Ini Dia Perbedaan dan Penyebab Besar Data Kuota Yang Terpakai Saat Streaming Youtube dan Streaming Spotify

Karena perbedaan jenis data yang mengalir saat streaming video dan streaming music menyebabkan terjadinya perbedaan pemakaian kuota data saat kita menonton video online dan dengar music online.

Musik streaming membutuhkan bandwidth yang lebih kecil karena data yang dialirkan juga lebih kecil, hanya berupa audio saja.

Pada video streaming, seperti saat kita nonton video youtube.com akan membutuhkan kapasitas yang berlipat-lipat dibanding music streaming karena data yang dialirkan berupa gambar, baik itu gambar bergerak dan juga suara atau audio sehingga total data yang di-download sangat besar.

Sebagai contoh, saat melakukan streaming sebuah lagu dengan total 5 MB dengan kualitas 192 kbps maka anda butuh waktu 3,5 menit untuk mendengarkan lagu tersebut dan total data pemakaian internet adalah 5 Mega byte atau 5000×8 = 40000 kbit. Musik streaming cuma butuh kecepatan internet sebesar 192 kbps atau hanya 0.192 mbps.

Untuk video streaming, saat anda nonton video music di youtube, dengan kualitas hd untuk gambar bergerak, di mana data rate atau kecepatan yang diperlukan adalah untuk video sebesar 1024 kbps dan suara audio sebesar 125 kbps, jika total data kapasitas video yang harus dialirkan adalah sebesar 50MB, maka  akan butuh waktu 5,8 menit untuk menontonnya hingga selesai, namun anda butuh koneksi internet dengan kecepatan 1024 kbps + 125 kbps = 1149 kbps atau  lebih dari 1 Megabit per second, 1 mbps agar video tersebut ditonton tanpa terputus-putus.

Jadi bisa terlihat seberapa besar penggunaan sumber daya  koneksi internet atau kecepatan untuk melakukan video streaming dan music streaming, video streaming sangat butuh koneksi internet dengan kecepatan yang tinggi sedangkan music streaming hanya butuh 20 persen- nya saja dari kecepatan koneksi internet untuk melakukan video streaming.

Penyebab video streaming lebih tinggi kebutuhan akan kecepatannya karena sebuah video memiliki tingkat pemrosesan data yang tinggi, pada saat kita menonton sebenarnya kita menarik atau mendownload dan memproses data yang kita download tersebut secara online pada perangkat kita, sehingga untuk menjaga agar proses pengolahan data pada perangkat kita tidak terhambat maka dibutuhkan kecepatan koneksi yang tinggi agar tidak tersendatnya data saat diproses.

Untuk audio streaming seperti music streaming, data yang mesti di proses tingkat pemrosesan data audionya tidak sebesar pada video, audio itu hanya butuh 128 kbps saja sudah cukup baik kualitasnya.

Jadi kalau mau hemat kuota maka lebih baik streaming musik saja jangan tonton videonya.

Semoga berguna.

Share

Share