13 Alasan Orang Malas Berolahraga

Jika anda mau sehat maka anda harus berolahraga, malas berolahraga biasanya disebabkan oleh berbagai macam alasan yang kebanyakan dibuat-buat saja. 

Jadi, supaya kita rajin berolahraga maka kita harus tahu alasan mengapa orang tidak mau berolahraga dan bagaimana mengatasi agar alasan itu tidak menjadi rintangan untuk hidup sehat. 13 Alasan Orang Malas Berolahraga

Alasan sederhana seperti tidak punya waktu, terlalu sibuk bekerja, punya anak yang harus diurus, sedang tidak enak badan, sebenarnya cuma alasan yang dicari-cari untuk menjadi pembenaran untuk tidak berolahraga.

Untuk mengatasi alasan-alasan yang dicari-cari tersebut maka cek tips bagaimana mengatasi keengganan untuk berolahraga berikut ini  sehingga anda akan kembali bersemangat untuk berolahraga.

       1.       Saya tidak punya waktu untuk berolahraga

Tidak punya waktu? Masa, 5 atau 10 menit sehari saja anda tidak punya waktu. Sesibuk-sibuknya seorang presiden saja, saya yakin beliau pasti punya waktu 10 menit untuk berolahraga setiap harinya.

Olahraga ringan yang tidak sulit untuk dilakukan pastilah bisa dikerjakan dalam waktu 10 menit.

Jika Anda masih tidak punya waktu maka coba pikirkan kembali kegiatan apa saja yang jadi prioritas anda seharian.

Kita bisa menukar waktu olahraga dengan mengurangi untuk nonton TV, browsing internet, menonton atau membaca berita.

Melakukan olahraga selama 5 menit sehari tentunya akan membuat hidup anda ke depannya menjadi lebih sehat atau setidaknya anda tidak menderita sakit-sakit akibat dari masa lalu anda yang kurang berolahraga atau terlalu pelit dengan waktu 5 menit terhadap diri sendiri.

Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga di luar ruangan mungkin bisa melakukan gerakan seperti pushup, situp.

Lakukan gerakan-gerakan olahraga sederhana selama 5 menit, setelah kita terbiasa dan sudah jadi kebiasaan sehari-hari berolahraga selama 5 menit maka kita bisa tingkatkan menjadi 10 menit sehari.

        2.       Repot ngurusin anak

Kalau anak anda usianya sudah lebih dari 2 tahun maka anda bisa membawanya ke lapangan RT atau RW di dekat rumah untuk sekedar bermain-main kejar-kejaran atau bermain lempar dan tangkap bola.

Pemainan kecil dan sederhana seperti ini tanpa kita sadari sudah cukup untuk memenuhi persyaratan 5 sampai 10 menit sehari berolahraga yang dianjurkan bagi anda yang mau hidup sehat.

Bermain dan berolahraga bersama anak di lapangan RT/RW merupakan cara yang baik untuk mengenalkan kepada anak tentang olahraga. Untuk anak yang sudah besar kita bisa memberikan pilihan untuk memilih olahraga kesukaan mereka.

Anak saya menyukai renang, meskipun tidak dapat dilakukan setiap hari tapi tetap diusahakan setiap bulannya untuk pergi ke kolam renang. Renang adalah olahraga yang sangat banyak membakar kalori tapi juga menyenangkan.

Selain manfaat olahraga, bermain dan berolahraga bersama anak juga dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak.

       3.       Tugas dan Pekerjaan kantor menguras banyak energy dan tenaga

Kalau pekerjaan kantor anda terlalu banyak menguras tenaga anda maka agar tubuh anda kembali segar, coba pertimbangkan untuk berolahraga. Dengan olahraga maka otot tubuh yang kaku setelah seharian bekerja kembali rileks.

Begitu juga dengan pikiran anda, coba bandingkan ketika pulang kantor anda langsung duduk dan nonton TV, bandingkan jika pulang kantor anda mengajak anak atau istri anda berjalan-jalan keliling kompleks selama 5 sampai 10 menit.

Atau selama 10 menit bermain-main atau melakukan gerakan-gerakan tubuh sambil mengobrol, yakin pasti anda akan meresa lebih segar dan tidak letih lesu lagi.

Bandingkan dua aktivitas tersebut, apa yang anda rasakan terhapad tubuh anda.

Melakukan gerakan-gerakan olahraga sebelum berkerja bagus untuk meningkatkan stamina anda selama bekerja, anda tidak mudah capai.

       4.       Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga

Menurut pendapat orang yang rajin berolahraga, orang akan menjadi sangat lelah karena ia jarang atau tidak pernah berolahraga secara teratur.

Semakin sering kita berolahraga secara rutin dan teratur maka badan kita akan terasa segar, lebih berenergi, stress hilang, dan sangat-sangat bersemangat.

Jika anda merasa sangat lelah maka yang harus anda katakan pada diri sendiri adalah “ saya hanya butuh keluar rumah sebentar, lompat-lompat sidikit, berjalan keliling komplek, merenggangkan badan sebentar “

       5.       Lagi sakit nih

Jika benar-benar sakit, demam, flu berat atau kondisi medis yang serius, olahraga sama sekali tidak dianjurkan.  Sama halnya jika kita sedang mengalami luka atau cedera serius pada anggota badan kita.

Jika sedang flu ringan maka kita masih bisa berolahraga ringan dengan berjalan-jalan melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu melelahkan.

Kondisi badan yang sedang sakit merupakan satu-satunya alasan yang paling bisa dipakai untuk tidak berolahraga.

      6.       Keluarga saya tidak terlalu suka berolahraga

Faktor keluarga atau lingkungan biasanya turut membentuk kebiasan seseorang, jika dalam keluarga kita jarang sekali ada yang berolahraga rutin maka anggota lainnya pasti sama.

Namun jika anda menyadari betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan maka anda bisa mulai menyadarkan anggota lagi di rumah anda dengan mengirim  artikel atau berita yang anda dapat dari internet melalui pesan WA atau sosial media agar mereka mendapatkan pencerahan.

Jika segala usaha untuk menyadarkan atau membuat anggota keluarga lain untuk berolahraga tetap tidak berhasil atau mengalami progress yang lambat maka sebaiknya anda tidak perlu menuggu mereka.

Lakukan kegiatan olahraga rutin sendiri saja sebab diri kitalah yang paling bertanggung jawab atas kesehatan kita.

Mungkin setelah melihat perkembangan atau manfaat yang kita rasakan baru mereka mau berolahraga. Bisa jadi mungkin orang tua atau istri anda mengijinkan anda untuk membeli sepeda atau fasilitas olahraga lainnya.

Pada akhirnya keputusan itu harus datang dari disi sendiri apapun kondisi lingkungan kita.

        7.       Lebih keren kalau olahraganya di Gym atau fitness center tapi biayanya mahal

Olah raga sendiri dengan peralatan seadanya jadi alasan yang paling sering dipakai untuk tidak berolahraga sama sekali.

Tapi hakikat berolahraga itu sebenarnya bukan untuk gaya-gayaan atau sekedar pamer, tapi yang utama adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan badan dan pikiran kita.

Banyak jalan untuk mendapatkan manfaat dari olahraga sepanjang kita mempraktekannya, masalahnya bukan pada tempat atau fasilitas olahraga yang digunakan tapi melakukannya secara rutin.

Mau di gim atau di lapangan RT/RW tidak jadi soal yang penting dilakukan secara rutin.

        8.       Olahraga itu adalah kegiatan fisik yang berat dan sulit

Jangan mulai olahraga dengan mengangkat beban, mulailah dengan gerakan yang mudah. Coba dengan berjalan selama 5 menit, atau 5 kali pushups.

Jika itu terlalu berat, lakukan 2 menit berjalan atau 2 kali push-ups. Mulailah dari kegiatan kecil dan tambah porsinya  secara bertahap setiap kali melakukan latihan.

         9.       Saya tidak punya sepatu atau pakaian olahraga

Ini adalah alasan yang paling mengada-ada agar tidak berolahraga, karena dengan mengenakan celana jins sekalipun kita dapat berjalan-jalan.

Tanpa sepatu, atau cukup dengan sandal pun kita bisa berjalan-jalan, bahkan tanpa alas kaki sekalipun kita dapat berlari-lari kecil di depan rumah atau berputar satu dua blok dari rumah kita.

       10.    Saya kelihatannya kurang bagus kalau sedang berlari, pushup atau bersepeda

Hahhaahah, banyak dari kita yang dalam hatinya selalu memakai alasan ini, padahal tidak ada juga orang memperhatikan kita saat berolahraga; Memangnya siapa kita? Sebenarnya kita bisa melakukannya di dalam rumah atau di halaman rumah yang tertutup pagar.

Jadi alasan seperti ini jangan sampai membuat anda menjalani hidup tanpa olahraga.

        11.   Saya benci lari-lari

Ada seribu satu macam olahraga yang bisa kita lakukan selain berlari. Bersepeda, bermain-main bersama anak, bulu tangkis, lempar tangkap bola, aerobic, pushup situp, angkat beban, jalan-jalan keliling di mal, naik gunung, berenang, bermain di pantai dan lainnya adalah bentuk olahraga yang  bisa dilakukan selain berlari.

        12.   Cuaca yang kurang mendukung

Cuaca yang tidak mendukung seperti hujan membuat orang malas-malasan untuk berolahraga, pada situasi cuaca yang kurang bersahabat seperti itu lebih enak jika bermalas-malasan.

Tapi sebenarnya kita masih bisa melakukan olahraga di dalam ruangan dan tidak perlu keluar rumah.

       13.   Tidak punya motivasi untuk berolahraga

Motivasi itu harusnya datang dari diri sendiri bukan dari lingkungan atau situasi, carilah motivasi  dari berbagai macam sumber yang bisa menggerakkan anda untuk berolahraga.

Cerita teman yang meninggal di usia 38 tahun karena terkena stroke menjadi motivasi yang paling menggerakan untuk segera berolahraga.

Kesimpulan

Berolahraga adalah soal minat dan kesadaran diri pribadi akan pentingnya hidup sehat.

Tidak ada yang lebih berharga dari kesehatan, karena berapa pun banyaknya uang yang anda miliki tidak akan mampu mengembalikan waktu dan kondisi badan yang sehat sebelum anda terkena serangan penyakit mematikan.

Menjaga kesehatan harus dilakukan selagi kondisi tubuh masih bugar dan sehat bukan setelah tua dan sakit-sakitan.

Mulailah dari sekarang dan hindari alasan-alasan yang menghalangi anda untuk berolahraga seperti yang dijabarkan di atas.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share