Mengapa Pekerjaan IT Support Masih Dibutuhkan

Tugas seorang IT support pastinya berbeda dengan IT programmer, menjadi seorang IT support boleh dibilang lebih banyak hal yang dalam bidang IT yang harus ditangani, misalnya mengurus masalah program, system operasi atau OS, masalah jaringan, infastruktur client server, hardware, sampai masalah ketersedian daya listrik.

Untuk lengkapnya akan saya bahas secara detail satu-satu, seperti apa tugas seorang IT support dan mengapa bidang IT yang satu ini sangat dibutuhkan.

Mengapa Pekerjaan IT Support Masih Dibutuhkan

  1. Instalasi dan maintenance Operating System

Perkerjaan seorang IT support yang paling utama adalah memastikan bahwa pada komputer yang dipakai oleh user ada system operasi-nya.

Kenapa harus dicek? Ya kalau tidak ada system operasinya mana bisa komputer berkerja.

Selanjutnya adalah memastikan bahwa system operasi di komputer user aman dari gangguan atau serangan virus. Dengan memastikan komputer aman dari serangan virus maka pengguna atau user akan merasa nyaman saat memakai komputer mereka.

Mamastikan ada tidaknya OS pada komputer dan memastikan OS tersebut tidak mengalami gangguan adalah tugas yang paling utama seorang IT Support.

Ketika terjadi masalah pada komputer, user atau pengguna biasanya tidak tahu dan tidak sadar apa yang sebenarnya terjadi pada komputer mereka. Peran dan tugas IT support adalah mengetahui dan mengatasi masalah yang terjadi pada system operasi.

  1. Kemampuan Seorang IT Support Untuk Mengembalikan Sistem yang berjalan pada komputer User yang bermasalah dalam waktu yang singkat.

Hanya seorang IT support yang bisa mengembalikan atau melakukan restore system komputer yang bermasalah seperti sedia kala.

Jika terjadi kerusakan pada komputer seorang programmer sekalipun maka belum tentu sang programmer bisa dengan dengan cepat mengembalikan system pada komputernya dalam waktu singkat.

Mengapa demikian ? karena tuntutan seorang IT support adalah secepatnya mengembalikan system yang digunakan penggunanya dalam waktu yang singkat. Hal ini bisa dilakukan dengan cepat karena IT support biasanya membekali diri dengan tool-tool yang dibutuhkan, misalnya aplikasi Ghost dan apalikasi backup restore lainnya.

  1. Membangun jaringan komputer

Membangun jaringan komputer yang baru atau mengembangkan yang sudah ada tidak mungkin bisa dilakukan oleh pengguna komputer biasa, harus yang punya pengalaman atau paham tentang jaringan, baik itu jaringan kabel maupun tanpa kabel.

Jaman sekarang tidak ada lagi komputer yang digunakan tanpa terkoneksi ke jaringan, baik itu jaringan local maupun jaringan internet.

  1. Mengatasi masalah jaringan tanpa melakukan googling.

Seorang IT support akan segera menyelesaikan masalah ketika komputer-komputer tidak bisa terkoneksi ke jaringan tanpa harus mencari-cari solusinya di internet.

Jadi kemampuan seorang IT support jauh lebih cepat penanganannya dibanding jika harus mencari-cari solusi dulu di internet.

  1. Kemampuan IT support merupakan jaminan untuk solusi cepat atas masalah IT yang ada

Jika sebuah kantor atau sebuah jaringan komputer yang tidak memiliki IT support maka ketika terjadi masalah maka tidak ada yang akan melakukan problem solve.

Walaupun harus mencari tenaga IT support maka butuh waktu yang lama dan kerugian yang disebabkan oleh masalah IT terhadap omset perusahaan semakin lama semakin besar.

  1. Tenaga IT support yang sudah lama bekerja dan berpengalaman di sebuah kantor atau instansi adalah aset

Seorang tenaga IT support yang sudah lama bekerja pada sebuah kantor maka pada kantor tersebut biasanya jarang terjadi masalah pada system computer mereka, hal ini disebabkan karena sang IT support akan dengan mudah menyelesaikan masalah yang terjadi.

Namun yang terjadi sebaliknya adalah pemilik sebuah perusahan berpikir bahwa setelah bertahun-tahun di kantornya tidak pernah terjadi masalah serius pada system komputer sehingga perlu dipertimbangkan untuk mengganti sang IT support yang sudah cukup mengenal system di kantor tersebut dengan seorang IT support yang masih baru dengan gaji yang lebih murah.

Prinsip seperti ini yang keliru, system komputer yang berjalan tanpa masalah serius bukan hanya semata-mata karena system yang bagus saja tapi juga disebabkan kemampuan sang IT support dalam mengatur dan mengatasi persoalan komputer secara efektif dan efisien.

  1. Seorang IT support adalah multi talenta

Saya sendiri adalah seorang IT support yang memiliki latar belakang Teknik Elektro dan selain menguasai bidang IT saya juga menguasai dunia kelistrikan.

Jadi sebuah perusahaan akan sangat beruntung jika mempekerjakan seorang IT support, ya karena mereka paham akan dunia teknik bukan cuma dunia komputer.

Share
Latest Comments
  1. Undiawan July 15, 2016
  2. Anto July 17, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Share