Kebiasaan dan Ritual Di Pagi Hari Yang Jadi Kunci Sukses Seseorang

Kebiasaan yang dilakukan saat bangun pagi sangat menentukan sukses tidaknya kita selama beraktivitas seharian. Kegiatan di pagi hari adalah penentu apakah usaha dan kegiatan kita sepanjang hari tersebut akan mencapai target atau hanya dilalui begitu saja tanpa ada hasil.

Sudah banyak tokoh-tokoh sukses terkenal yang memulai aktivitasnya di pagi hari dengan melakukan ritual atau kebiasaan tertentu yang membuat jam-jam berikutnya di hari ini, mereka lewati dengan beragam kesuksesan.

Jadi kalau mau buat hari-hari kita penuh dengan pencapaian target maka terapkan 6 kebiasaan yang cukup sederhana dan tidak susah ini setiap hari.

1. Atur waktu alarm secara tepat dan segera bangun tepat waktu

Mengapa harus bangun pagi tepat waktu? Secara psikologis dengan bangun pagi tepat waktu maka otak atau pikiran kita akan terbiasa untuk memperhatikan hal-hal yang sifatnya spesifik.
Jika sebelumnya jika anda mau bangun jam 6:00 maka anda mengatur alarm tepat jam 6:00 dan biasanya baru bangun setelah 5 atau 10 menit berlalu dari jam 6:00.

Sebaiknya mulai sekarang ganti kebiasan tersebut, jika anda ingin bangun jam 6:00 maka aturlah agar alarm berbunyi di jam 5:55 agar anda bisa benar-benar bangun dari tempat tidur di jam 6:00.

Lakukan rutinitas tersebut dan jika terbiasa bangun pagi tepat waktu maka kita akan terbiasa melakukan pekerjaan lainnya secara tepat waktu juga, tepat metodenya, tepat caranya dan juga tepat sasaran.

2. Buat dan tulis sebuah tujuan atau niatan yang ingin dicapai pada hari ini

Setelah bangun dari tempat tidur, sambil menyiapkan sarapan maka buatlah sebuah rencana target yang ingin dicapai pada hari ini.

Tulislah sebuah tujuan yang membuat Anda secara signifikan lebih mungkin mencapainya dan saya sangat yakin bahwa target tersebut akan tercapai.

Gunakan notepad di hape anda untuk mencatat sebuah tujuan (hanya satu!) yang akan mungkin dicapai dalam 24 jam ke depan. Buatlah niat yang sederhana dan mudah untuk dicapai.

3. Tentukan waktu terbaik anda

Waktu terbaik adalah waktu di mana anda benar-baner mendedikasikan untuk melakukan hal-hal yang paling ingin anda lakukan pada pagi hari.

Pada waktu tersebut sama sekali tidak ada gangguan atau interupsi yang mengganggu fokus anda terhadap kegiatan tersebut. Misalnya anda bangun jam 6, anak anda bangun jam 7, maka waktu terbaik adalah satu jam, dari jam 6 sampai jam 7.

Yang paling tidak disarankan untuk dilakukan saat waktu terbaik adalah mengecek email. Mengecek email akan membuat anda tidak dapat fokus pada pikiran anda dalam membuat rencana anda hari ini.

Mengecek email membuat kita mudah terpengaruh terhadap isi email dan membuat prioritas hidup kita didikte oleh orang lain. Membaca email di jam terbaik membuat kita menjadi lebih reaktif, pada hal di jam atau waktu terbaik kita ini kita harus bersikap proaktif.

4. Isi ulang tenaga anda dengan makanan yang tepat dan sehat

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk menyantap makanan yang sehat, karena pada pagi hari kita masih memiliki keinginan yang kuat untuk makan secara sehat.

Ketika hari menjelang siang, sekitar pukul 9:00 kita sudah mulai tergoda untuk meninggalkan sarapan sehat dan tergoda menyantap makanan yang tidak sehat.

Kita akan merasa lebih senang jika berhasil menjaga kesehatan kita menyantap makanan sehat. Ketika masih muda, kita sering melewatkan makan siang dengan hal-hal yang ada di depan atau di sekitar kita.

Sekarang saya sadar bahwa rutinitas yang sehat membuat pikiran kita jadi sehat dan lebih fokus. Kita tidak akan menjadi seorang pemimpin yang percaya diri dan lebih berenergi jika Anda tidak memperlakukan tubuh anda dengan benar.

5. Pilih angkutan yang paling efisien yang mesti anda gunakan

Meskipun dikatakan semakin banyak jam kerja kita maka akan membuat kita semakin sukses namun tidak semua waktu kita dalam sehari kita habiskan untuk bekerja. Beberapa jam waktu kita lebih sering terbuang percuma karena habis di jalanan yang macet.

Ini pilihan yang sulit, terutama jika anda tinggal di kawasan seperti Jabodetabek yang super macet. Angkutan yang paling efisien, cepat, murah adalah kereta api atau commuter line.
Bandingkan dengan naik bus atau membawa kendaraan pribadi ke kantor.

6. Tidurlah yang nyenyak di malam hari

Rahasia agar pagi hari menjadi produktif adalah tidur nyenyak di malam sebelumnya. Biasanya waktu tidur yang tepat sekitar pukul 10.00.

Sebelum tertidur sebaiknya anda membuat catatan berisikan hal-hal yang anda syukuri sepanjang hari ini.
Ini penting terutama saat kita mengalami hari yang buruk atau mengalami masalah, catatan ini akan memberikan kita kesegaran atas kemajuan yang sudah kita lakukan dalam hidup kita.

Ketika kita tidur dengan suasana pikiran yang positif akan membuat pagi hari kita menjadi pagi yang penuh semangat dan produktif.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share