Seperti Apa Gambaran Kesempurnaan Sebuah WiFi Access Point Router

Waktu itu sekitar 9 tahun yang lalu, rasanya luar biasa ketika dengan sukses menginstalasi sebuah jaringan WiFi backbone dengan menggunakan Motorola Orthogon sejauh kurang lebih 27 Km antara Jakarta dan Tangerang.

Motorola Orthogon adalah perangkat komunikasi berbasis Radio Frequency dengan standar WiFi 802.11a yang luar biasa, type yang kita digunakan waktu itu memiliki data rate sebesar 60 Mbps dengan riil bandwidth kurang lebih 20Mbps, yang dicapai pada jarak 27 Km dengan kondisi jalur antara dua titik tidak LoS sama sekali.

Waktu telah berlalu, teknologi terus berkembang, kehandalan dan kehebatan Motorola Orthogon bukan sesuatu yang luar biasa lagi, bahkan bisa dibilang sudah ketinggalan.
Banyak produk baru bermunculan, teknologi Fiber Optic sudah tidak mahal lagi dengan menyewa 2 juta perbulan kita sudah bisa mendapatkan koneksi sebagai jaringan backbone dengan kecepatan 1 Gbps untuk jarak yang jauh sekalipun. 

Baiklah, sama seperti kondisi 9 tahun yang lalu saat ini bagi seorang pengguna WiFi Access Point Router, sebuah WiFi AP router yang sempurna merupakan impian yang harus diwujudkan. 

Dua contoh kesempurnaan Wifi Access Point Router  saat ini adalah TP-Link TL-WDR4300 dan Asus RT-AC87U. Seperti apa gambaran WiFi AP router yang sempurna?

Pertama,  Pada sebuah hardware Wifi AP Router bisa beroperasi dengan dual frequency 2.4GHz dan 5 GHz.
Keuntungan menggunakan dual frequency adalah
a.    Sangat bagus dalam menghadapi gangguan interferensi.
b.    Kapasitas bandwidth yang tersedia pun bisa semakin besar terutama jika menggunakan frequency 5 GHz.
Perangkat Wifi dengan dua jenis frequency sekaligus seperti ini  sudah ada di pasaran dan ditemui pada sosok TP-Link TL-WDR4300 dan Asus RT-AC87U.

Kedua, Memilki Antenna lebih dari dua buah dengan daya pancar yang besar
Semakin besar power atau daya pancar sebuah WiFi maka semakin baik  jauh jangkauan dan semakin kuat dalam menembus atau melewati material penghalang antara WiFi AP dan WiFi Klien.
Dengan memiliki 4 buah antenna dengan power masing-masing sebesar 5 dBi merupakan impian bagi pengguna WiFi. TL-WDR4300 dan Asus RT-AC87U memiliki antenna lebih dari dua.

Ketiga, Interface yang lengkap
Jika boleh meminta, dalam sebuah Wifi Access Point Router terdapat lebih dari 2 buah interface USB untuk koneksi ke modem dan juga sebagai konektor USB storage untuk kebutuhan file sharing,  WAN port, dan LAN port dengan kapasitas Gbps.

Keempat, Software Fitur yang serba lengkap
TP-Link TL-WDR4300 memiliki software fitur atau kemampuan tambahan  yang bisa diatur seperti IP Filter, Mac address Filter, DNS filter, DHCP server, Access Control, Firewall Security yang handal, USB sharing untuk file sharing, Dynamic DNS, Bandwidth control dan sebagainya.

Kelima, System Pengaman yang baik
Sistem pengaman atau wireless Security yang tidak bisa atau susah ditembus adalah harapan bagi setiap pemilik jaringan WiFi.
System pengaman tersebut adalah pengaman bagi koneksi secara wireless berupa 64/128-bit WEP,WPA / WPA2,WPA-PSK/ WPA2-PSK encryption.

Kenenam, Harga yang terjangkau
WiFi AP router yang lengkap seperti dijabarkan sebelumnya serta ditambah dengan harga yang murah adalah impian semua pemiliki jaringan WiFi.
Tapi sayang wifi Ap router yang lengkap seperti TP-Link TL-WDR4300 dan Asus RT-AC87U harganya masih mahal, TP-Link TL-WDR4300 dibandrol sekitar satu Rp. 1 Jutaan sedangkan Asus RT-AC87U bisa mencapai 4 Juta rupiah.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/rj-bruining/15294398197/

Latest Comments
  1. xiaomi smartphone April 21, 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *