Seperti Apa Persiapan Anda Saat Musim Yang Tidak Tentu

Bulan Januari sampai Maret masih termasuk dalam musim penghujan, tapi melihat dari pengalaman di tahun 2016 lalu, sepanjang tahun itu tidak ada jedahnya hujan turun, dalam seminggu di tahun 2016 pasti ada hari yang diisi dengan titik air hujan.

Turunnya hujan tidak bisa diprediksi, bahkan ketika cuaca sedang terik-teriknya, tiba-tiba hujan mengguyur dengan derasnya.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya hujan, yang bisa kita lakukan adalah mencegah diri kita terhindar dari suasana hati yang buruk alias bad mood karena suasana hujan.

Kalau sudah terkena bad mood atau suasana hati ogah-ogahan maka urusan jadi rumit, dampak bad itu seperti ini:

  • Pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu satu jam, bisa jadi berjam-jam
  • Konsentrasi dan fokus yang biasanya selalu stabil jadi berkurang
  • Semangat diri yang membara jadi suram seperti bara tersiram hujan….. hahahaha
  • Lebih sering galau dan serba uring-uringan

Yang jadi soal adalah kita sering bertanya apa obatnya kalau sudah kena bad mood tapi kita jarang bertanya bagaimana cara menghindarkan diri dari bad mood.

Bad mood itu tidak ada obatnya, caranya biar tidak bad mood itu adalah menghidarinya.

Salah satu cara untuk menghindarkan anda dari badmood adalah mempersiapkan diri anda dalam menghadapi suasana musim yang sulit diprediksi. Terutama saat-saat hari-hari yang kita lalui dengan hujan yang terus mengguyur.

Jangan pernah menyalahkan alam, jangan pernah juga menyalahkan diri sendiri karena hidup di jaman global warming, tapi siapkan diri anda menghadapi semua itu. Berikut adalah tips dari saya, bagaimana menghadapi situasi hujan yang selalu bikin bad mood.

  1. Siapkan jas hujan

Kalau anda sering naik motor, maka wajib untuk memiliki jas hujan. Pilih dan beli jas hujan yang ukurannya dua kali di atas ukuran normal anda.

Misalnya, jika kita biasanya menggunakan jas hujan ukuran L maka sebaiknya kita ganti dengan ukuran yang jauh lebih besar, kalau bisa dua ukuran di atasnya, XXL.

Oh gitu,, yah… karena saat anda bepergian, saya yakin barang bawaan seperti tas ransel pasti ikut juga. Kalau ukuran jas hujan pas di badan maka siap-siap saja tas ransel anda basah.

Dengan memakai jas hujan ukuran besar maka tas dan sepatu kita bisa terlindung dari air hujan.

Pasti anda bertanya, jas hujan merk apa yang bagus?

Saya punya jas hujan yang sudah 3 tahun mengisi bagasi motor dan sampai saat sekarang ini, hanya resleiting nya saja yang sudah tidak berfungsi lagi. Semua bagian lainnya masih berfungsi baik dan tidak ada sobekkan sama sekali.

Merk jas hujannya adalah Tiger Head, kepala macan…. Jas hujan ini lumayan cukup untuk direkomendasikan kepada pembaca sekalian karena kondisi pada bagian selangkangannya masih seperti ketika pertama kali waktu dibeli, tidak ada sobekan sama sekali.

Sebelum membeli jas hujan tiger head, jas hujan lainnya sering robek pada bagian selangkangan, berawal dari sebuah sobekan kecil dan makin lama makin membesar dan tidak bisa digunakan lagi.

Buat saya jas hujan yang bagus itu adalah jas hujan yang tidak mudah dan tahan sobek pada bagian selangkangan… itu saja.

Harganya cukup mahal, 200 ribu, tapi saya tidak menyesal karena 3 tahun berlalu masih tetap saya gunakan.

  1. Siapkan payung kecil

Biasanya yang cowo-cowo pasti gengsi kalau membawa payung, lebih baik hujan-hujanan dari pada harus menenteng payung. Sekarang ini musim hujan bro…. Kalau sering-sering basah-basahan maka itu akan membuat mood anda jadi turun dan gampang loyo.

Kalau pikiran sudah lemas maka fisikpun ikut-ikutan lemas… Saat semuanya lemah maka dengan mudah penyakit menyerang dan anda pun mudah sakit.

Gengsi itu datangnya dari diri anda sendiri, bukan karena penilaian orang. Kalaupun penilaian orang seperti itu, anda tidak perlu harus memikirkannya, sebab ketika anda sakit maka anda sendiri yang akan mengurusi diri bukan orang lain.

Payung yang dibawa juga jangan yang panjang dan besar, yang kecil lebih bagus dan mudah disimpan dalam tas.

  1. Siapkan jaket

Ketika musim hujan suhu udara di luar jadi turun, jika suhu ruangan ber AC yang diatur tidak berubah maka kemungkinan suhu ruangan akan lebih dingin dari biasanya.

Biar tidak kedinginan maka pakailah selalu jaket anda di dalam atau di tempat mana pun yang terasa dingin.

  1. Siapkan gelas dan botol air tahan panas

Jika gelas atau botol minuman anda terbuat dari plastik yang tidak tahan panas maka segeralah anda ganti dengan yang tahan panas karena anda akan lebih sering menuangkan air panas untuk menghangatkan tubuh.

Tuanglah air panas dan campur sedikit dengan air dingin, minumlah dalam keadaan masih hangat supaya tubuh tidak mudah masuk angin.

  1. Siapkan kaus kaki cadangan

Kalau sepatu beserta kaus kakinya basah kehujanan maka siapkan kaus kaki cadangan agar kaki anda tidak kedinginan saat dalam ruangan dingin.

Kaus kaki dan sepatu basah bisa anda tempatkan di belakan CPU komputer yang mengeluarkan udara panas dari fan-nya, cara ini bisa membuat sepatu atau kaus kaki lebih cepat kering. Tapi ingat jangan sampai menutup aliran udara ke CPU.

Untuk sementara, saya rasa cukup. Kalau ada tambahan lainnya akan saya update kembali.

Semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share