Yang Mesti Dipahami Sebelum Menghapus Akun Facabook

Beberapa waktu lalu tersebar khabar bahwa telah terjadi kembali pembobolan akun pengguna facebook.com sebanyak 50 juta akun….. Ini sudah kali kedua, dimana sebelumnya dikhabarkan bahwa facebook telah gagal melindungi privasi penggunanya dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan, waktu itu sampai-sampai sang bos, Mark Zuckerberg dipanggil oleh Senat Amerika Serikat untuk menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi, kenapa bisa terjadi dan bagaimana ke depannya untuk mengatasi hal tersebut.

Tidak semua orang yang melek teknologi IT dan paham internet memiliki akun facebook, bagi mereka tidak memiliki facebook bukanlah sesuatu yang merugikan malah mereka bersyukur tidak sampai terjebak dalam lingkaran sosmed yang membosankan dan menyita banyak waktu.

Dan bagi anda yang sudah bosan atau gerah dengan facebook atau sosmed lainnya maka anda bisa menghapus akun anda secara permanen.

Bagi sebagian besar orang langkah ini cukup extrem, dan menurut saya tidak perlu dihapus, cukup anda uninstall saja aps-nya dari hape anda, selesai…. Selanjutnya cobalah berasumsi bahwa anda sudah tidak lagi memiliki facebook dan isilah waktu anda untuk hal yang lain. Ternyata tidak semudah itu, banyak hal yang mesti anda bereskan jika benar-benar ingin menghapus akun facebook anda.

Namun bagi anda yang tidak bisa berpura-pura, maka menghapus akun Facebook anda secara permanen adalah pilihan satu-satunya yang mesti dilakukan.

Berikut adalah fakta-fakta yang mesti anda ketahui jika ingin menghapus akun facebook dan tidak ingin lagi berhubungan dengan yang namanya facebook.

  1. Apa alasan paling kuat yang mendorong anda segera menghapus akun facebook

Keamanan, sudah dua kali facebook dikhabarkan diserang atau entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba akun penggunanya bisa akses dan dibuka dan oleh orang lain yang sama sekali tidak berkaitan langsung dengan sang pemilik dan sama sekali tidak bisa dicegah oleh pihak facebook sendiri.

Bayangkan anda sudah ganti password dengan pilihan kata kunci yang paling susah, tapi tetap saja berhasil ditembus orang, salah siapa? Anda atau facebooknya.

Bandingkan, kalau anda punya akun email seperti gmail.com dan selama bertahun-tahun anda pakai dan tidak pernah mengalami masalah peretasan, maka kesimpulannya adalah ada sesuatu yang salah dengan facebook.

Saya secara pribadi, sudah lama tidak pernah mengecek, apalagi membuat status di Facebook saya, mungkin sudah hampir 1 tahun lebih. Saat ini saya tengah mempertimbangkan untuk menghapusnya.

  1. Facebook seperti menyepelekan dan sama sekali tidak menghargai penggunanya

Facebook cuma meminta untuk mengganti password setelah itu kembali lagi jutaan akun diberitakan telah diretas…..

Perbedaan yang sangat kontras antara yahoo, google dan facebook, yahoo dan google sepertinya begitu peduli dengan penggunanya… Facebook? Rasanya tidak begitu, malah bikin pusing kepala dengan pernyataan-pernyataan dari petingginya yang membingungkan.

Seperti dikutip dari Lifehacker.com berikut ini:

Apakah Anda memiliki akun Facebook yang memperingatkan anda jika orang lain mencoba login dengan akun Anda?

Apakah Anda secara teliti memeriksa daftar “Di mana Anda login” untuk memastikan seseorang tidak mengakses akun Anda yang seharusnya tidak bisa diakses?

