Alasan Protocol IP/SPX Tidak Lagi Digunakan

Di versi Windows lama, protocol IPX/SPX masih bisa ditambahkan namun sejak generasi Windows Vista dan seterusnya protocol Netware ini tidak lagi bisa ditambahkan alias dihentikan pemakaiannya.

IPX/SPX atau  Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange adalah protocol networking yang dikembangkan dan dipakai oleh Operating Sistem Netware Novell dan Operating System lain yang terkoneksi ke server Netware.
Penghentian pemakaian protocol IPX/SPX tentulah dengan pertimbangan dan alasan, berikut ini adalah alasan mengapa IPX/SPX tidak lagi digunakan.

1.    Tidak Efisien
Protocol IPX/SPX terkenal boros dalam pemakaian bandwidth oleh karena itu protocol ini tidak cocok dipakai dalam jaringan komputer yang besar. Protocol ini sebenarnya dibuat untuk dipakai pada jaringan yang kecil, seperti jaringan komputer di rumah. Protocol ini terkenal suka mengobrol antara sesamanya sehingga traficnya membebani jaringan.

2.    Support yang kurang
Kemampuan protocol IPX/SPX yang tidak bergitu baik dalam mensupport hardware dan aplikasi menjadi salah satu alasan mengapa protocol ini mulai ditinggalkan.

3.    Koneksi Internet
Hari gini tidak bisa konek internet? Apa kata dunia. Protocol IPX/SPX tidak bisa dipakai untuk koneksi internet, pemakaiannya terbatas hanya pada router dan printer. Jadi sungguh sangat terbatas pemakaian protocol ini. 

4.    Netware discontinue
Saat ini Novell tidak lagi mengembangkan dan memproduksi Netware OS, begitu juga dengan protocol IPX/SPX. Pada windows operating system peran IPX/SPX digantikan oleh protocol TCP/IP.

Meski tidak dipakai lagi namun protocol IPX/SPX serta Netware OS patut dihargai sebab keduanya banyak digunakan dalam bisnis terutama perbankan dan system database.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share