Mana Duluan Sampai? naik ojek, naik bus atau naik kereta Api.

Bagi anda yang berada di sekitar kawasan Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang ingin ke Jakarta maka pilihan moda transportasi umum yang paling hemat dan cepat adalah Bus Kota, KRL Commuter Line dan Ojek Motor.Mana Duluan Sampai  naik ojek  naik bus atau naik kereta Api

Dari ketiga moda tranportasi tersebut mana yang paling cepat sampai di tujuan dengan aman, nyaman dan hemat biaya.

  1. Naik Ojek atau motor

Naik motor dari Bekasi Timur sampai di kawasan Slipi, Jakarta Barat, butuh waktu 1,5 jam sampai dua jam bahkan lebih tergantung situasi jalan yang dilalui. Jarak tempuh Km sekitar 35 Km sekali jalan dan 70 Km pulang pergi.

Untuk motor 125 CC jika anda isi bensin full tank dengan biaya sebesar kurang lebih 25 ribu maka biasanya hanya cukup untuk satu kali perjalanan bolak balik saja.

Jika anda naik ojek berbasis aplikasi maka biayanya pasti lebih mahal atau jika sedang promo maka biayanya lebih murah dari beli bensin full tank motor anda.

Alternatif jalan yang dilewati kalau dari Bekasi cukup beragam tergantung tujuan anda, jika anda hendak ke daerah Mangga Dua dan sekitarnya maka anda bisa melewati rute perumahan Harapan Indah, Pulogadung, Kelapa Gading, Sunter.

Jika anda bertujuan ke Blok M, pondok Indah, Lebak Bulus maka anda bisa mengambil rute Kalimalang, Gatot subroto Semanggi, senayan. Rute yang sama bisa anda pakai jika hendak menuju ke Slipi – Grogol – Roxy , Cengkareng, Pluit.

Jika anda hendak ke Monas, Tanah abang, Salemba, Matraman, Pasar Senen maka anda bisa menggunakan rute Cakung, Buaran, Klender, Cipinang , Jatinegara – Kampung Melayu. Rute yang sama bisa juga anda pakai jika hendak menuju ke Tebet, Kuningan, Sudirman Thamrin.

Waktu tempuh motor tidak lagi melihat pada motor apa yang anda pakain, saat ini waktu tempuh sudah sangat bergantung pada kondisi jalan, jika sepi dan lancar maka anda akan sampai lebih cepat atau tepat waktu.

  1. Bus Kota.

Bus Kota seperti penghubung transjakarta atau APTB atau Feeder Bus Way ketika masuk ke wilayah ibu kota biasanya mereka akan langsung mengikuti jalur Bus Way yang sudah ada.

Sebagai gambaran menggunakan feeder penghubung dari Bekasi ke Slipi misalnya bisa menempuh waktu 2 jam.

Padatnya ruas jalan dari Pancoran sampai Kuningan membuat waktu tempuh semakin lama. Saat ini dengan kondisi ruas jalan yang pada di daerah kuningan maka waktu tempuh dari Bekasi ke Slipi bisa memakan waktu dua sampai 3 jam perjalanan.

Biaya yang mesti anda keluarkan untuk sekali jalan adalah 12 ribu sampai 17 ribu.

Jika anda naik bus kota yang model lama waktu tempuhnya sangat bergantung pada kondisi jalan tol yang di lewatinya.

Pagi hari di jalan tol yang padat, waktu tempuh Bus bisa mencapai 2 sampai 3 jam perlanan dari Bekasi ke Kawasan Slipi.

  1. KRL Commuter Line Jabodetabek

KRL adalah moda transportasi yang paling cepat yang pernah saya rasakan di Ibu Kota. Dari Bekasi ke Tanah Abang bisa di tempuh dalam waktu cuma 50 sampai 60 menit.

Ongkos atau biaya sekali perjalanannya cuma 2 ribu rupiah.

Dari Stasiun Tanah Abang ke kawasan Slipi bisa di tempuh dalam waktu 10 hingga 20 menit dengan biaya kurang lebih 5 ribu rupiah.

Total waktu tempuh Bekasi – Slipi adalah 1 Jam 10 menit dengan biaya sekali jalan kurang dari 10 ribu rupiah.

Sebagai kesimpulan adalah KRL commuter line merupakan mode transportasi di kawasan Ibu kota dan sekitarnya yang paling cepat dan paling murah.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share