Meringankan Tugas Ibu Rumah Tangga Dengan Kamera Wifi

Teknologi wifi tidak saja dimanfaatkan untuk urusan IT, untuk urusan di dalam rumah yang biasa dijalani ibu-ibu rumah tangga pun wifi bisa dimanfaatkan dan sangat berguna. Salah satu penggunaan teknologi Wifi yang mesti dimanfaatkan oleh para ibu rumah tangga adalah penggunaan kemera pengawas dengan koneksi Wifi untuk mengawasi anak.

Ketika anak balita atau yang masih bayi tertidur maka sang ibu tidak perlu selalu berada di samping sang buah hati untuk megawasinya, ibu bisa melakukan aktivitas di ruangan lain sambil tetap bisa mengawasi si kecil melalui video yang ditampilkan melalui kamera, ibu bisa menggunakan smartphone dan tablet untuk menampilkan apa yang sedang disorot kamera yang ditempatkan pada ruangan si kecil.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang apa kelebihan kamera yang menggunakan teknologi wifi dan mengapa perangkat itu tepat untuk digunakan dalam lingkungan rumah.

  1. Jenis dan Type Kamera

Kamera jenis ini termasuk type kamera pengawas, bukan kamera foto yang biasa dipakai oleh fotografer dan bukan juga kamera video. Kamera pengawas fungsinya untuk mengambil gambar bergerak atau video dan menampilkannya pada layar dari perangkat lain seperti layar TV, layar monitor komputer, layar smartphone dan tablet. Biasanya pada kamera pengawas tidak ada layar preview atas apa yang sedang disorot oleh kamera pada saat itu.

  1. Kamera dan jaringan komputer

Kamera pengawas yang dilengkapi dengan teknologi wifi pastinya sudah tersedia system pengalamatan berbasis IP address. IP address adalah sistem pengalamatan yang dipakai untuk koneksi dan komunikasi pada jaringan komputer. Mengakses dan menampilkan gambar dari kamera bisa dilakukan dengan menghubungkan kamera dengan komputer atau perangkat gadget lainnya.

Secara umum perangkat komputer dan kamera harus terhubung terlebih dahulu, baik itu menggunakan kabel maupun menggunakan media tanpa kabel. Setelah terhubung maka perangkat komputer dan kamera harus diberi alamat IP address agar bisa saling menyapa satu sama lain.

Pengguna bisa memasukkan alamat IP address kamera pada web browser untuk mengatur dan melihat tampilan video dan gambar yang diambil oleh kamera.

  1. Kelebihan kamera Pengawasan yang menggunakan koneksi Wifi

Dengan menggunakan wifi atau koneksi tanpa kabel maka:

a.  Pengguna kamera tidak perlu menggunakan kabel untuk menghubungkan kamera dengan komputer atau smartphone.

b.  Kamera bisa diakses oleh gadget yang tidak mempunyai koneksi via kabel

c.  Perangkat untuk menampilkan gambar, seperti smartphone dantablet, dapat bergerak ke mana saja selama masih dalam jangkauan sinyal wifi.

d.  Penempatan posisi kamera bisa fleksibel dan mudah dilakukan.

 

  1. Cara menampilkan dan melihat gambar dan video

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan video atau gambar yang diambil oleh kamera pengawas yang menggunakan koneksi Wifi.

a.  Menggunakan aplikasi bawaan dari kamera.

Aplikasi bawaan kamera merupakan aplikasi yang dibuat oleh produsen dari perangkat itu dan biasanya memiliki beberapa fungsi antara lain adalah fungsi pengaturan dan fungsi monitoring.

Aplikasi yang disediakan oleh produsen kamera ini, biasanya sudah tersedia untuk dipakai pada berbagai jenis komputer dan perangkat gadget digital. Perangkat mobile yang menggunakan IOS dan android tentunya sudah tersedia juga aplikasi untuk pengaturan dan monitoring kamera wifi.

b.  Menggunakan apalikasi web browser.

Pengguna kamera tinggal mengetikkan alamat kamera pada bar address web browser dan selanjutnya akan terlihat tampilan gambar video dan pada browser. Cara ini merupakan cara yang biasa dilakukan karena sangat mudah dan tidak perlu menginstal aplikasi apapun.

Jika kamera wifi tidak menyediakan aplikasi bawaan untuk dipasang di perangkat mobil maka mengakses melalui web browser merupakan solusi yang bagus untuk mengatasi masalah ini.

  1. Keamanan

Untuk mengamankan kamera wifi anda maka ada beberapa hal yang mesti dilakukan antara lain:

a.  Ganti password default untuk login sebagai admin

Password bawaan dari pabrik biasanya sama untuk semua jenis perangkat yang bertype sama, pastikan anda menggantinya segera setelah anda login untuk pertama kali. Jika tidak, resiko dihack orang sangat besar.

b.  Jangan mem-broadcast SSID kamera wifi anda

Pertama kali jika hendak terkoneksi dengan perangkat wifi maka kita harus mengetahui identitas dari perangkat wifi yang hendak kita koneksikan, untuk itu kita harus mengetahui apa SSID dari perangkat wifi tersebut.

Jika kita mem-broadcast SSID sebuah perangkat wifi berarti kita memberitahukan kepada siapa saja yang berada dalam jangkauan sinyal wifi kamera tersebut tentang identitas SSID kamera kita, hal ini sama artinya dengan mengundang orang untuk terkoneksi.

Maka yang mesti dipertimbangkan adalah jika kita sudah mengetahui SSID kamera, maka SSID itu tidak perlu lagi di-broadcast, cukup di-input-kan secara manual keperangkat yang ingin terkoneksi ke kamera . Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah pihak-pihak yang tidak berwenang mengakses kamera.

c.  Sering-seringlah menganti password

Kesimpulannya adalah ada lima hal yang mesti anda pahami dari kamera wifi yaitu jenis kamera, koneksi yang digunakan, kelebihan yang bisa anda dapatkan, cara-cara untuk menampilkan video atau gambar, keamanan yang mesti anda setting.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share