Apa Kelebihan dari Wifi Adapter TP-Link Archer T4U

Kehadiran TP-Link Archer T4U di pasaran menimbulkan sedikit kebingungan kenapa produk yang notabene hanyalah sebuah wifi adapter, bukan modem atau AP Router, tapi dihargai selangit, kurang lebih sekitar 400 ribu.

Harga TP-Link Archer T4U bahkan mengalahkan produk-produk wifi AP router andalan TPlink lainnya.
Setelah mengecek dan melihat spesifikasi produk ini saya langsung tergerak untuk membuat tulisan ini. Saya yakin, banyak dari para pengguna wifi adapter atau yang sedang bingung mencari wifi adapter pasti bertanya-tanya; Apa sih kelebihan produk ini sampai dihargai 400 ribu?

Mari anda cek ulasan saya berikut ini dan semoga dapat memberikan gambaran yang jelas tentang TP-Link Archer T4U.

1. Fungsi utama TP-Link Archer T4U hanya sebagai Wifi adapter saja, tidak lebih.

Maksudnya apa? Ya perangkat wifi ini cuma bisa menangkap dan mengirimkan sinyal kepada wifi Access point atau Wifi Router saja.

Atau dengan kata lain hanya berfungsi sebagai wifi client saja.

Cuma itu? Iya cuma itu. TP-Link Archer T4U bukan sebuah perangkat yang bisa dijadikan sebagai modem, bukan juga perangkat yang dapat berfungsi sebagai wifi router, dan sama sekali tidak dapat berfungsi sebagai wifi range extender.

Wah, sayang juga ya kalau fungsinya hanya itu saja…. Lebih baik beli TP-LINK TL-WN722N saja kalau begitu, harganya cuma 100 ribu. Tapi tunggu dulu, baca terus sampai habis tulisan ini…

2. TP-Link Archer T4U menggunakan konektor USB bukan PCI
Jelas bahwa konektor USB lebih fleksibel dibandingkan dengan wifi adapter yang menggunakan PCI. Ini pun masih belum bisa menjadi alasan yang kuat untuk memaklumi harga perangkat ini.

3. Frequency operasional TP-Link Archer T4U
Ini yang paling menarik, frequency dari sinyal wifi yang disupport oleh TP-Link Archer T4U adalah 2.4 GHz dan 5 GHz.

Yeeeeeesss!!!! Ini dia kelebihan dari TP-Link Archer T4U dibandingkan dengan TP-LINK TL-WN722N.

Maksudnya apa? So what gitu?

Begini jika sebuah perangkat wifi terutama wifi klien adapter menggunakan frequency 5 GHz, maka:
– Kecepatan transfernya akan jauh lebih besar dari yang menggunakan freq 2.4 GHz
– Tidak mudah terkena interferensi, interferensi itu bentrokan sinyal antara perangkat yang sama frequencynya.
– Efek dari interferensi adalah dapat melemahkan sinyal dan membuat proses transfer data jadi lebih lambat.

Menurut saya faktor frequency 5GHz inilah yang membuat harganya jadi mahal.

4. TP-LINK TL-WN722N mendukung standar IEEE 802.11ac AC1200

Standar international IEEE 802.11ac AC1200 adalah standar international yang mengatur tentang Wifi, di mana disebutkan bahwa sebuah perangkat wifi yang sudah tersertifikasi dengan standard dan menggunakan 5GHz sebagai freq operasionalnya, memiliki kecepatan atau kemampuan transfer data sebesar 867 Mbps.

Sedangkan jika perangkat tersebut bekerja dengan menggunakan frequency 2.4 GHz maka maksimum kecepatan transfer datanya adalah sebesar 300 Mbps saja.

5. Kelengkapan perangkat

TP-Link Archer T4U memiliki antenna omni directional, antenna omni itu antenna yang menyebarkan sinyal ke segala arah, begitu pun dalam menangkap sinyal, bisa dari segala arah.

Jika anda membeli perangkat ini maka dalam box kemasan tersedia extension kabel USB sepanjang kurang lebih 1 meter yang memungkinkan kita untuk dapat menempatkan wifi adapter ini pada posisi yang kira-kira lebih memungkin untuk mendapatkan sinyal lebih bagus.

Selain itu, tersedia juga driver yang sudah support windows 64bit, artinya kita dapat menginstallnya di Windows 7 64bit dan windows 10 64bit.

Kesimpulan

Jika anda sering terkoneksi dengan wifi AP router atau hotspot yang sudah support freq 5GHz maka TP-Link Archer T4U ini adalah pilihan yang paling tepat, 400 ribu adalah harga yang cukup berimbang dengan kemampuan dan performa dari wifi adapter ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share