tahu bahwa mereka akan mencoba untuk membuat nyala api amarah saya keluar dari dalam diri.

Itu terjadi pada kita semua!

Tugas Anda adalah selalu fokus pada keadaan pikiran Anda sendiri.

Mulailah untuk sadar dan perlahan-lahan bekerja untuk mendapatkan keseimbangan Anda kembali, bahkan ketika badai mengamuk di sekitar Anda di tempat kerja.

Anda layak untuk bekerja dengan kepala dingin dan pikiran yang tenang sekarang, dan selalu.

Kerjakan apapun yang menenangkan dan pusatkan pikiran Anda adalah hal yang tepat untuk Anda lakukan sekarang. Entah itu membuat journal, berlatih yoga atau berkebun. Dengarkan musik favorit Anda. Berkumpullah bersama-sama dengan teman-teman Anda. Anda adalah prioritas tertinggi Anda – bukan si  Beth.

Bahkan jika Anda bisa menenangkan Beth atau membuat VP anda merasa berbelas kasihan kepada Anda, bertahan di pekerjaan Anda bukan pilihan yang baik bagi Anda.

Anda mungkin saja anda akan lama  untuk meninggalkan perusahaan Anda baik dengan cara dipecat atau mengundurkan diri  – jadi mengapa tidak melakukan proses transisi menurut cara atau istilah Anda sendiri untuk membuat sesuatu yang jauh lebih baik?

Anda bertanya mana yang lebih buruk, dipecat  atau berhenti tanpa memiliki pekerjaan baru.

Tidak ada yang salah, kedua pilihan itu sama baiknya.

Namun, Anda tidak punya alasan untuk berhenti atau keluar kerja karena anda panik.

Jika Anda keluar dari pekerjaan Anda, itu hanya akan karena Anda tidak tahan mendengar Beth mengatakan “Kau dipecat.”

Mungkin mendengar kata-kata dari bibirnya si Beth dan menyadari bahwa itu tidak buruk bahwa apa yang dikatakan itu adalah sesuatu yang biasa-biasa saja bagi kita.

Itu akan menjadi pelajaran, bahwa berlari keluar dari pekerjaan karena Anda takut kepada Beth tidak akan mengajarkan apa-apa – dan akan membuat lebih sulit bagi Anda untuk mengumpulkan asuransi pengangguran.

Jika Anda sedang dilecehkan di tempat kerja, maka  dokumentasikan pelecehan itu, berhenti dan ajukan tunjangan pengangguran atas dasar penyebab anda dikeluarkan.

Dikeluarkan pekerjaan Anda diistilahkan sebagai ‘pemecatan yang membangun.’ Jika mereka membuat Anda tidak memungkinkan untuk melakukan pekerjaan Anda, maka bisa dikatakan bahwa mereka telah membuat anda dipecat atau diberhentikan.

Mendapatkan kembali ketenangan Anda adalah prioritas tertinggi Anda dan itu  tidak menyenangkan bagi si Beth atau mengkhawatirkan apa yang akan terjadi pada Anda berikutnya.

Apa pun bisa terjadi salah satu dari kita setiap saat. Anda jauh lebih kuat dari yang Anda pikirkan. Sayang, Si  Beth yang rendahan itu  tidak bisa mengalahkan Anda.

Ketika Anda mulai fokus pada diri sendiri dan mengalihkan perhatian Anda dari menyenangkan Beth, sesuatu yang menakjubkan akan terjadi. Daya pikat Anda akan mulai kembali.

Anda mungkin mulai mencari pekerjaan lain setelah keluar dari tekanan si Beth sebelum dia memecat anda. Kemungkinan selalu ada.  Apapun yang terjadi, Anda akan selalu mengemudikan mobil!

Jadilah yang terbaik

Liz.

Semoga berguna

Share
Latest Comments
  1. trouver October 7, 2017
  2. James October 7, 2017
  3. cialis October 19, 2017
  4. James October 20, 2017
  5. James November 16, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share