Mengganti Kawat Kasa Pintu Teralis Rumah

Pintu utama rumah biasanya  terpasang pintu tambahan dibagian luar berupa pintu teralis besi dan dilengkapi dengan kawat halus berlubang untuk sirkulasi udara dan mencegah masuknya serangga seperti lalat dan nyamuk.

Bisanya kawat kasa tersebut jika sudah lama terpasang sering mengalami kerusakan berupa lubang-lubang dan juga robek, hal ini sering terjadi karena terkena hantaman benda keras atau tertusuk  benda runcing.

Pengalaman saya, rusaknya kawat nyamuk tersebut karena sering ditabrak oleh anak-anak dengan mainan mobil-mobilannya. Bagi yang punya anak kecil kawat kasa adalah korban yang paling sering dihantam oleh mainan mulai dari hantaman mainan sampai tertabrakan sepeda.

Anak-anak juga senang memukul-mukul kawat kasa terutama saat terlihat ada nyamuk yang terperangkap, meski sasaran mereka adalah nyamuk tapi tetap saja yang jadi korban adalah kawat nyamuk tersebut. Kalau lubangnya masih kecil biasanya cukup dengan tambalan pakai sepotong kawat, namun kalau sudah parah maka tidak ada cara lain selain mengganti seluruh kawat tersebut.

Mengganti kawat nyamuk pada pintu teralis tidak sulit, saya berhasil melakukannya dalam waktu kurang lebih 4 jam, sudah termasuk dengan mengecat ulang seluruh  pintu teralis tesebut.

Untuk mengganti kawat pada pintu teralis maka harus menggunakan peralatan yang tepat, bukan asal-asal saja, karena peralatan tersebut akan sangat menentukan gampang susahnya anda mengerjakan dan juga menentukan hasil yang bagus atau tidak.

Peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Tang Rivet, wajib menggunakan tang ini karena biasanya kawat dijepit oleh plat besi yang diklem pada rangka pintu.
  2. Pahat atau pisau bekas, untuk mencungkil klem yang sudah terpasang
  3. Tang dan obeng
  4. Kuas untuk mengecat kembali
  5. Gunting untuk memotong kawat kasa
  6. Bor listrik serta mata bor besi

Sedangkan bahan-bahan atau material yang anda butuhkan adalah

  1. Paku Rivet, Paku Rivet berguna untuk proses klem kembali setelah kawat kasa diganti.
  2. Kawat kasa yang baru, Ada dua jenis kawat kasa yaitu yang bahan aluminium dan baja. Pilih yang baja karena lebih kuat.
  3. Cat, tinner dan kuas untuk kebutuhan cat ulang
  4. Satu set kunci dan handle pintu untuk mengganti kunci pintu rumah pada pintu teralis yang lama ( kalau sudah rusak )

Total biaya yang saya keluarkan untuk membeli bahan adalah sebesar 150 ribu, dengan perincian :

Kawat kasa baja = 65 ribu ( 30 ribu per meter, saya beli ukuran: 1 meter x 2,5 meter )

Satu set rumah kunci pintu yang baru = 55 ribu ( pastikan anda membawa contoh rumah kunci yang lama saat membeli ke toko material bangunan, untuk memastikan bahwa rumah atau box kunci yang baru ukurannya sama dengan yang lama. Jika yang lama masih bagus maka tidak perlu manggantinya.

Paku Rivet = 20 buah ( 10 ribu )

Cat besi(kaleng kecil) + Tinner( botol kaca kecil) + kuas ukuran kecil = 20 ribu

Proses pengerjaan

  1. Copot pintu kasa dari engselnya dan baringkan di lantai garasi atau halaman rumah.
  2. Gunakan pisau atau pahat untuk mencongkel paku Rivet yang sudah terpasang pada pintu teralis. Paku Rivet terbuat dari almunium dan tidak terlalu keras seperti paku besi atau baja, jadi mudah untuk cungkil.
  3. Congkel semua paku revert yang terpasang pada plat penjepit kasa dan juga pada kunci pintu dan handle.
  4. Bersihkan dengan melap atau mengamplas ( kalau ada ) plat dan rangka pintu, cuci dengan sabun jika dirasa perlu karena biasanya terdapat debu yang sudah lama menumpuk.
  5. Cat plat dan rangka pintu. Jemur dan biarkan sampai catnya benar-benar kering
  6. Tempatkan kawat kasa pada rangka pintu, jangan digunting dulu. Biarkan saja kawat yang melebihi rangka pintu.
  7. Pasang satu persatu plat, pilih plat yang pendek terlebih dahulu, yaitu bagian lebar, bawah atau atas. Gunakan tang revert.
  8. Setelah satu bagian lebar ( atau atau bawah ) terpasang barulah pasang salah satu bagian  panjang atau sisi samping. Ingat, salah satunya saja
  9. Setelah 2 sisi terpasang ( 1 sisi lebar dan satu sisi panjang ) maka berikutnya pasang sisi lebar yang satunya lagi dan terakhir, adalah sisi panjangnya.
  10. Gunting dan rapihkan kelebihan kawat kasa
  11. Pasang kembali pintu kasa
  12. Langkah terakhir adalah memasang set kunci pintu teralis.

Mudah bukan, selamat mencoba.

Share

Share