Daftar Pekerjaan Yang Menjadi Tugas IT Support

Menjadi seorang IT support yang baik ternyata memiliki sejumlah pekerjaan yang mesti dikerjakan disamping melakukan perbaikan atas kerusakan atau masalah yang terjadi.

Daftar Pekerjaan Yang Menjadi Tugas IT SupportBerikut adalah daftar pekerjaan yang menjadi tanggung jawab seorang IT support, selain melakukan instalasi dan perbaikan:

  1. Melakukan scan virus

Scan virus adalah kegiatan yang mesti dilakukan seorang IT support tidak saja pada komputer tetapi pada semua media penyimpanan seperti hardisk external, USB flasdisk sampai memory yang biasa digunakan.

Kegiatan ini harus sering dilakukan secara berkala jika tidak mau semua komputer yang ada dalam jaringan terjangkit virus.

  1. Melakukan backup system

Backup system bisa dilakukan secara otomatis oleh software tertentu dan juga bisa dilakukan secara manual oleh admin.

Backup system perlu dilakukan setiap hari jika dilakukan oleh software maka pastikan hasil backup yang dilakukan sudah sesuai.

Backup manual biasanya dilakukan cukup 1 sampai dua kali seminggu.

Yang biasa di-backup adalah database, file konfigurasi, dan juga operating system dari server.

  1. Memastikan UPS yang terpasang bekerja dengan baik

Sering kita temui UPS yang terpasang tidak bekerja sebagaimana mestinya; ketika listrik PLN padam maka seharusnya UPS langsung memberikan sumber listrik kepada komputer, namun yang terjadi malah UPS sama sekali tidak berdaya.

Sebagai IT support maka tugas anda adalah memastikan bahwa UPS selalu memberikan daya listrik kepada komputer atau peralatan listrik yang disuportnya ketika listrik dari PLN terputus.

  1. Mendata dan membuat dokumentasi

Setiap ada perubahan pada jaringan komputer atau system IT yang ada pada wilayah tanggung jawab dari seorang IT support maka dia harus membuat atau mendata ulang perubahan tersebut.

Membuat dokumen pun mesti dilakukan dari awal dan selalu mengupdate-nya jika terjadi perubahan. Hal ini penting mengingat jika terjadi masalah maka sang IT support tidak perlu report-report mengingat dan mencari tahu perubahan apa yang terjadi sebelumnya.

Bisa juga perubahan yang dilakukan sebelumnya menjadi penyebab masalah yang terjadi.

  1. Membuat panduan kepada user tentang langkah awal menangani masalah yang ada

Masalah yang terjadi tidak harus selalu mesti ditangani oleh IT support, sebenarnya ada langkah-langkah troubleshooting yang dapat dilakukan oleh user.

Langkah-langkah awal yang boleh dilakukan oleh user adalah me-restart komputer, mengecek IP Address, mencabut dan mencolok kabel data.

Mengingat jumlah IT support yang sangat terbatas maka dengan panduan langkah awal yang diberikan kepada user maka akan memberikan kesempatan kepada IT support untuk membuat proses troubleshooting menjadi lebih cepat dan efisien.

Semoga berguna.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share