Seperti Apa IT Support Profesional Versi Google

Banyak tenaga kerja untuk bidang IT support yang awal mula bekerja tidak tahu atau kurang paham tentang apa sebenarnya detail pekerjaan maupun tugas yang akan mereka hadapi. Bahkan beberapa tenaga IT Support yang sudah lama bekerja pun, ada juga yang masih dipusingkan dengan sejauh mana tugas dan tanggung jawab mereka.

Beberapa waktu lalu salah satu media online besar di negera kita, kompas.com, mewartakan bahwa google.com membuka kursus IT support secara online, kerja sama dengan penyedia kursus online, coursera.

Biayanya gratis, TAPI kita harus membayar biaya keanggotaan Coursera sekitar 49 Dolar perbulan, kursus itu sendiri membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 bulan untuk menyelesaikannya. Jadi, total yang mesti kita bayar jika ingin mendapatkan ilmu dan sertifikat IT support versi google.com adalah sekitar 5 juta sampai 7,8 juta rupiah.

Bahasa pengantar dalam kursus ini menggunakan Bahasa Inggris.

Namun anda tidak perlu berkecil hati, kenapa? karena kita sebenarnya masih bisa mempelajari materi-materi tersebut sendiri dengan bahan yang bisa kita cari sendiri di internet.
Berikut ini adalah ulasan singkat dari saya terkait dengan materi-materi kursus IT support yang mesti anda kuasai jika tidak mau ketinggalan dari mereka yang mengikuti kursus secara langsung dari google.

COURSE 1 Technical Support Fundamentals

Dasar-dasar Teknikal Suport, ya begitulah, dari judulnya saja kita sudah bisa memprediksi seperti apa materi yang akan dibahas dalam tingkat pertama KURSUS ini.

Untuk tingkat pertama ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 6 minggu atau 1,5 bulan.

Untuk tingkat ini seorang calon IT support akan diajarkan pengetahuan-pengetahuan yang sangat dasar tentang dunia komputer dan berbagai aspek yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, seperti perangkat keras komputer, internet, perangkat lunak komputer, dan keterampilan terkait pekerjaan teknikal suport.

Anda juga akan belajar tentang sejarah komputer, dan para perintis yang membentuk dunia komputasi yang kita kenal sekarang. Kursus ini mencakup berbagai topik dalam TI yang dirancang untuk memberi gambaran tentang apa yang akan terjadi dalam sertifikasi IT Support Professional.

Setelah mengikuti level pertama dari kursus ini maka yang akan kita dapatkan adalah:

– Memahami bagaimana sistem binary bekerja pada komputer
– Kita lebih memahami tentang hardware computer dan dapat merakit komputer dari nol
– Mampu untuk memilih dan menginstal sebuah sistem operasi pada komputer.
– Memahami apa itu Internet, bagaimana cara kerjanya, dan dampaknya di dunia modern.
– Mempelajari bagaimana aplikasi dibuat dan bagaimana mereka bekerja pada komputer kita.
– Bagaimana menggunakan metodologi pemecahan masalah umum dan soft skill dalam lingkungan Teknologi Informasi.

Tingkat satu ini menurut saya, materi yang diajarkan sangat-sangat mendasar, untuk yang sudah paham akan dunia computer rasanya tidak akan kesulitan atau tidak perlu mengikutinya, tapi sebaiknya tetap fokus dan terus mengupdate pengetahuan anda agar tidak ingin ketinggalan, siapa tahu ada yang kurang atau luput dari pengamatan anda.

COURSE 2 The Bits and Bytes of Computer Networking

Judul dari tingkat 2 ini mengandung pengertian tentang seperti apa peran Bit dan byte dalam Jaringan Komputer.

Kursus untuk tingkat kedua ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 6 minggu atau 1,5 bulan.

Tingkat kedua ini dibuat untuk untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa dan bagaimana jaringan komputer itu. Dalam kursus ini akan dibahas segalah hal terkait dengan jaringan computer, mulai dari dasar-dasar teknologi dan protokol jaringan computer modern hingga aplikasi praktis dan pemecahan masalah jaringan computer.

