Apa Yang Mesti Anda Siapkan Ketika Punya TV Baru

Ketika membeli sebuah TV baru maka ada peralatan pendukung lain yang mesti anda siapkan agar TV yang baru anda beli bisa berfungsi dengan baik. Peralatan atau perangkat tersebut tidak kita dapatkan saat membeli sebuah TV.Apa Yang Mesti Anda Siapkan Ketika Punya TV Baru

Apa saja peralatan dan perangkat lain yang mesti anda siapkan setelah membeli sebuah TV?

  1. Bracket TV

Jika anda membeli TV, pikirkan juga di lokasi mana dari rumah anda yang nanti tv tersebut anda tempatkan. Jika anda tidak punya meja TV atau bufet untuk menaruh TV anda maka pertimbangkan untuk menggantungnya di dinding rumah anda. Rata-rata TV jaman sekarang sudah berbentuk TV layar datar yang pemasangannya membutuhkan sebuah bracket. Bracket TV adalah alat yang dirancang untuk menggantung TV layar datar pada dinding.

Pastikan dinding tembok rumah anda cukup kokoh untuk dipasangi bracket dan kuat untuk menahan beban tv anda.

Biasanya, bracket TV itu tidak termasuk dalam paket pembelian sebuah tv atau dijual terpisah dengan harga TV, jadinya kita harus mengambil uang lagi untuk membeli bracket.

  1. Antenna TV

Baru kemarin saya membeli antenna TV seharga 80 ribu, karena antenna yang lama bagian yang terbuat dari plastik sudah lapuk dimakan cuaca. Tanpa antenna, TV tidak bisa menangkap sinyal dengan bagus sehingga tampilan gambar dan suara yang dihasilkan pasti jelek.

Saat membeli antenna yang wajib anda ketahui adalah:

a.  Berapa jauh jarak antenna anda dengan TV.

Jarak antara lokasi antenna dan TV harus kita ketahui karena hal ini menentukan berapa panjang kabel antenna yang bakal dipakai. Harga kabel antenna pun tidak murah per-meter-nya. Pastikan kabel yang anda beli tidak terlalu panjang karena bisa mengurangi kualitas sinyal yang masuk ke TV.

b.  Di mana lokasi terbaik untuk menempatkan antenna TV.

Lokasi terbaik untuk menempatkan antenna adalah letak antenna harus setinggi mungkin, tidak tertutup atau terhalang apapun dan jarak antara TV dan antenna sebisa mungkin berdekatan.

Kenapa antenna dan TV harus berdekatan adalah agar kabel yang dipakai untuk menghubungkan keduanya tidak terlalu panjang, karena semakin jauh jarak antenna dan tv maka semakin panjang kabel yang digunakan. Semakin panjang kabel antenna semakin banyak sinyal yang hilang saat melewati kabel.

c.  Pastikan kabel antenna yang dibeli sudah terpasangi dengan konektor secara baik.

Selagi anda masih di toko cek konektor antenna yang terpasang pada ujung kabel, pastikan konektor tersebut sudah terpasang dengan kuat dan tidak copot saat ditarik.

Jangan coba memasang sendiri konektor antenna pada kabel karena besar kemungkinan hasilnya pasti tidak bagus.

d.  Siapkan tiang untuk menempelkan antenna

Usahakan tiang yang anda gunakan adalah tiang besi yang kokoh dan tahan tiupan angin.

  1. Meja TV atau bufet TV

Saat membeli TV kita pun sudah harus terlebih dahulu memikirkan di ruangan mana TV akan ditempatkan. Untuk menempatkan TV di sebuah ruangan dibutuhkan meja untuk menaruh TV tersebut. Untuk itu harus tersedia meja untuk menempatkan TV tersebut.

Namun jika menyediakan sebuah meja atau bufet TV dirasa terlalu mahal maka anda bisa mempertimbangkan untuk menempelkan TV flat anda di dinding untuk itu anda mesti punya bracket TV. Harga sebuah bracket TV yang dijual di toko-toko, harganya tidaklah murah. Coba untuk membuat perbandingan antara keduanya sebelum memutuskan untuk membeli meja atau bufet TV.

Jadi ada tiga perangkat yang mesti anda siapakan ketika membeli sebuah tv baru yaitu antenna tv besarta kabel, bracket tv dan meja atau bufet.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share