Seperti Apa Kelebihan dan kekurangan Dua Jenis Jaringan Wifi atau WLAN Yang Wajib Diketahui

Ada dua prinsip utama dalam jaringan wifi atau yang dikenal dengan istilah Wifi LAN atau WLAN. Dari pernyataan ini, pasti ada yang bertanya-tanya; Apakah sih bedanya antara Wifi dan WLAN.

Tadi pagi, sewaktu naik KRL ada pertanyaan kuis pada layar linikini KRL:

Pertanyaanya adalah apakah teknologi yang memungkinkan kita untuk berbagi informasi, download dan upload data secara wireless atau tanpa kabel.

Pilihan dari jawaban itu ada beberapa antara lain Wifi, infrared, dan WLAN. Menurut saya jawabannya adalah Wifi. Kenapa bukan WLAN.

Bedanya Wifi dan WLAN adalah Wifi merupakan teknologi yang memungkinan dua atau lebih perangkat computer dapat berkomunikasi tanpa menggunakan kabel. Teknologi yang dipakai oleh Wifi adalah menggunakan Radio Frequency yang beroperasi pada frequency 2.4 GHz dan 5 GHz.

Apakah hanya teknologi wifi yang menggunakan RF ( Radio Freq) untuk bertukar informasi? Tidak. Setahu saya ada teknologi lain yang juga menggunakan RF. Contohnya: Jaringan seluler GSM, 3G, 4G sampai 5G. Jaringan VSAT yang menggunakan satelit juga menggunakan gelombang atau sinyal RF.

Terus, apa itu WLAN? WLAN atau Wireless Local Area Network adalah jaringan computer yang menggunakan teknologi Wifi sebagai media penghubung antar computer-komputer tersebut.

Biasanya kita mengenal jaringan LAN atau local area network, bedanya LAN dan WLAN adalah LAN menggunakan kabel sedangan WLAN menggunakan teknologi wifi atau tanpa kabel.

Jadi kalau ditanya soal teknologinya maka jawabanya adalah wifi, bukan WLAN. WLAN itu merupakan istilah yang menerangkan bahwa jika sebuah jaringan computer yang dibangun dengan memanfaatkan teknologi wifi maka jaringan tersebut disebut WLAN.

Selama ini kita hanya tahu koneksi wifi itu berupa kegiatan dan hal-hal berikut ini:

  1. Scan jaringan
  2. Ketemu nama wifi-nya
  3. Konek ke wifi tersebut
  4. Membagi hotspot wifi

Mengetahui seperti apa jaringan wifi itu sangatlah penting terutama bagi para pengguna atau siapapun yang ingin membangun dan mengembangkan jaringan wifi.

Banyak yang bertanya kepada saya dalam blog ini, seperti tentang bagaimana membangun jaringan hot spot, bagaimana menghubungkan dua lokasi dengan wifi.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan secara rinci tapi tidak teknikal sekali dan mudah-mudahan dapat menjawab atau memberikan pencerahan kepada anda yang masih bingung tentang jaringan wifi.

A.  Jaringan point to point atau satu wifi cuma konek dengan satu wifi saja

Berikut penjelasan tentang jenis jaringan WLAN ini.

