Cukup Dengan 3 Pertanyaan Ini, Kamu Bisa Me-review Kembali Perjalanan Hidup Sepanjang Tahun Ini

Tanpa terasa perjalanan waktu tahun 2016 sudah hampir berakhir, banyak kejadian dan momen penting dalam hidup kita yang terlewati sepanjang tahun ini.

Jika anda merasa bahwa tahun ini dilalui begitu saja tanpa ada sesuatu yang berarti dan kemudian mencoba membuat semacam tekad untuk melakukan sesuatu yang lebih berarti di tahun berikutnya maka sebaiknya anda merenungi dulu perjalanan anda di tahun ini dengan mencoba mencari jawaban atas tiga pertanyaan sederhana berikut ini.

Dengan merenungi pertanyaan-pertanyaan ini maka anda akan lebih fokus untuk menatap tahun berikutnya dan mudah-mudahan tidak lagi mengulang kesalahan-kesalahan yang menguras energi akibat salah membuat keputusan dengan memilih jalan yang kurang tepat seperti di tahun sebelumnya.

Berikut adalah tiga pertanyaan yang harus anda gunakan untuk mengarahkan diri anda dalam mengawali tahun yang baru.

  1. Apa saja yang sudah anda lakukan di tahun ini yang membuat anda begitu bangga?

Mulailah membuat daftar semua kegiatan yang kira-kira paling membanggakan. Apa saja, mulai dari hobi, kegiatan untuk meningkatkan kesehatan, membantu orang tua atau saudara.

Dengan melihat pencapaian kita selama ini tentunya akan membuat kita tahu bahwa tanpa sadar kita sudah banyak melakukan hal positif atau bisa juga sebaliknya, kita tidak terlalu banyak berbuat kesalahan sepanjang tahun ini.

Dengan apa yang sudah kita lakukan maka tentunya pencapaian tersebut bisa menjadi motivasi yang kuat bagi kita untuk melakukan hal yang lebih baik lagi di tahun depan.

  1. Pelajaran apa yang dapat diambil dari kesalahan anda selama ini?

Semua orang pasti membuat kesalahan, dengan kejadian atau pengalaman yang sudah-sudah maka kita dapat berpikir tentang bagaimana caranya untuk mengubah kesalahan tersebut menjadi sebuah pelajaran agar di tahun depan kita jadi bisa lebih berpikir dan bertindak secara positif.

  1. Apa saja hal-hal yang mesti kita tinggalkan?

Tentunya tidak semua rencana-rencana yang kita buat di permulaan tahun berjalan dengan baik di sepanjang tahun tersebut. Kita harus memutuskan apa saja rencana hidup yang kurang tepat  yang mesti kita hentikan atau tidak dilanjutkan di tahun berikutnya.

Kenapa harus ditinggalkan mungkin karena ada rencana lain yang lebih penting dan lebih menjadi prioritas atau bisa jadi rencana tersebut sudah tidak lagi memiliki prospek yang baik, atau mungkin juga anda sudah tidak lagi membutuhkannya.

Ingat,  cukup dengan tiga pertanyaan sederhana saja.

Semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share