Jadikan Hari Ulang Tahun Sebagai Momen Pengingat Hal-hal Penting

Saat-saat ketika akan tiba hari ulang tahun, misalnya satu bulan sebelumnya maka rentang waktu tersebut merupakan hari-hari yang penting untuk mengecek dan mengurusi beberapa hal.

Hal yang dimaksud adalah bukan memikirkan kapan dan di mana traktiran kepada teman-teman atau orang terdekat.jadikan-hari-ulang-tahun-anda-sebagai-momen-pengingat-hal-hal-penting

Yang saya maksud adalah segera cek jatuh tempo masa berlaku beberapa dokumen dan surat-surat penting seperti SIM, masa berlaku Kartu kredit, tagihan pajak dan sebagainya.

Berikut apa saja yang mesti diperhatikan menjelang hari ulang tahun kita:

1. Perpanjangan Surat Ijin Mengemudi atau SIM

Beberapa hari yang lalu seorang rekan kantor mengatakan bahwa SIM A –nya sudah tidak berlaku lagi, ia lupa kalau saat tepat hari ulang tahunnya pada tahun ini masa berlaku SIMnya habis.

Setelah lewat hari ulang tahunnya ia baru tersadar dan SIM A miliknya sudah tidak lagi bisa diperpanjang karena sudah lewat masa berlaku-nya.

Hal tersebut ia pastikan setelah sebelumnya ia mendatangi Mapolres tempat tinggalnya, Ia pun bertanya ke petugas di kantor polisi dan informasi yang ia dapatkan bahwa peraturan baru menyatakan bahwa pemilik SIM yang tidak sempat memperpanjang SIMnya sehingga habis masa berlakunya, tidak bisa lagi melakukan perpanjangan ( dengan dikenai denda) dan harus membuat SIM yang baru.

Waaaah, repot benaaar!!. Repot waktu, repot duitnya juga …..

Akhirnya dengan berat hati ia pun mendaftar ulang dan mengikuti tes. Beruntung waktu tes bisa dilakukan di hari sabtu namun prosesnya tidak semudah yang kita bayangkan.

Saat ujian teori ia dinyatakan gagal, padahal ia sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya…. Setelah itu ia masih diberikan kesempatan untuk mengulang kembali ujian teori tanpa harus mengurusnya dari awal, tapi waktu pendaftaraan ulang-nya baru bisa dilakukan satu minggu sejak hari ujian yang gagal tersebut.

Beruntung saat ini KTP sudah tidak lagi menggunakan system batas waktu, KTP sudah menggunakan system berlaku seumur hidup, kalau tidak, saya yakin teman itu pasti sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Hmmmm mudah-mudahan anda tidak sampai mengalaminya.

2. Jadikan hari ulang tahun sebagai momen pengingat masa berlaku kartu kredit

Kartu kredit biasanya memiliki masa berlaku yang lebih pendek dibandingkan dengan SIM biasanya sekitar 3 tahun.

Meskipun masa berlaku kartu kredit tidak mengikuti tanggal lahir kita tapi tidak ada salahnya kita cek kartu kredit kita saat menjelang hari ulang tahun kita untuk memastikan masa berlakunya.

Buatlah sebuah daftar kegiatan tahunan yang biasa anda lakukan setiap kali menjelang hari ulang tahun anda, masukkan daftar kartu kredit sebagai daftar yang mesti dicek dan diurus perpanjangan jika sudah mendekati tanggal jatuh tempo.

3. Pengingat untuk membayar tagihan pajak.

Beberapa waktu yang lalu ketua RW saya berkeliling ke beberapa rumah warga, karena saya tidak kebagian dikunjungi si Pak ketua RW, maka saya pun bertanya kepada beliau, “ Pak RW, kok saya tidak disamperin sama bapak “ … Ia pun menjawab “ Ini mas, saya cuma diminta bantuan sama pihak kelurahan untuk mendatangin dan mengingatkan kepada warga di RW kita yang masih nunggak bayar paja PBB. “ “Oooohh gitu…. “ kata saya.

Salah satu tetangga saya pun termasuk yang dikunjungi pak RW, bahkan ia mengatakan bahwa ia sudah 10 tahun menunggak membayar pajak PBB, 10 tahun… Tidak jelas alasan kenapa bisa sampai menunggak selama 10 tahun tapi ia cuma bilang bahwa ia sering kelupaan untuk membayar.

Pembayaran pajak PBB biasanya jatuh tempo di bulan September namun kita bisa membayarnya berbulan-bulan sebelumnya.

Bayar pajak PBB adalah salah satu kegiatan yang sebaiknya anda masukkan dalam daftar yang mesti anda lakukan dan menjelang hari ulang tahun anda sebaiknya anda masukkan ke daftar yang mesti anda cek.

4. Waktunya untuk memberikan seuatu kepada orang tua

Menjelang hari ulang tahun sebaiknya anda merenung dan memikirkan apa yang kita mau berikan kepada orang tua sebagai rasa terima kasih kita kepada mereka, karena selain kehendak Tuhan kehadiran kita di dunia hingga dewasa juga merupakan andil dari kedua orang tua kita.

Mungkin jarang sekali kita lakukan hal tersebut tapi momen ulang tahun adalah momen pas untuk memberikan sesuatu atau menunjukan rasa terima kasih kita kepada orang tua.

Demikan 4 hal yang mesti kita ingat ketika menjelang hari ulang tahun kita.

Semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share