  1. Jaringan point to point bisa juga dibuat dengan mengunakan wifi adapter seperti yang terdapat pada laptop atau computer kita, tapi lebih banyak menggunakan perangkat wifi khusus.
  2. Dengan jaringan WLAN point to point maka hanya dua computer saja yang dapat terhubung.
  3. Jaringan ini bisa diterapkan di dalam dan di luar ruangan, tergantung dari jenis perangkat yang dipakai. Apakah perangkat indoor atau outdoor.
  4. Jaringan wlan point to point jaraknya pasti selalu jauh. Tanggapan saya atas pernyataan seperti ini adalah RELATIF. Tidak mesti, sebab jauh dekatnya koneksi wifi tergantung pada power transmit dan receive sensitive, interferensi dan LoS, bukan pada jenis jaringan WLAN yang digunakan.
  5. Jaringan WLAN tipe Point to Point lebih dan sangat aman. Setuju sekali, sebab yang bisa terkoneksi ke jaringan tersebut hanya 2 perangkat wifi saja.
  6. Bagusnya dipakai untuk apa saja jaringan WLAN type point to point? Biasanya dipakai untuk koneksi jarak jauh, karena alasan keamanan dan efisiensi daya pancar.
  7. Berapa jarak maksimal untuk koneksi point to point? Relatif, tergantung dari perangkat yang dipakai dan kondisi di lapangan… Ada yang bisa mencapai 50 Km atau lebih.
  8. Apakah semua perangkat wifi memdukung untuk kebutuhan koneksi point to point? Tidak. Biasanya hanya wifi tertentu saja( baca spesifikasi perangkat, biasanya disebutkan kemampuan dari perangkat tersebut) yang dapat digunakan untuk koneksi point to point. Perangkat wifi jenis ini biasanya harganya lebih mahal dan hanya bisa dipakai untuk koneksi point to point.
  9. Keuntungan menggunakan jaringan ini adalah sangat cocok untuk dipakai memperluas jaringan computer.
  10. Kelemahannya adalah lebih pada koneksinya yang terbatas pada dua perangkat wifi saja sehingga tidak tepat jika digunakan untuk membagi koneksi ke wifi klien.
  11. Jaringan wifi point to point dapat terhubung dengan jaringan kabel melalui koneksi RJ45 pada perangkat wifi-nya, bukan melalui koneksi Wireless.

    B.   Jaringan point to multi point atau satu Wifi Access Point Router konek ke beberapa wifi klien

Berikut penjelasan tentang jaringan wifi point to multi point:

  1. Jaringan point to multi point dipakai dalam membuat hotspot.
  2. Perangkat yang wajib dimiliki untuk membangun sebuah jaringan point to multi point adalah Wifi Access Point.
  3. Jaringan wifi point to multi point bisa untuk dalam ruangan dan juga luar ruangan.
  4. Dengan jaringan wifi point to multi point memungkinkan lebih dari satu wifi klien dapat terhubung secara bersamaan.
  5. Berapa jauh daya jangkau jaringan point to multi point ? Relatif. Iya, tergantung dari power wifi AP, Antenna yang dipakai, koneksi LoS dan interferensi dari wifi lain.
  6. Jenis jaringan wifi point to multi point tidak cocok untuk digunakan pada koneksi jarak jauh. Selain karena tidak aman juga karena dayanya lebih boros.
  7. Berapa jarak maksimum untuk koneksi pada jaringan wifi point to multi point, biasanya bisa mencapai 5Km ( menggunakan perangkat wifi khusus yang harganya mahal, seperti merk cambium ).
  8. Berapa jarak ideal untuk koneksi jaringan wifi point to multi point? Sebaiknya tidak lebih dari 50 meter. Jawaban ini dengan mempertimbangkan bianya dan proses instalasinya. Semakin jauh jaraknya maka semakin besar biaya dan semakin susah untuk proses instalasinya.
  9. Jaringan wifi point to multi point sangat cocok digunakan untuk membagi koneksi data dengan menggunakan teknologi wifi.
  10. Keuntungannya adalah sangat cocok dipakai untuk membagi koneksi ke wifi klien
  11. Kelemahannya adalah tidak cocok dipakai untuk memperluas jaringan computer karena lebih rentan terkena interferensi yang disebabkan oleh penyebaran dan tangkapan sinyalnya mengarah ke segala arah.
  12. Jaringan wifi point to multi point dapat terhubung dengan jaringan kabel melalui koneksi RJ45 pada perangkat wifi-nya, bukan melalui koneksi Wireless.

Share
Latest Comments
  1. write my essay February 3, 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share