Antara Tablet Android, PlayStation atau Sepeda Lipat

Dari tiga permintaan anak berikut ini mana yang mesti kita penuhi, tablet atau Play Station atau sepeda lipat. Bagi orang tua dengan pengahasilan yang pas-pasan, keputasan yang diambil pasti dengan pertimbangan matang mana diantara ketiga barang tersebut yang harus dipilih. Bagi yang berkelebihan uang, tiga permintaan tersebut tidak masalah untuk untuk dipenuhi sekaligus.Antara Tablet PlayStation atau Sepeda Lipat

Yang ingin saya bahas adalah bukan soal kemampuan untuk memenuhi permintaan sang anak tapi lebih soal mana gadget yang paling banyak berguna bagi pekembangan anak.

Saya punya anak yang masih SD yang meminta untuk dibelikan Play station. Sebelumnya saya sudah berjanji untuk membelikan sebuah sepeda lipat. Berselang dua minggu ia kembali menagih janjinya dan saya katakan bahwa untuk saat ini mungkin yang akan diprioritaskan adalah membelikan dia sepeda lipat.

Anak saya lalu memberikan opsi penawaran bahwa bagaimana kalau sepeda lipat dibatalkan saja dan sebagai gantinya adalah membelikan dia sebuah tablet Android keluaran terbaru. Hmmm .. Bingung juga.

Setelah mendiskusikan dengan sang Istri, ternyata masukan dan pendapat para ibu itu sungguh bijaksana. Seperti apa keputusan kami sebagai orang tua terkait permintaan anak kami ini, berikut ulasannya:

  1. Prioritaskan yang paling penting bagi si kecil

Dari tiga barang tersebut, Tablet, play station dan sepeda lipat yang paling menjadi prioritas adalah sepeda lipat.Antara Tablet PlayStation atau Sepeda Lipat2

  1. Mengapa sepeda lipat menjadi prioritas pertama

Alasannya adalah dengan sepeda, anak-anak akan lebih sehat karena lebih sering menggunakan sepeda lipatnya. Dengan bersepeda mereka akan lebih banyak bergerak karena naik sepeda adalah kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan. Tidak ada sama sekali dampak negatif dari sepeda kecuali terjatuh dari sepeda.Play station dan tablet Antara Tablet PlayStation atau Sepeda Lipat

  1. Play station dan tablet

Play station dan tablet akan membuat anak lebih banyak berdiam diri, mengisolasi diri dalam dunia yang serba maya. Menurut saya, anak SD yang masih berkembang secara fisik dan mental, play station dan tablet bukan pilihan yang bagus untuk membantu perkembangan fisik dan mental mereka.

  1. Jika terpaksa harus memilih antara playstation atau tablet, mana yang harus didahulukan.

Menurut saya lebih baik membelikan tablet dari pada play station. Tablet android memiliki ribuan aplikasi yang tidak saja berupa game tapi juga aplikasi lainnya yang berguna menambah pengetahuan dan bisa didapatkan secara gratis. Sedangkan Playstation tentu hanya berisi game saja dengan jumlah yang tidak sebanyak tablet Android.

  1. Bagaimana menjelaskan kepada anak tentang keputusan para orang tua.

Menyampaika kepada anak tentang apa yang nanti diberikan kepada mereka harus dengan disertai penjelasan yang bisa diterima oleh mereka.

Saya katakan kepada anak saya bahwa Playstation memiliki permainan yang jumlahnya terbatas sedangkan pada tablet permainan dan aplikasi yang tersedia sangat banyak. Kita bisa memasang dan mengganti aplikasi di tablet secara mudah dan cepat.

Sebagai orang tua saya juga memberikan pengertian kepada anak bahwa untuk saat ini lebih baik bagi dia untuk memiliki sepeda terlebih dahulu. Dengan sering naik sepeda maka badan lebih sehat dan tidak gampang sakit.

  1. Dari ketiga gadget tersebut mana yang secara langsung dapat mempengaruhi prestasi sekolahnya.

Anak saya mengatakan bahwa beberapa temannya sudah memiliki perangkat Playstation, satu pertanyaan yang langsung terlontar saat itu adalah bagaimana prestasi belajarnya di sekolah. Kata anak saya teman-teman nya yang memiliki PS semuanya sering remedial, prestasi mereka tidak begitu bagus.

Menurut saya, untuk anak yang masih SD, memiliki gadget seperti PS dan tablet secara tidak langsung mempengaruhi prestasi belajar mereka.

  1. Keputusan ada di tangan orang tua bukan pada sang anak

Saya dan anak saya lalu mengambil keputusan bersama bahwa yang pertama dibelikan untuk dia adalah sepeda lipat. Saya juga memberikan penjelasaan bahwa saat ini dia belum membutuhkan tablet, tablet mungkin menjadi pertimbangan untuk dibelikan tapi tidak saat ini. Untuk PS untuk saat ini sama sekali tidak masuk dalam daftar pertimbangan kami.

Seperti apapun desakan dari sang anak, leputasan adalah mutlak berada di tangan orang tua. Pastikan anda memutuskannya tidak berdasarkan rengekan sang anak saja.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share