Pertimbangan Menanam Tanaman Buah Dalam Pot

Melihat pohon mangga tetangga sebelah yang sedang berbuah lebat cukup membuat iri, tapi apa daya, kenapa dulu saya tidak ikutan menanam mangga seperti para tetangga. Rasanya tidak ada kata terlambat untuk mulai menanam pohon mangga atau tanaman buah lainnya di halaman rumah.

Saya sedang mempertimbangkan beberapa opsi pilihan apa saja tanaman buah yang tepat untuk ditanam di halaman rumah.

Sebelum mulai menanam sebaiknya ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan agar tidak menyesal setelah sekian tahun menunggu tanaman buah anda tidak kunjung berbuah.

1.    Pilih bibit yang tepat

Tetangga saya yang rumahnya persis sebelah rumah sudah beberapa kali memangkas pohon mangga harum manisnya, namun mangga tersebut tidak kunjung berbuah lebat, paling banyak juga cuma 5 biji saja, padahal sudah lebih dari 5 tahun ia menanam pohon mangga tersebut.

Dari segi tampilan mungkin tidak ada beda dengan pohon mangga tetangga lain yang berbuah sangat lebat, menurut si bapak di sebelah rumah, penyebab mangganya tidak berbuah lebat adalah mungkin bibit yang ditanam adalah bukan bibit yang bagus atau bibit unggul.

Saya kemudian menyarankannya untuk ditebang saja dan menanam tanaman lain. Hmmm lumayan juga waktu 5 tahun terbuang percuma, mangga yang diharapkan untuk berbuah lebat tidak pernah bisa terwujud, sebuah penantian yang sia-sia.

Jika memang bibit yang jadi sumber masalah, maka pengalaman si bapak di sebelah rumah merupakan pelajaran bagi kita untuk tidak membeli bibit tanaman dari sumber yang tidak terjamin mutu dan kualitasnya.

2.    Tanam di tanah atau di dalam pot

Tidak semua tanaman buah dapat ditanam di dalam pot. Beberapa tanaman buah seperti mangga harum manis dan juga pohon durian sudah pasti tidak dapat ditanam di dalam pot.

Tanam buah dalam pot cukup hemat tempat tapi butuh ekstra kerja keras. Menanam tanaman dalam pot butuh media atau tempat yang besar, butuh tanah, kompos serta bahan lainnya yang harus diatur komposisinya yang tepat agar menghasilkan panen yang melimpah.

Tanah dan media tanam dalam pot pun harus secara berkala di update( kayak hape aja ) agar tanaman terus berbuah lebat dan bertahan lama umurnya.

Beberapa tanaman dalam pot yang dapat berbuah lebat yang biasa saya jumpai adalah jeruk nipis, jeruk limau, Kelengkeng, sawo, mangga Chokanan, jambu air dan jenis jambu lainnya.

Tanam tanaman buah langsung di tanah pun menurut saya tidak ada salahnya, tapi harus diperhatikan lokasi tanamnya. Seorang teman memberikan masukan ketika tahu saya mau tanam buah di halaman rumah, menurut teman tersebut menanam pohon di halaman bisa merusak septic tank, bisa merusak pondasi rumah.

Jadi sebenarnya tidak ada salahnya menanam tanaman langsung di tanah terutama pada rumah yang memiliki halaman sempit tapi harus memperhatikan lokasi tanam agar tidak terlalu dekat dengan lokasi septic tank dan pondasi rumah.

Selain tidak banyak butuh perawatan, menanam langsung di tanah pun tidak butuh update karena akar tanaman bebas bergerak mencari nutrisi bagi tanaman itu sendiri.

3.     Mitos dan kepercayaan

Beberapa mitos kepercayaan spiritual sering menjadi pertimbangan orang dalam memilih jenis tanaman buah yang cocok untuk ditanam di halaman rumah.

Beberapa kepercayaan yang sifatnya negatif terhadap menanam tanaman buah di halaman rumah adalah sebagai berikut:

a.    Tanaman anggur dipercaya dapat menyebabkan kegagalan dalam usaha bisnis pemilik rumah yang menanam tanaman tersebut.

b.    Tanaman Mangga dipercaya dapat membuat pemilik rumah jadi sering sakit-sakitan dan selalu berselisih dengan tetangga.

Mungkin ada benarnya juga soalnya daun mangga yang jatuh ditiup angin dan mengotori halaman tetangga membuat kesal, apalagi saat panen tidak bagi-bagi sama tetangga,  hahaha.. Bisa jadi ini penyebabnya.

c.    Pohon Pisang, sirsak dan nangka dianggap sebagai tempat tinggal mahkluk halus.

d.    Pepaya dianggap dapat membawa kesialan

Sedangkan tanaman buah yang baik atau memiliki nilai positif dari sudut pandang kepercayaan atau spiritual adalah

a.    Jeruk Emas atau Jeruk santang
Pohon jeruk santang sangat cocok untuk ditanam dalam pot, pohon jeruk ini berbuah sangat banyak dan berwarna kuning. Biasanya dibagikan saat imlek. Sebagian orang percaya, bagi orang yang menerima akan mendapat kesuksesan dan kekayaan.

b.    Tanaman buah naga
Tanaman buah naga dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya.

Sekian berbagi pengalaman dari saya soal menanam tanaman buah di halaman rumah.

Intinya adalah pilihan bibit yang bagus akan mendatangkan hasil yang baik pula.

Mau tanam di pot atau langsung di tanah, keduanya cara ini memiliki kelebihan masing-masing pastikan anda memahaminya.

Yang percaya dengan urusan klenik atau hal-hal yang berbau spiritual silahkan pertimbangkan mana tanaman yang pas dan tepat untuk di tanam di halam rumah anda.

Semoga berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *