Jenis Standarisasi Ukuran Power Supply Komputer

Memilih power supply harus disesuaikan dengan ukuran casing, saat memutuskan untuk merakit sebuah computer terutama ketika akan memilih jenis power supply mana yang akan digunakan. Hal penting yang biasanya dicantumkan pada spesifikasi dari power supply atau PSU adalah form factor. Pada awalnya sedikit membingungkan ketika mencari-cari ada power supply yang pada spek-nya tertera form factor ATX PS/2, ATX PS/3 dan sebagainya.

Semakin membingungkan, mana yang cocok sebenarnya dengan ukuran casing computer, salah beli berarti report sendiri, harus bolak-balik atau siap-siap beli lagi PSU yang baru. Setelah mencari-cari ke sana kemari informasi terkait dengan ukuran atau form factor PSU, akhirnya saya cukup paham dengan PSU form factor.
Berikut ini adalah sedikit berbagi tentang apa saja perbedaan antara form factor PSU yang ada saat ini.

1.    ATX PS/2
ATX PS/2 adalah jenis power supply yang paling banyak dipakai, hal ini disebabkan oleh karena PSU ini dipakai pada computer desktop dengan casing yang support motherboard type ATX atau micro ATX. Ukuran dimensi PSU jenis ATX PS/2 adalah 150mm (W) x 86mm (H) x 140mm (D).
Dimensi PSU ini adalah 150mm atau 15cm lebarnya, 86mm atau 8,6 cm untuk tebal atau tinggi dan panjangnya 140mm atau 14cm. Power supply yang panjangnya lebih dari 14 cm bisa dikategorikan dalam form factor ATX PS/2. Biasanya ada terdapat PSU type ATX PS/2 dengan panjang 160mm hal ini dikarenakan ukuran fannya yang lebih besar dari yang ukuran standar. PSU dengan panjang 14cm memiliki fan jenis 12cm sedangkan yang panjangnya 160mm menggunakan ukuran fan 14 cm. Untuk jelasnya bisa dilihat digambar berikut:

2.    ATX PS/3
ATX PS/3 adalah jenis power supply yang hampir sama dengan ATX PS/2, dimensi PSU ATX PS/3 adalah 150mm (W) x 86mm (H) x 100mm (D),  perbedaan antara PSU form factor ATX PS/2 dan ATX PS/3 adalah terletak pada dimensi panjangnya. PSU ATX PS/2 panjangnya adalah 14cm atau lebih, sedangkan ATX PS/2 panjangnya adalah 10cm sampai 13,9.
Untuk ukuran tebal dan lebar, antara PSU ATX PS/2 dan ATX PS/3 tidak ada perbedaan, 150mm dan 86mm. Kedua PSU sama-sama bisa dipasang pada casing computer type desktop dengan casing yang support motherboard type ATX atau micro ATX. Dimensi dari PSU jenis ATX PS/3 bisa dilihat digambar berikut.

3.    SFX
PSU jenis SFX memiliki dimensi:  125mm (W) x 51.5mm (H) x 100mm (D). Perbedaannya dengan ATX PS/3 dan ATX PS/2 adalah dimensi lebarnya yang kecil 125mm dan tebalnya 5,15cm dan panjangnya 10cm. Power supply unit jenis ini dipakai pada komputer dengan form factor mini ATX. PSU type SFX tidak bisa dipasang pada casing jenis tower atau middle tower tanpa disertai dengan adapter khusus.

4.    Flex ATX
Form factor PSU ini biasanya digunakan pada casing komputer yang kecil dan sering dianggap sebagai PSU untuk form factor Mini-ITX. Dimensi standar dari Flex ATX adalah 81.5mm (W) x 40.5mm (H) x 150mm (D) atau 8,1cm lebar, 4,05 tebal dan 15cm panjang. Bandingkan dengan PSU ATX PS2 yang biasa dipakai pada dektop dengan lebar 15cm, jika anda salah beli siap-siap saja untuk balik ke took untuk ditukar.

5.    TFX
TFX PSU adalah ukuran PSU dengan dimensi Lebar 85mm (W) x tebal 65mm (H) x panjang 175mm (D). PSU TFX dianggap sebagai PSU yang bentuknya di luar dari standar yang ada.

6.    PS/2 mini redundant
PS/2 mini redundant adalah ukuran dari PSU yang hampi sama dengan ATX PS/2, perbedaannya terletak pada lubang untuk mounting. PSU ini dipakai untuk kebutuhan redundant atau system backup yang memiliki fitur atau kemampuan  hot swap. Biasanya casing komputer yang mendukung PSU jenis ini memiliki bracket yang support PSU jenis ATX PS/2.
Dimensi Standard PSU PS/2 mini redundant adalah  150mm (W) x 85mm (H) x 200mm (D).

Sumber: Silverstonetek

Share
Latest Comments
  1. Odi Yuda March 17, 2014
  2. Yosef Arianto March 17, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share