Website Boros Kuota data, Koneksi Jadi Lambat

Judulnya boros kuota, bukan berarti boros uang ya, karena pelanggan internet tidak semuanya pakai system kuota data. Tulisan ini saya tujukan untuk beberapa website yang kalau dikunjungi akan sangat menguras bandwidth koneksi internet yang  kita gunakan secara berlebihan.

Tulisan ini saya buat karena kekesalan saya terhadap website berita langganan saya yang sepertinya sudah berorientasi semata mencari keuntungan, tanpa memperhatikan kenyamanan pengunjungnya.

Saya contohkan kompas.com, website berita ini sudah tidak lagi seperti sebelumnya dimana iklan belum sebanyak sekarang dan belum ada video.

Saat ini jika anda mengunjungi kompas.com maka akan langsung disambut dengan iklan yang kadang-kadang menutup sebagian layar, ditambah lagi dengan adanya video pada jendela kecil di samping kanan yang tanpa kita sadari video tersebut secara otomatis play, dan menguras data koneksi kita.

Jika vide tersebut tidak di-pause maka akan terus ter-play selama kita membuka halaman situs tesebut.

Dampak dari Video yang terus diputar adalah akan memperlambat koneksi internet, dan  bagi mereka yang menggunakan langganan internet system kuota maka keadaan ini akan membuat kuota data cepat habis terkuras.

Ya, terkuras habis tanpa kita kehendaki… pengunjung seperti dipaksa untuk melihat video tanpa diberi kesempatan untuk memilih untuk memutar atau tidak video tersebut.

Bandingkan dengan BBC.com

Jika kita mengunjungi sebuah halaman dari BBC.com, maka jika memang halaman tersebut terdapat video, video tersebut tidak serta merta jalan alias otomatis ter-play. Pengunjung tidak secara terpaksa memutar video tersebut, ada pilihan berupa tulisan play video jika ingin menonton video tersebut.

Iklan yang banyak

Website berita seperti kompas.com juga dipenuhi iklan, apalagi jika diakses dengan perangkat mobile, di bagian samping kiri dan kanan, juga dibagian atas, jika tanpa sengaja klik iklan maka anda akan langsung diarahkan situs lain yang tidak anda inginkan, ini juga merupakan salah satu alasan kenapa website seperti kompas.com sangat boros kuota.

 Halaman yang Auto refresh

Yang paling bikin kesal adalah halaman yang auto refresh, halaman website seperti kompas.com akan secara otomatis akan ter-refresh atau loading ulang tanpa penggunanya melakukan refresh.

Bayangkan jika anda membuka 5 halaman kompas.com dan ketika 5 halaman tersebut melakukan refresh, dan di dalam tiap-tiap halaman tersebut terdapat video yang otomatis terputar, sudah pasti kuota anda akan habis dalam waktu sekejap.

Tips dan trik mengatasi website boros kuota.

  1. Pastikan video yang ada dihalaman tidak ter-play, jika langsung play , segera klik video tersebut agar berhenti atau pause, dengan begitu tidak ada trafik yang lewat karena video tidak ter-play.
  2. Segera tutup halaman yang sudah anda buka jika tidak lagi membacanya
  3. Jika tertarik pada iklan yang ditampilkan maka klik dan tutup halaman website utama jika sudah tidak lagi mengaksesnya.
  4. Gunakan satu window dari browser yang digunakan khusus untuk website yang boros kuota itu, jangan dicampur tap-tap dalam windows yang sama dengan website lain yang tidak boros kuota.

Jika sudah terlalu banyak tap yang terbuka pada sebuah windows browser maka segera tutup satu window browser, hal ini membuat kita tidak perlu repot-repot memilih mana tap yang akan ditutup.

Misalnya, saya kalau buka kompas.com maka satu windows saya khususkan untuk buka beberapa halaman kompas.com saja, tidak ada halaman website yang lain selain kompas.com…. Nah jika sudah cukup baca beritanya, maka tinggal tutup saja satu window browser itu, tanpa mengecek lagi atau ragu-ragu jika ada website lain yang ikut tertutup juga. Mudahkan?

Sekian dan semoga berguna

Share

Share