10 Tips Untuk Mencapai Target Resolusi Di Tahun Depan

Tahun ini segera berakhir, tapi hidup kita terus berlanjut di tahun depan. Banyak rencana dan target yang sudah kita buat sebagai resolusi baru hidup kita.

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap mengawali sebuah tahun yang baru kita selalu memulai dengan resolusi baru juga.

Banyak rencana dan resolusi hidup yang orang buat mulai dari rencara ingin menurunkan berat badan, rencana ingin merenovasi rumah, ingin berhenti merokok, ingin menikah di tahun yang akan datang sampai ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar dari yang sudah dicapai saat ini.

Dari sekian resolusi yang dibuat hampir sebagian besar hanya menjadi angan-angan atau menjadi rencana wacana saja jika tidak berhasil kita wujudkan.  

Hanya membuat sebuah resolusi untuk tahun yang baru tidak akan pernah membuat kita bisa mencapai tujuan tersebut, resolusi hanya bisa dicapai jika kita punya niat, motivasi, rencana dan strategi serta tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Berikut adalah tips-tips yang harus diperhatikan agar anda dapat mencapai atau mengejar resolusi yang sudah anda buat untuk tahun depan.

  1. Mengharapkan datangnya tantangan dan hambatan

Jika anda ingin mewujudkan target sasaran anda tercapai maka anda harus segera mengharapkan tantangan, orang yang mengalami tantangan atau hambatan akan segera mencari jalan keluarnya.

Tantangan dan hambatan akan lebih mendorong kita untuk maju mewujudkan rencana yang sudah kita susun. Jika Anda tidak siap untuk mengalami kesusahan atau penderitaan selama menghadapai kesulitan yang menerpa, maka anda tidak akan pernah berhasil.

Yang perlu anda tahu dan ingat bahwa dalam membuat sebuah perubahan dibutuhkan sebuah kerja keras bukan kerja santai atau malas-malasan saja.

  1. Jangan fokus pada bagaimana cara untuk melakukannya, tapi fokuslah pada alasan mengapa saya harus melakukannya atau kenapa saya harus mencapainya.

Mengapa saya ingin tujuan atau resolusi ini menjadi kenyataan? Semakin sering pertanyaan ini kita jawab maka akan semakin tinggi motivasi kita mewujudkan mimpi kita tersebut.

Jika kita tahu seperti apa tujuan akhir dari rencana yang sudah kita buat maka akan semakin kuat tekad kita untuk mencapainya. Apapun caranya pasti akan kita lakukan, dan bahkan segala tantang akan kita lewati jika kita tahu apa alasan kita mencapai resolusi hidup itu.

  1. Perjelas rencana apa yang benar-benar inginkan anda ubah.

Ketidakjelasan dan ketidakpastian pada sebuah tujuan justru membuat segala rencana dan usaha akan gagal.

Ketika anda ingin menurunkan berat badan, maka jangan cuma mengatakan “Saya ingin menurunkan berat badan,” tetapi anda harus lebih spesifik lagi dengan mengatakan bahwa “ Pada  tanggal 1 Februari nanti berat badan saya harus turun sebanyak 5kg. Saya akan mulai makan dengan terkontrol dan mulai berolahraga setiap hari. “

  1. Mulai membuat jadwal

Menetapkan jadwal dan batas waktu akan membantu kita menghindari penundaan.  Secara psikologi kita akan memperjuangkan sesuatu jika ada batas atau tenggang waktu yang ditetapkan, coba bandingkan jika tidak ada batas waktunya, maka orang pasti akan menunda-nunda pekerjaan tersebut.

  1. Berhasil atau tidak sama sekali.

Kedengarannya kurang sopan, tapi 99% kepatuhan atau melakukan sesuatu karena kewajiban adalah merupakan sebuah kegagalan.

Jika hanya menjadi sebuah kewajiban maka kita bisa begitu saja pergi meninggalkan apa yang sudah kita capai atau tidak perlu repot-repot untuk mencobanya sama sekali.

Merasa bahwa mencapai tujuan dari resolusi  sebagai suatu kewajiban akan membuat kita akan cepat kehilangan semangat, gairah dan motivasi.

Sebaliknya ketika menjadikan tujuan kita sebagai sesuatu yang menyenangkan atau menggairahkan dan bukan sekedar kewajiban maka hal itu akan membuat kita selalu bersemangat sampai mencapai tujuan kita, bahkan mental itu akan terus terpelihara dalam diri kita untuk mencapai tujuan yang lain.

  1. Ini bukan soal kemenangan tapi niat dan keinginan untuk menang, itu yang terpenting.

Seorang yang bermental pemenang memiliki sikap “apa pun mesti dicoba”. Mereka mengambil keputusan mencoba cara apapun dan menanggung segala macam beban untuk mencapai kemenangan.

  1. Carilah patner yang dapat diandalkan

Salah satu masalah terbesar adalah bahwa kebanyakan orang sulit untuk dijadikan rekan yang dapat diandalkan dan dapat memberikan dukungan.

Carilah pasangan yang dapat menjadi pendorong anda dalam membantu anda untuk mencapai tujuan. Lebih baik lagi jika anda dapat menemukan orang yang dapat menjadi guru bagi anda untuk mencapai tujuan anda.

  1. Fokus pada bisikan pada diri sendiri

Hati-hati dengan apa yang Anda katakan kepada diri sendiri, karena pikiran Anda biasanya mendikte perilaku Anda.

Begitu banyak dan sering yang kita katakan kepada diri kita sendiri adalah hal-hal yang negative. Hal tersebut akan memberikan atau berdampak pada pikiran negatif, di mana kita akan menjadi ragu-ragu dan merasa bahwa apa yang kita lakukan tidak mungkin berhasil.

Jangan pernah bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana saya bisa membuat hal ini terjadi?”

  1. Percaya dengan Melihat

Buat sebuah gambar yang mewakili atau menggambarkan kira-kira seperti apa hasil yang akan anda capai. Hal ini akan membuat kita termotivasi karena akan membantu kita melihat hasil akhir dari tujuan yang  coba kita capai.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, misalnya, buatlah guntingan gambar orang yang benar-benar fit atau langsing dan tempelkan di tempat yang sering terlihat oleh kita.

Menggantung papan visi tujuan kita  di lokasi yang  sering terlihat akan memperkuat tujuan ke alam bawah sadar kita dan membantu kita lebih termotivasi pada saat-saat yang sulit.

Kita juga dapat menulis surat yang menjelaskan kehidupan kita ke teman-teman.

  1. Abaikan orang yang selalu menentang tujuan anda.

Ketika kita mulai sebuah usaha biasanya akan ada orang yang mengatakan kita tidak bisa melakukannya dan lebih baik kita batalkan saja niat kita itu.

Mulai sekarang hilangkan sifat kecanduan kita yang selalu meminta persetujuan dari orang lain. Kita biasanya merasa lebih percaya diri jika semakin banyak orang yang setuju dengan rencana kita tapi ternyata banyak juga orang yang kita mintai pendapat malah memberikan kritik yang sangat menentang.

Berhentilah untuk sering meminta-minta persetujuan orang, abaikan mereka dan teruslah maju. Sudah banyak terbukti bahwa para tokoh dunia yang mencapai sukses karena mereka percaya pada diri sendiri, tidak peduli dengan apa yang orang lain pikirkan atau katakan.

Tanggal 1 Januari nanti  anda mesti ingat mantra orang sukses di bawah ini

“ Saya bertanggung jawab atas keputusan saya; apakah itu kehilangan berat badan, dapat uang yang lebih banyak atau tujuan lainnya. Keberhasilan atau kegagalan adalah tanggung jawab saya.”

Dengan terus menerapkan tips-tips ini pada cara berpikir kita maka usaha kita dalam mencapai resolusi atau kegiatan lainnya pasti berhasil dan rasanya tidak ada alasan untuk tidak bisa sukses.

Selamat tahun baru, Happy New Year dan semoga berhasil

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share