Dibalik Promo Diskon Hardisk External

Setelah sekian lama tidak berkunjung ke bhineka.com, sekali-nya berkunjung terpampang banyak sekali pilihan hardisk external dengan berbagai pilihan model dan warna serta diskon yang menarik.

Dari balik harga promo diskon dan model yang menarik mata, ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas seputar tentang hardisk external.

1.    Ternyata harga yang ditawarkan masih untuk hardisk jenis HDD bukan SSD.

Jadi ternyata harga 900 ribu belum bisa dapat hardisk jenis SSD yang super cepat dan tahan banting.
Jadi kalau ditawarkan hardisk murah yang pertama-tama saya lihat pastilah jenisnya apa dulu HDD atau SSD.

Kalau SSD harga segitu sudah rame diborong orang.

2.    Untuk windows atau untuk Mac

Apakah satu hardisk yang sama dapat dipakai atau dibaca oleh dua system operasi yang berbeda? Yang mungkin saja, harusnya sekarang teknologi OS sudah bisa membaca format hardisk yang berbeda.

Misalnya Sistem operasi Windows hanya mengenal fomat NTFS dan tidak bisa mengenali system atau format dari linux tapi itu dulu sekarang system operasi seperti Mac OS sudah bisa membaca dan mengenali system format yang dapat dibaca oleh windows.

Sama saja dengan  Memory  SD card yang dapat dibaca oleh semua OS, baik linux android, Mac OS dan Windows. Masa HDD kalah sama micro SD.

3.    Warna dan bentuk HDD

Bentuk dan jenis hardisk external jenis HDD biasanya sama saja karena isi dalamnya adalah hardisk ukuran 2,5”, jenis HDD yang biasa dipakai di Laptop.

Jadi apapun casingnya dalamnya hardisk external itu sama saja, sama seperti hardisk-nya laptop.

Jadi kalau hdd laptop rusak kita bisa bongkar casing HDD eksternal dan mengambil hardisknya untuk dipakai di laptop.

4.    Berapa kecepatan baca hardisk external

Kecepatan baca hardisk ada dua jenis yang popular saat ini tergantung dari putaran piringannya, ada yang 7000 RPM ada yang 5400 RPM.

Untuk hardisk external kecepatan bacanya tergantung juga pada interface dari USB apakah versi 2.0 atau 3.0 semakin tinggi dan baru versinya makin cepat tuh hardisk baca data di dalamnya.

5.    Apakah casing menentukan kualitas hardisk

Ya mungkin sedikit pengaruhnya, casing HDD yang bagus adalah jenis casing yang bisa menahan benturan keras pada HDD.

Selebihnya casing hanya pemanis saja, kualitas hardisk jenis HDD tergantung pada kecepatan baca dan besar kapasitas penyimpanannya.

6.    Bingung mau beli yang berapa Tera

Ukuran kapasitas penyimpana HDD sudah menggunakan satuan Terabyte,  1 Terabyte atau 1TB itu sama besarnya dengan 1000 Gigabyte atau 1000 GB.

Jadi kalau 2 TB maka bisa simpan data sampai 2000 Gbyte, berapa film HD yang bisa disimpan? Kalau satu film HD besarnnya 10 GB maka 2 TB HDD cuma bisa simpan 200 film saja.

7.    Hardisk external itu gampang rusak gak ya?

Tergantung dari yang pake, kalau pakenya asal, sering terbentur, ya pasti cepat rusak. Tapi kalau sering berhati-hati dan tidak terbentur maka hardisknya tidak cepat rusak.

Sekian penjelasan dari saya, kalau anda melihat promo diskon lagi maka ingat 7 tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *