Tips Mengatasi Kegalauan Atas Masa Depan Bagi Kaum Muda

Bagi yang kaum muda yang baru bekerja atau baru lulus kuliah dan saat ini sedang merasa galau akan bagaimana masa depan mereka nanti, berikut adalah tips ala norisanto.com yang mesti anda pertimbangkan.

Tips ini coba saya buat berdasarkan pengalaman hidup saya selama ini. Silahkan anda baca dan renungkan, siapa tahu berguna untuk anda sekalian.

1. Jangan malu untuk meminta atau menanyakan pekerjaan kepada teman-teman kuliah yang sudah terlebih dahulu bekerja

Selama karir saya, saya tidak pernah mendapatkan pekerjaan dengan melamar pekerjaan secara langsung ke sebuah perusahaan. Pekerjaan yang saya dapatkan adalah berdasarkan informasi atau koneksi dari teman kuliah yang sudah terlebih dahulu bekerja.

Jadi menurut saya jangan segan-segan untuk menghubungi teman-teman anda yang sudah bekerja dan katakana bahwa anda sudah lulus kuliah dan sekarang sedang membutuhkan pekerjaan.

Meskipun saat anda bertanya, di kantornya sedang tidak ada lowongan tapi hal tersebut akan membuat anda berada dalam antrian terdepan jika suatu saat perusahaan tempat teman kita bekerja tersebut membuka lowongan pekerjaan.

2. Usahakan tetap setia selalu bekerja di sebuah perusahaan

Ketika anda diterima bekerja di sebuah perusahaan yang sehat, artinya anda benar-benar diperlakukan sebagai karyawan, pembayaran gajinya selalu tepat waktu, ada jaminan kesehatan, ada prospek untuk jadi karywan tetap, maka sebaiknya anda bertahan di perusahaan tersebut untuk jangka waktu yang cukup lama, kalau bisa di atas 3 tahun.

Jangan sampai sebelum masa 1 tahun kerja anda sudah mengundurkan diri, pengalaman beberapa rekan, kebiasaan kita yang resign sebelum masa kerja 1 tahun sampai 2 tahun akan membuat kita akan ketagihan untuk melakukan hal tersebut terus menerus, resign dan resign.

Semakin pendek riwayat kerja kita maka akan membuat loyalitas kita dipertanyakan dan akan memjadikan riwayat kerja kita menjadi kurang baik di mata para staf HRD perusahaan berikut yang kita lamar.

Ingatlah selalu bahwa masa kerja minimal adalah 2 tahun bagi karryawan untuk mendapatkan atau mengajukan pinjaman atau KPR ke sebuah bank. Kalau anda pindah-pindah sebelum dua tahun kerja maka rasanya anda tidak akan pernah memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas pinjaman dari sebuah bank.

3. Segeralah berpikir untuk memiliki rumah sendiri

Setelah anda bekerja dua tahun lebih di sebuah perusahaan dengan status sebagai karyawan tetap maka segeralah untuk mengajukan kredit pemilikan rumah ke bank pilihan anda. Hal ini dikarenakan anda sudah memenuhi syarat dan dianggap neraca keuangan anda sudah stabil.

Jika semakin lama anda menunda untuk memiliki rumah maka akan semakin banyak pengeluaran anda yang tidak jelas atau bukan prioritas utama dan semakin tinggi harga rumah.

4. Kembangkan hobi dan niat anda

Jika anda punya hobi yang positif segeralah menekuninya, apapun itu karena suatu ketika hobi itu bisa menjadi sumber rejeki yang dapat menjadi penghasilan utama anda.

Sudah banyak orang yang sukses memulai bisnisnya berawal dari hobi. Jika anda suka menulis atau membaca cobalah untuk membuat blog atau menulis sebuah buku, jika anda suka masak cobalah tiap minggu mempraktekan hobi anda. Dengan begitu maka lama kelamaan kemampuan dan keterampilan yang terkait dengan hobi anda akan semakin meningkat.

5. Soal jodoh

Jodoh itu tidak bisa instant, semua butuh proses jadi sebaiknya anda tidak perlu galau. Jika anda sudah menemukan calon pasangan anda mulailah untuk serius dan selalu setia.

Seorang teman yang suka berselingkuh saat masih pacaran selalu mengatakan bahwa selama pacaran kita boleh saja berselingkuh dan dia yakin akan menjadi pasangan yang setia ketika sudah menikah.

Ternyata setelah menikah dan punya anak, teman tersebut tetap saja selingkuh dan seperti selalu ketagihan dengan hubungan gelap.

Maka dari itu, saran saya sebaiknya anda cobalah untuk selalu tetap setiap sedari masih pacaran, karena sifat dan kebiasaan baik yang dilakukan sejak pacaran akan terbawa terus sampai ketika berumah tangga.

Semoga berguna

Source: Pengalaman pribadi……

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share