Tentang Kecepatan Upload Internet, apa dan manfaatnya?

Beberapa saat lalu saya sempat mencoba memposting video di youtube, tidak tanggung-tanggung ukuran file video itu sekitar 2 GB atau 2000 mega byte.

Proses posting video tersebut memakan waktu yang cukup lama, dan akhirnya saya tinggal tidur. Besok paginya terlihat sudah berhasil terupload seluruhnya di youtube.

Saya kemudian mencoba menganalisa sebenarnya berapa lama waktu yang diperlukan untuk posting video sebesar 2GB ke youtube.

Langkah pertama adalah menentukan berapa besar kecepatan Download dan Upload internet langganan saya.

Kecepatan download adalah besarnya kecepatan yang disediakan oleh Internet service provider kepada pelanggannya untuk menarik atau mengambil data dari (server-server yang ada di) internet.

Kecepatan Upload adalah besarnya kecepatan yang disediakan oleh Internet Service Provider kepada pelanggannya untuk mengirimkan data ke (server-server yang ada di) internet.

Jadi, cepat lambatnya kita mem-posting atau mengirimkan data ke internet itu tergantung seberapa tinggi kecepatan Upload internet langganan kita.

Saya biasanya menggunakan website www.speedtest.net, di situ terlihat jelas kecepatan download dan upload internet langganan kita.

Langkah kedua adalah menghitung lama waktu proses upload.

Sebagai contoh, ISP langganan saya adalah Indihome Telkom, Kecepatan download maksimun atau download Speed Maximum adalah 10 Mbps…. 10 mega bit per detik atau 1,250 MBps atau Mega byte per detik.

Untuk kecepatan upload maksimunnya adalah 1,2 Mbps atau 0,150 MBPS atau 150 Kilo Byte per detik.

Jadi, kalau saya upload data ke youtube sebesar 2 GB maka waktu yang diperlukan adalah:
2 GB itu setara dengan 2 juta Kilo Byte. Waktu yang diperlukan adalah jumlah data dibagi kecepatan.
Atau, 2000000/150 = 13333 detik atau 222,2 menit atau 3,7 jam…

Ini kondisi idealnya, jika pada saat yang bersamaan saya melakukan streaming youtube atau aktivitas internet lainnya maka bisa jadi kecepatan akan turun atau waktu upload jadi lebih lama.

Cara mencegah dan mengatasi lambatnya proses upload:

Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan kecepatan upload berkurang adalah,
1. Mengirim email
2. Voice dan video call
3. Menambahkan file attachment
4. Posting gambar dan video ke sosmed
5. Simpan data ke cloud storage

Jadi saat kita melakukan proses upload maka sebaiknya jangan bersamaan melakukan 5 aktivitas di atas.

Saat kita langganan internet biasanya secara default ISP akan mengatur kecepatan upload itu biasanya lebih rendah dari kecepatan download, kecuali ada permintaan khusus dari pihak pelanggan.

Jadi, jika ingin memposting sebuah data ke internet maka pastikan seberapa besar kecepatan internet anda, sehingga kita bisa memprediksi atau memperkirakan kapan proses upload akan selesai.

Semoga berguna

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share