Semua fitur keamanan dikatakan hebat tapi semua itu benar-benar tidak membantu dengan masalah “akses token” terbaru Facebook, setidaknya berdasarkan apa yang kami tangkap dari pernyataan wakil presiden Facebook untuk urusan manajemen produk, Guy Rosen, dalam pers call tanggal 28 September:

“ Masalah Itu tergantung pada bagaimana token akses itu digunakan. Jika mereka melakukan langkah teknis untuk membuat – yang kami sebut sesi web lengkap – dari token akses itu, memang akan muncul [di “Di mana Anda Masuk”]. Ada beberapa kasus lain di mana itu mungkin tidak muncul jika digunakan, mirip dengan bagaimana pengembang mungkin mengakses akun tertentu hanya untuk melakukan bagian-bagian tertentu dari fungsi yang sangat terbatas. ”

Apakah Anda merasa bingung, wajar? sakit kepala? Saya sendiri merasa bingung dan pusing. Mungkin inilah saatnya untuk membuat perubahan — perubahan yang sangat besar.

  1. Menghapus akun facebook itu mudah, sangat mudah, tapi efek dari itu ternyata sulit untuk diterima

Iya betul, cara menghapus akun facebook sangat mudah.. :

Pengaturan / Settings >> Informasi Facebook Anda/ Your Facebook Information >> Hapus Akun dan Informasi Anda/ Delete Your Account and Information, klik lihat/ Klik View >> klik hapus/ Delete. Cek gambar di bawah ini.

Ini versi bahasa-nya

Ketika anda klik delete atau hapus maka akun anda hilang dan orang-orang tidak dapat menandai anda lagi dan kemungkinan besar Facebook harus menghapus semua data yang terkait  dengan akun Anda.

  1. Menurut Facebook, menghapus sebuah akun berarti:
  • “ Pemilik akun tidak akan dapat mengaktifkan kembali akunnya.

 

Profil, foto, postingan, video, dan semua yang telah ditambahkan akan dihapus secara permanen. Anda tidak akan dapat mengambil apa pun yang telah ditambahkan.

  • Facebook Messenger tidak dapat lagi digunakan.
  • Anda sering login aps atau aplikasi dengan akun facebook, jika iya, ini yang mesti  anda waspadai, karena anda tidak akan dapat menggunakan Login Facebook untuk aplikasi lain yang mungkin telah Anda daftarkan dengan akun Facebook Anda, seperti Spotify atau Pinterest.

Anda mungkin perlu menghubungi aplikasi dan situs web untuk memulihkan akun tersebut.

  • Beberapa informasi, seperti pesan yang anda kirim ke teman, mungkin masih dapat dilihat oleh mereka setelah Anda menghapus akun Anda. Karena pesan yang terkirim  akan disimpan di kotak masuk atau inbox teman Anda. “

 

  1. Langkah apa saja yang mesti dilakukan sebelum anda benar-benar menghapus akun facebook anda

Jika saat ini anda benar-banar akan menghapus akun facebook anda maka sebelumnya anda harus melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Sebaiknya anda mengunduh atau mendownload semua data yang pernah diupload ke  Facebook , karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan membutuhkannya lagi
  2. Hapus semua aplikasi atau layanan pihak ketiga( Third party)  yang menggunakan akun Facebook untuk login (atau layanan lainnya yang terkait dengan akun Facebook anda). Ini untuk menghindari resiko jika akun anda diretas oleh orang lain dan mencegah proses penghapusan data, karena jika akun anda diretas maka semua aplikasi yang menggunakan facebook pun akan bisa dikuasai sang peretas atau hacker.
  3. Log Out dari akun facebook anda yang anda login diperangkat manapun, smartphone, laptop atau komputer PC. Pastikan anda sudah benar-benar logout.
  4. Hapus semua perangkat resmi yang dapat masuk ke Facebook tanpa kode masuk khusus.
  5. Hapus kata sandi aplikasi khusus yang pernah anda buat.
  6. Pertimbangkan untuk menggunakan fitur untuk menghapus timeline facebook anda. Cara ini akan butuh waktu yang lama.
  7. Hapus riwayat lokasi (ikon tiga titik di sudut kanan atas).
  8. Hapus semua kontak apa pun yang pernah anda posting ke Facebook.
  9. Matikan fitur Face Recognition (berjaga-jaga).
  10. Hapus informasi pembayaran apa pun (termasuk kartu kredit) yang pernah disimpan di Facebook.
  11.  Hapus semua alamat email terkait.

Semoga berguna

Share

Share