Nasehat dan Inspirasi Dari Ahli Fisika Ternama Untuk Anak Muda

Stephen Hawking tidak saja dikenal sebagai ahli Fisika tapi juga ia terkenal akan kisah hidup dan kata-katanya yang menginspirasi.

Tidak terkecuali bagi kaum muda, para kaum muda sebaiknya mendengarkan dan merenung kata-kata beliau tentang bagaimana menjalani hidup.

Meski memiliki pandangan yang kontroversial tentang Tuhan, di mana ia mengatakan bahwa:

 “Saat orang bertanya apakah Tuhan menciptakan alam semesta, saya mengatakan bahwa pertanyaan itu tak masuk akal. Waktu tak eksis sebelum big bang, jadi tak ada waktu bagi Tuhan untuk menciptakan semesta.”

Maksudnya adalah sebelum terjadi proses terbentuknya jagat raya tidak ada yang namanya waktu, jadi menurutnya tidak ada waktu bagi Tuhan untuk menciptakan alam semesta.

Namun bagi yang tidak suka dengan pernyataan kontorversi ini, banyak nasehat dan kata-kata inspiratif yang dapat kita pakai untuk menjadikan kita lebih bersemangat sama seperti beliau yang selalu semangat dalam menjalani hidup meski dengan kondisi fisik yang serba terbatas.

Berikut adalah kata-kata yang menginspirasi dari Stephen Hawking:

1.    Ingatlah untuk selalu melihat bintang dan tidak ke kakimu

2.    Jangan menyerah dalam bekerja. Pekerjaan memberimu arti dan tujuan, hidup tak akan berarti tanpanya

3.    Jika kamu beruntung menemukan cinta, ingat, cinta ada di sana dan jangan sia-siakan

4.    Hawking memberikan nasihat secara khusus kepada orang dengan keterbatasan fisik , tapi nasehat tersebut berlaku juga kepada semua orang yang secara fisik normal tapi tak satu pun sempurna.

“Saya percaya orang dengan keterbatasan seharusnya berkonsentrasi melakukan yang tetap bisa dikerjakan dengan kursi roda dan tidak menyesali hal lain yang tidak bisa dilakukan,”

Dengan kata lain, jangan menyesal karena memiliki kelemahan, tetapi fokus mengembangkan diri dengan apa yang dimiliki.

5.    Untuk orang yang mudah menyerah, Hawking juga mengajari untuk pantang menyerah dengan menasehati seperti ini:

“Jadilah orang yang selalu bertanya. Sesulit apa pun hidup, akan selalu ada sesuatu yang bisa kamu kerjakan dan mengantarkan pada keberhasilan. Penting bagimu untuk tidak menyerah.”

6.    Sejak usia 21 tahun Hawking divonis hanya bertahan hidup selama 2 tahun, tapi nyatanya ia masih hidup hingga kini, berikut nasehatnya terkait hal tersebut:

“Saya telah hidup dengan prospek mati lebih awal selama 49 tahun. Saya tidak takut kematian. Namun, saya juga tidak ingin mati dengan cepat. Ada banyak hal yang ingin saya lakukan dalam hidup saya,” ujar dia. Hawking tidak percaya hidup setelah mati. Ia mengatakan, “Kehidupan setelah mati hanya untuk orang yang takut kegelapan.”

7.    Soal perbedaan, Stephen Hawking memberikan nasehat yang tidak kalah bagusnya:

“Kita semua berbeda. Tidak ada yang bisa disebut sebagai standar manusia. Namun, kita semua berbagi semangat kemanusiaan yang sama.”

8.    Soal tantangan masa depan, Hawking juga menyadarkan kepada kita seperti apa tantangan di masa depan dan bagaimana menyikapinya:

“Kita sekarang memiliki teknologi untuk menghancurkan planet kita, tetapi belum mengembangkan teknologi untuk lari. Dalam ratusan tahun ke depan, kita mungkin bisa mengolonisasi area bintang lain, tetapi sekarang kita hanya punya satu planet, dan kita perlu bekerja sama untuk melindungi. Untuk melakukannya, kita perlu menghancurkan sekat-sekat, bukan malah menambah,”

Semoga terinspirasi
Sumber: Kompas.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share