Setelah menyelesaikan tingkat kedua dari kursus ini maka anda kemungkinan mendapatkan ilmu dan kemampuan seperti berikut ini:

– Mampu untuk membuat jaringan komputer dalam bentuk model five-layer.
– Memahami semua hal terkait OSI layer dan protokol standar yang terlibat dalam komunikasi TCP / IP, seperti IPv4 dan IPv6.
– Menguasai peralatan jaringan dan teknik pemecahan masalah yang terjadi dalam jaringan computer.
– Mengetahui protocol-protocol dan service-service yang ada dalam jaringan computer seperti DNS dan DHCP.

COURSE 3 Operating Systems and You: Becoming a Power User

Judul dari tingkat ketiga kursus ini seolah mau mengatakan bahwa dengan menguasai sebuah System operasi atau OS maka anda akan menjadi pengguna handal, yang memiliki kuasa lebih atas mesin-mesin komputasi tersebut.

Dalam tingkat ketiga dari kursus ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan sistem operasi yang paling banyak dipakai, Windows dan Linux, yang merupakan komponen inti dari dunia IT.

Kursus tingkat ketiga ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 6 minggu atau 1,5 bulan.

Yang dipelajari dalam kursus ini adalah tentang komponen utama sistem operasi atau OS dan apa saja yang terkait dengan OS, seperti mengelola perangkat lunak dan mengatur para penggunanya, dan juga mengkonfigurasi perangkat keras.

Singkatnya adalah setelah tingkat ketiga ini maka anda pastinya bisa untuk:
– Mengatahui tata letak atau navigasi file system dari OS Windows dan Linux menggunakan system GUI atau graphic User Interface dan juga dengan menggunakan system command line atau console.
– Mengatur user, grup, dan izin akses dari para users.
– Menginstal, mengkonfigurasi, dan menghapus perangkat lunak pada sistem operasi Windows dan Linux.
– Mengkonfigurasi partisi disk dan filesystem.
– Mengerti bagaimana proses sistem bekerja dan bagaimana mengelolanya.
– Bisa bekerja dengan log sistem dan Remote system.
– Memanfaatkan pengetahuan sistem operasi untuk memecahkan masalah umum dalam dunia IT support.

COURSE 4 System Administration and IT Infrastructure Services

Judul dari tingkat ke 4 kursus ini memberitahukan kepada pesertanya bahwa seorang IT support itu harus juga mengetahui bahwa dalam system computer modern itu terdapat sebuah system administrasi yang bertugas untuk mengatur peran dan fungsi computer-komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan. Dalam jaringan computer terdapat komputer-komputer yang memiliki peran yang berbeda sesuai dengan fungsinya dalam sebuah jaringan.

Kursus untuk tingkat keempat ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 6 minggu atau 1,5 bulan.

Sistem Administrasi adalah bidang TI yang bertanggung jawab untuk memelihara sistem komputer yang andal di lingkungan multi-user. Dalam kursus ini, Anda akan belajar tentang layanan infrastruktur yang menjaga semua organisasi atau sekumpulan komputer dalam sebuah jaringan, besar dan kecil.

Anda akan belajar bagaimana mengelola dan mengkonfigurasi server, bagaimana menggunakan tools untuk mengelola komputer, informasi pengguna, dan produktivitas pengguna.

Anda juga akan belajar bagaimana memulihkan infrastruktur IT dari pada perusahaan Anda jika terjadi masalah atau bencana.

Setelah menyelesaikan tingkat 4 dari kursus ini Anda akan mendapatkan kemampuan sebagai berikut:

– Mampu untuk memilih komponen-komponen seperti perangkat keras, vendor, dan layanan yang terbaik untuk organisasi atau perusahaan Anda.
– Mampu mengerti bagaimana layanan infrastruktur yang paling umum yang membuat organisasi bekerja dan bagaimana mengelola server infrastruktur.
– Mampu untuk mengelola komputer dan pengguna organisasi menggunakan layanan direktori, Active Directory, dan OpenLDAP.
– Mampu untuk memilih dan mengelola alat yang akan digunakan oleh organisasi Anda.
– Mampu untuk melakukan Backup data, serta dapat memulihkan infrastruktur TI Anda jika terjadi bencana.
– Mampu untuk memanfaatkan pengetahuan administrasi sistem untuk merencanakan proses perbaikan pada lingkungan TI.

COURSE 5 IT Automation: It’s not that scary!

Judul tingkat ke 5 dari kursus IT support ini mengajak kita untuk mempelajari tentang bagaimana mengerjakan tugas IT support dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan Teknik Otomatisasi.
Teknik otomatisasi bagi saya selama ini seperti sebuah senjata rahasia yang tabu untuk dibagikan kepada sesama IT support, semua IT support seolah menyimpannya agar jangan sampai diketahui orang lain, karena jika diketahui secara umum maka hal tersebut akan mengurangi nilai jual mereka.

Kursus untuk tingkat kelima ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 7 minggu.

Menurut saya topik ini sangat menarik dan sama sekali tidak menakutkan.
Ketika di awal-awal mencoba teknik otomatisasi anda menjumpai banyak tantangan dan kegagalan maka hal tersebut adalah sesuatu yang wajar, semua orang pernah mengalaminya, namun yang membedakan anda dengan orang lain adalah apakah anda terus mencoba atau berhenti ditengah jalan..

Pilihan ada di tangan anda.

Kursus ini dirancang untuk memberikan pengantar kepada kita tentang konsep yang terkait dengan pengelolaan infrastruktur secara otomatis di industri TI. Peralatan yang digunakan adalah menggunakan scripting languages, version control, configuration management systems, and monitoring solutions, kursus ini akan memberi Anda pengenalan terkait hal-hal tersebut.

Dengan mengakhiri level ke 5 dari kursus ini maka anda akan semakin menambah ilmu anda contohnya seperti:
– Mampu untuk mengutip dasar-dasar pemrograman menggunakan Bahasa pemrograman Ruby.
– Mampu untuk membuat skrip otomasi dasar untuk melakukan tugas administrasi sistem.
– Mampu untuk gunakan ekspresi reguler untuk mengekstrak makna dari Raw Text.
– Mampu untuk mengelola kode dengan menggunakan version control system, Git.
– Mampu untuk mengembangkan dan paham manfaat tes untuk skrip dan otomasi yang mereka buat.
– Mampu untuk men-deploy software menggunakan Chef configuration management software dan memahami prinsip-prinsip manajemen konfigurasi dalam konteks TI.
– Mampu untuk melacak kondisi kesehatan sistem teknologi melalui pemantauan dan terbiasa dengan konsep dan praktik pemantauan umum

COURSE 6 IT Security: Defense against the digital dark arts

Ya dunia IT pun tidak luput dari serangan atau sisi negative yang sifatnya merusak dan merugikan. Level ke 6 atau level terakhir dalam kursus ini mencakup berbagai macam konsep, tools, dan praktik keamanan IT.

Kursus untuk tingkat kelima ini akan membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam per minggunya, dan berlangsung selama 6 minggu.

Dalam kursus ini dikenalkan berbagai jenis ancaman dan serangan dan cara yang dapat digunakan untuk menyerang sebuah system IT.

Anda akan mendapatkan penjelasan tentang beberapa latar belakang algoritma enkripsi dan bagaimana penggunaannya untuk melindungi data.

Peserta kursus juga akan dikenalkan dengan 3 hal utama terkait dengan informasi keamanan yaitu Authentication, authorization, dan accounting.
Juga dibahas tentang solusi keamanan jaringan, mulai dari pilihan enkripsi hingga enkripsi Wi-Fi. Kursus ini membahas secara lengkap semua elemen yang ada dalam arsitektur keamanan yang berlapis-lapis dan mendalam, lengkap dengan rekomendasi tentang bagaimana memadukan budaya keamanan ke dalam organisasi atau tim Anda.

Di akhir kursus ini, Anda akan mengerti:
– Bagaimana berbagai algoritma dan teknik enkripsi bekerja dan manfaat, serta keterbatasannya.
– Berbagai sistem dan tipe Authentication.
– Perbedaan antara Authentication dan authorization.

Di akhir kursus ini, Anda akan mampu untuk:
– Mengevaluasi potensi risiko dan merekomendasikan cara mengurangi risiko.
– Buat rekomendasi tentang cara terbaik untuk mengamankan jaringan.
– Membantu orang lain untuk memahami konsep keamanan dan melindungi diri mereka sendiri.

Kesimpulan:
Kursus ini secara keseluruhan mampu menjawab atau memenuhi rasa dahaga tentang seperti apa IT support professional itu dengan memberikan gambaran dan solusi atas masalah yang bakal dihadapi seorang IT support saat terjun ke dunia kerja sebenarnya.
Sangat direkomendasikan bagi yang ingin berkarir sebagai seorang IT support atau mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia IT di luar Applications Programing.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share