Lagi Bingung Cari Paket Internet Yang Tepat

Sebenarnya tidak perlu bingung, dari aktivitas atau pemakaian internet kita sehari-hari kita bisa menentukan paket internet yang mana yang harus kita beli atau kita langganan.Lagi Bingung Cari Paket Langganan Internet Yang Tepat

Kita itu biasanya sering menganggap remeh kebutuhan kuota internet kita, maunya yang murah-murah tapi pemakaian kita banyak, jadinya  kita selalu kehabisan kuota di tengah bulan dan harus membeli lagi.

Sebelum kita membeli atau berlangganan internet sebaiknya kita kenali dulu apa saja aktivitas kita selama berinternet, kegiatan atau aktivitas saat berinternet sangat erat kaitannya dengan penggunaan kuota internet.

Berikut daftar aktivitas dan hubungannya dengan pemakaian kuota internet:

1.    Untuk menelpon dan menerima telpon melalui aplikasi mobile atau web aplikasi

Panggilan telpon melalui aplikasi mobile seperti WA dan line membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil.
Selain kestabilan koneksi internet, jumlah kuota data internet pun harus cukup untuk memenuhi kebutuhan dari aktivitas ini.

Bagi pelanggan pra bayar kuota internet yang diperlukan untuk aktivitas seperti ini sangat besar dan butuh alokasi kuota yang besar, jika tidak siap-siap saja pulsa anda tersedot atau komunikasi terputus di tengah percakapan.
Jika kita sering kali melakukan panggilan telpon via aplikasi mobile maka sebaiknya selalu mengecek atau menyediakan system peringatan terhadap kuota internet kita.

Aktivitas menelpon melalui sambungan video call ataupun voice call tidak cocok untuk paket internet yang berkuota kecil tapi sangat cocok jika menggunakan sambungan internet yang menggunakan koneksi kabel dengan kuota yang tidak terbatas.

Kebutuhan kuota dari pelanggan jenis ini adalah 10 sampai 20 Giga byte kuota per bulannya jika tidak maka pasti akan kehabisan sebelum masa pakai berakhir.

Kita juga bisa menggunakan paket paska bayar, kuota dipakai dulu, bayarnya nanti setelah akhir bulan. Pilihan ini cukup riskan, karena kalau tidak terkontrol maka tagihan internet kita akan membengkak melebihi atau di luar perkiraan kita.

2.    Untuk mengirim dan menerima pesan teks

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet kita adalah dengan hanya menggunakan aplikasi mobile untuk berkirim pesan teks. Pemakaian kouta untuk aplikasi texting sangat kecil; satu karakter huruf itu besarnya adalah 1 byte, kalau kita berlangganan paket  500 mega byte maka ada sekitar 500 juta karater huruf yang bisa kita kirim selama masa langganan.

Akan tetapi kalau ditambah aktivitas lainnya seperti mengirim gambar atau mendownload gambar maka pemakaian kuota kita akan semakin besar, besarnya tergantung paa data gambar yang terkirim atau ter-download.

3.    Untuk download, menonton film, dengar music dan download

Jangan pernah menonton film atau mendengar music secara online di internet kalau menggunakan paket internet yang menggunakan kuota yang dibatasi, apalagi yang mengggunakan system paska bayar.
Menonton film dan mendengarkan music online merupakan aktivitas yang paling banyak dan cepat menyedot kuota data internet.

Menonton film dan dengar music di internet sebaiknya dilakukan jika menggunakan internet yang kuotanya tidak dibatasi alias unlimit.

4.    Agar tersambung dengan teman-teman, anggota keluarga, rekan bisnis, dll melalui situs media sosial.

Aktivitas media sosial relative memakan kuota yang cukup besar, terutama saat mengakses halaman yang berisi banyak gambar atau mendownload data yang besar.

Untuk menghemat kuota internet sebaiknya batasi aktivitas di media sosial, atau jika aktivitas media sosial tidak bisa dibatasi maka anda harus menyediakan kuota yang cukup banyak agar bisa memenuhi kebutuhan anda.

5.    Untuk mencari dan berbagi informasi

Aktivitas mencari informasi dan berbagai informasi   relative cukup kecil penggunaan kuotanya, jika informasi yang kita cari cepat ditemukan maka kouta kita akan hemat, tapi jika tidak maka kuota akan tersedot karena aktivitas kita yang lebih sering mengakses website berita yang berisi banyak gambar yang ukurannya cukup besar.

6.    Untuk pendidikan, belajar atau kursus online dalam rangkat mengambil sertifikasi online

Untuk aktivitas ini sebaiknya kita siapkan kuota data yang besar karena kalau sampai kehabisan kuota di tengah jalan maka proses belajar dan sertifikasi online bisa gagal total.

7.    Agar selalu mengikuti perkembangan berita terbaru

Mengikuti perkembangan berita terbaru pun butuh paket data yang berkuota besar karena website-website berita online menyediakan website dengan konten yang berisi data yang besar.

Saat kita mengakses website seperti itu maka browser kita akan mendownload konten website, saat itulah perhitungan pemakaian kuota internet kita dimulai.

8.    Untuk bekerja dari rumah, dan untuk pemasaran bisnis online

Untuk aktivitas ini sebaiknya kita siapkan kuota data yang tidak terlalu besar karena kita tidak selalu harus mengakses internet, mungkin hanya sekali-sekali saja, sekedar untuk mengecek perkembangan bisnis kita.

9.    Main game online

Main game online sangat membutuhkan paket data yang besar, jika anda mempunyai kuota yang besar 5-20 Gbyte maka silahkan-silahkan saja bermain game online, tapi jika hanya punya kuota 1 – 2 GB maka sebaiknya tunda dulu game online-nya.

10.    Untuk berdagang mata uang, saham, komoditas, dan memeriksa berita pasar

Biasanya aktivitas semacam ini butuh koneksi  secara terus menerus dan tidak boleh sampai ketinggalan informasi terbaru, untuk itu sebaiknya gunakan paket data internet yang menggunakan sistem paska bayar, karena informasi adalah yang utama soal biaya itu nomor dua.

Demikian, pilihan paket internet yang pas itu sangat tergantung pada aktivitas harian kita, bukan berdasarkan promo diskon dari provider atau ikut-ikutan memilih paket langganan internet seperti pilihan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *