Fenomena Membuat PC Rakitan

Dua tahun yang lalu saat membeli satu persatu komponen komputer untuk dirakit, tidak banyak hal yang begitu mencolok untuk dipertimbangkan terkait dengan spesifikasi komputer yang akan kita gunakan. Fenomena Membuat PC Rakitan

Tetapi situasi saat ini cukup berbeda dengan kondisi dua tahun lalu, saat ini banyak item komponen komputer yang hadir dengan teknologi terbaru, seperti RAM yang saat ini hadir dengan teknologi DDR4-nya, sehingga dalam memilih mana yang kita gunakan mesti dipertimbangkan secara teliti dan matang.

RAM DDR4

Hadirnya RAM DDR4 memaksa kita-kita yang mau mengupgrade komputer atau baru mau merakit terpaksa harus berhitung kembali.

Kenapa begitu? Karena biasanya motherboard yang mendukung RAM DDR4 pastinya berbeda mobo yang support RAM DDR3.

Demikian juga dengan Processor komputer, pastinya tidak sembarang procie yang support dengan RAM DDR4.

Jangka panjang vs Jangka pendek

Pilihan komponen computer tentunya harus dipertimbangkan juga soal lama masa pemakaian dan kemungkinan untuk bisa terus diupgrade tanpa harus mengganti total komponen.

Misalnya jika kita memilih RAM DDR3 dengan motherboard dan procie yang sesuai, 2 atau 3 tahun lagi processor dan RAM sudah mulai ketinggalan.

Di saat RAM DDR4 sudah mulai banyak dipakai dan harganya mulai terjangkau maka ketika kita akan mengupgrade yang terjadi adalah Processor piliha tidak support lagi DDR3 dan motherboard lama kita.

Akhirnya kita harus kembali membeli ulang semua komponen, mulai dari RAM sampai Mobo, jadinya bukan upgrade malah ganti baru.

Nah.. Untuk mengindari kejadian itu coba pertimbangkan untuk membeli komponen-komponen komputer yang nantinya masih bertahan untuk waktu yang lama.

Kita bisa mulai dengan memilih RAM DDR4, dengan pertimbangan bahwa DDR4 masih akan tetap menjadi RAM terbaik untuk waktu yang lama, dan berharap DDR5 masih lama muncul ke pasaran( Gosip ).

Dengan memilih RAM DDR4 maka selanjutnya kita tentukan Motherboard yang support, cek processor apa yang harganya sesuai kantong, cek juga apakah versi proccessor dengan socket yang sama  tersebut memiliki banyak processor yang lebih tinggi speknya sehigga suatu saat bisa diupgrade tanpa harus mengganti Motherboard dan RAM.

Apa yang mesti dicek dari RAM, Motherboard dan Proccessor ?

RAM:

       1.       Untuk membeli RAM maka yang mesti kita cek adalah DDR-nya berapa? DDR RAM yang terbaru adalah DDR4.

       2.       Cek juga angka setelah tulisan PC, angka ini menjelaskan tentang bandwidth atau kecepatan transfer dari memori. Menentukan RAM tidak saja berdasarkan pada tinggi rendahnya angka bandwidth-nya tetapi lebih pada kemampuan dari motherboard dan processor yang dipakai.  

Motherboard

      1.       Cek apa saja port apa saja yang disediakan oleh motherboard ; mulai dari port SATA, Port PCI, Port VGA, Port USB dan sebagainya.

      2.       Cek jenis RAM yang disupport oleh motherboard

     3.       Cek jenis processor yang disupport

     4.       Cek socket motherboard

Processor

       1.       Pilih AMD atau intel

       2.       Kecepatan proses dan jenis core dari Processor

       3.       Jumlah data yang di-Cache oleh procie, semakin tinggi semakin bagus.

Jika anda berminat untuk merakit komputer maka saat ini yang mesti anda pikirkan adalah soal dana yang anda miliki dan pertimbangkan juga tentang masa pakai dan kemungkinan untuk mengupgrade komponen-kompone yang akan dibeli tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *